Pemkot Yogyakarta Izinkan Wisatawan Berkunjung Tapi Ada Syaratnya.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Yogyakarta Izinkan Wisatawan Berkunjung Tapi Ada Syaratnya

Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mulai membuka akses untuk wisatawan datang ke wilayahnya kembali. Hal ini direalisasikan dengan sejumlah objek wisata di Kota Gudeg tersebut yang juga mulai beroperasi lagi setelah tutup selama beberapa bulan terakhir demi mencegah penyebaran COVID-19. Walau pelancong dari luar kota sudah boleh masuk Yogyakarta, pihak Pemkot memiliki kebijakan yang mewajibkan para wisatawan membawa surat keterangan sehat bebas dari COVID-19.

Kebijakan dari Pemkot Kota Gudeg ini langsung disampaikan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi pada 15 Juli 2020. Ia menyatakan, wisatawan saat ini sudah bisa kembali berlibur di wilayahnya. Namun ia meminta agar pelancong yang berasal dari luar kota Yogyakarta, khususnya dari Zona Kuning dan Zona Hijau COVID-19 untuk membawa keterang sehat.

Sedangkan untuk wisatawan lainnya yang berasal dari Zona Merah dan Zona Hitam COVID-19, mereka diwajibkan membawa hasil rapid test serta surat keterangan sehat sebelum masuk ke Kota Gudeg. Selain untuk wisatawan lokal, Pemkot Yogyakarta juga sudah mulai membuka akses untuk pelancong mancanegara.

Pemkot Yogyakarta Izinkan Wisatawan Berkunjung Tapi Ada Syaratnya .jpg

“Ini penting dilakukan karena ini menjadi tanggung jawab kita semuanya, sementara untuk wisatawan dari luar negeri diwajibkan untuk melakukan test Polymerase Chain Reaction (PCR), ini sudah sesuai dengan peraturan Gubernur DIY,” ucap Heroe yang juga menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Yogya itu di Taman Parkir Abu Bakar Ali, Jalan Abu Bakar Ali No.1, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, sebagaimana dikutip dari warta.jogjakota.go.id (15/7/2020).

Menurut Heroe, Pemkot Yogyakarta siap mengambil langkah tegas bila kebijakan ini tak ditaati. Di mana petugas akan langsung meminta pertanggungan jawab dari pihak pimpinan rombongan tur di dalam bus, mengingat ia merupakan orang yang nantinya harus menunjukkan surat keterangan sehat hingga hasil rapid test kepada para petugas sebelum para wisatawan boleh turun dari bus.

“Nanti tour leader juga harus melaporkan data diri setiap rombongan, seperti nama, tempat tanggal lahir, serta nomor ponsel mereka. Kalau mereka tidak bisa menunjukkan itu semua, mereka tidak bileh turun dari bis mereka dan akan kami persilahkan kembali ke wilayahnya,” tegasnya. Ia menambahkan, sebenarnya saat ini pembukaan lokasi wisata di Kota Gudeg masih masuk tahap percobaan dengan fokus pengatan terhadap protokol kesehatan.

[Baca Juga: Ini Pilihan Bakpia Enak untuk Oleh-Oleh dari Jogja]

Namun sebelum penegasan kebijakan itu dari Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Yogya ternyata wisatawan sudah mulai banyak yang mulai memasuki wilayah Kota Gudeg pada pekan lalu yang rata-rata berasal dari luar Yogyakarta. Sebagaimana dilansir dari jogjapolitan.harianjogha.com (15/7/2020), menurut Kepala Bidang Perpakiran Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Imanudin Aziz, pada rombongan yang datang pekan lalu itu maish ditemukan ada saja wisatawan yang tak membawa surat keterangan sehat.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Lisa 2 years, 2 months lalu
    lisa

    Hallo guyss masih semangat dengan keadaan yang sekarang di masa New Normal Kita memberikan hiburan sekaligus pendapatan yang menggiurkan untuk isi dompet anda Bergabung bersama kami di <a href="https://dupa88.co/slots/" title="Judi Online Terpercaya" rel="nofollow">Dupa88</a> Bukan situs kaleng-kaleng, berapapun anda menang pasti kami bayar jangan ragu lagi buruan daftarkan diri anda sekarang juga yaaa !!!!!!!

  • Emma 2 years, 2 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang qqharian mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di qqharian yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Slot Terbaik" rel="nofollow">QQHarian</a>

  • Anisa 2 years, 2 months lalu
    anisa

    QQHARIAN Situs Best Online Betting Terbaik ,Terpercaya & Terlengkap Yang Di Dukung Berbagai Provider Game Ternama Di Indonesia. Menyediakan Berbagai Game Online Seruuu Serta PROMO yang WOW. Info Lebih lanjut bisa lsg buka situs nya dan hub. CS kami dengan <a href="https://qqharian.org/" title="QQHARIAN" rel="nofollow">CLICK DISINI</a> Dan Bisa Lsg Daftarkan Diri Sekarang Juga Tanpa Di Pungut Biaya guys :)