Pemkot Yogyakarta Dorong Tumbuhnya Pelaku Usaha Baru

Bisnis

Pemkot Yogyakarta Dorong Tumbuhnya Pelaku Usaha Baru

Masa pandemi membuat pertumbuhan wira usaha baru di Kota Yogyakarta terhenti. Hal ini membuat merasa perlu untuk memacu semangat berwirausaha. Sehubungan dengan hal tersebut, Pemkot Yogyakarta meluncurkan program Home Bussines Camp ( HBC ) dan Karang Mitra Usaha ( KaMu ). Program HBC menyasar pada warga Kota Yogyakarta usia 28 tahun ke atas, sementara KaMu dimaksudkan untuk menyasar kaum muda dibawah usia 28 tahun.

Kepala Dinas Perindustruan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Pemerintah Kota Yogyakarta Tri Karyadi menjelaskan program HBC dimaksudkan sebagai langkah akomodasi terhadap para wirausahawan baru maupun calon wirausahawan di Kota Yogyakarta agar lebih berdaya dalam menghadapi pandemi. Sebab, pihaknya melihat banyak sekali kaum muda yang punya hobi tertentu namun belum diarahkan sebagai usaha bisnis. “Selama ini kita melihat banyak potensi, namun belum terarah,“ ujar Tri kepada wartawan di Balaikota (19/3/2021).

Pemkot Jogja Ajak 400 UMKM Produksi Masker untuk Masyarakat

Tri menambahkan, untuk wirausahawan yang berusia dibawah 28 tahun didorong ke arah digitalisasi. Sedangkan usia lebih dari 28 tahun didorong untuk meningkatkan kualitas produk mereka agar memiliki daya saing. Sebab, berdasarkan data yang dimilikinya, banyak warga Kota Yogyakarta yang mempunyai potensi dan ketrampilan namun belum diberdayakan secara maksimal.

Untuk itu, para calon-calon wirausahwan ini nantinya akan diberikan pelatihan dan workshop kewirausahaan sehingga dapat hidup mandiri dan tingkat kesejahteraan mereka meningkat.

Metode pelatihan berlangsung selama 5 hari dengan berbagai materi antara lain terkait motivasi, branding produk, manajemen pemasaran, perpajakan, dan lain sebagainya. Selain pelatihan tersebut, pendampingan juga dilaksanakan melalui layanan konsultasi yang diampu oleh tenaga ahli yang ada, sehingga diharapkan para pelaku usaha mendapatkan solusi/ jalan keluar dalam menghadapi permasalahan usaha yang dialaminya.

[Baca Juga: Pemkot Jogja Ajak 400 UMKM Produksi Masker untuk Masyarakat]

Tahun 2021, lanjut Tri, Pemkot Yogyakarta fokus pada kegiatan HBC di bidang kuliner. Namun untuk kedepan akan diakomodir dan dievaluasi setiap tahun karena program ini bersifat dinamis.

Disamping pelatihan, pihaknya juga memfasilitasi memasarkan produk di Galeria Mal dan diberikan ruang untuk memasarkan produk secara berkelompok. Selain itu pemasaran secara online juga dilakukan.

Karena jumlah peserta terbatas, Tri mengingatkan, bagi warga Kota Yogyakarta yang berminat mengikuti program ini untuk segera mendaftarkan diri , baik dengan datang langsung ke Kantor Disperinkop UKM Yogyakarta maupun melalui email perinkopukm@jogjakota.go.id. Peserta tidak dipungut biaya, karena pembiayaan kegiatan ini ditanggung oleh pemerintah. Lebih dari itu, para pelaku usaha ini akan dibantu permodalan melalui sumber pembiayaan perbankan maupun non perbankan


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.