Pemkot Tangsel Gelar Pameran Ekspor Internasional

Bisnis

Pemkot Tangsel Gelar Pameran Ekspor Internasional

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memperingati hari UMKM Internasional ke-3 tahun 2019 tingkat Provinsi Banten dengan menyelenggarakan pameran ekspor internasional sekaligus workshop. Kegiatan tersebut digelar di Plaza Rakyak Puspemkot Tangsel, Ciputat pada 17 Juni 2019.

Asisten Daerah 2 Retno Prawati yang menjadi Ketua Panitia penyelenggara International Council For Small Business (ICSB) tingkat Provinsi Banten menjelaskan, kegiatan ini mengambil tema strategi pengembangan produk-produk unggulan UMKM potensi ekspor.

[Baca Juga: Kios UMKM di Stasiun MRT Jakarta Akan Beroperasi Pada Mei 2019]

Kegiatan ini diikuti unsur pengurus ICSB se-Provinsi Banten dan pelaku usaha UMKM se-Provinsi Banten. Namun, peringatan hari UMKM Internasional yang ke-3 tingkat Provinsi Banten ini diutamakan berdasarkan potensi ekspor dari pemerintah Kabupaten/Kota, serta unsur masyarakat dan dunia usaha.

"Kegiatan ini diikuti oleh partisipan dari tujuh Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten, serta workshop yang diselenggarakan di lantai 4 Gedung Puspemkot yang diikuti sebanyak 250 peserta," jelas Retno sebagaimana dilansir tangerangselatankota.go.id (17/6/2019).

Berbagai produk dari tujuh Kabupaten/Kota dipamerkan di Plaza Rakyat. Mulai dari produk tas, sepatu, produk makanan, hingga produk dari bahan bekas jadi lampu pun ada di pameran internasional ekspor ini.

Pemkot Tangsel Gelar Pameran Ekspor Internasional

Retno menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat pemberdayaan dan motivasi terhadap UMKM di tanah air. Selain itu, juga untuk meningkatkan kepedulian atau awareness masyarakat terhadap hari UMKM Internasional.

Untuk diketahui, ICSB merupakan organisasi non-profit internasional yang menaruh perhatian pada pendidikan, penelitian, serta penukaran ide untuk mengembangkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dunia yang telah berdiri sejak tahun 1955. Hal tersebut seperti dijelaskan Ketua ICSB Provinsi Banten Airin Rachmi Diany.

ICSB sendiri memiliki keanggotaan di 85 negara, termasuk Indonesia. Sejak tahun 2015, ICSB di Indonesia mulai aktif sebagai bagian dari organisasi global tersebut dibawah inisiatif Menteri Koperasi UKM A.A.G.N Puspayoga dan Founder serta chairman Markplus Hermawan Kertajaya.

[Baca Juga: Akta Kelahiran dan KIA Braille Bisa Diperoleh di Disdukcapil Tangsel]

ICSB Indonesia memosisikan diri sebagai payung bagi organisasi, komunitas serta gerakan lain yang memiliki perhatian terhadap pengembangan UMKM di Indonesia. ICSB sendiri memiliki agenda rutin tahunan, seperti acara diskusi panel seputar kewirausahaan. Sehubungan dengan hal tersebut, ICSB Provinsi Banten menyelenggarakan workshop dan pameran ekspor internasional ini dengan tema strategi pengembangan produk-produk unggulan UMKM Potensi Eksport.

"Saya berharap acara ini dapat meningkatkan pemahaman dan mengembangkan ide-ide para pengurus ICSB dan pelaku UMKM menuju tingkat dunia. Dan bertujuan untuk meningkatkan semangat pemberdayaan terhadap UMKM di tanah air," tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.