Pemprov DKI Akan Kenalkan Kopi Indonesia Lewat Jakarta Stock Coffee

Bisnis

Pemprov DKI Akan Kenalkan Kopi Indonesia Lewat Jakarta Stock Coffee

Indonesia sebagai negara penghasil kopi keempat terbesar di dunia memiliki pangsa pasar yang luas terhadap minuman pahit ini. Terutama jika melihat trennya di Jakarta. Banyak sekali warung kopi dengan berbagai merek bermunculan.

Kopi yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai dari kopi asli Indonesia maupun mancanegara. Hal itulah yang menjadi pertimbangan Pemprov DKI melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) berencana menggelar event Jakarta Stock Coffee.

[Baca Juga: Trik Ciptakan Dapur dengan Konsep Bar Kopi Farmhouse]

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengungkapkan bahwa rencana digelarnnya acara tersebut juga tidak lepas dari Kota Jakarta yang merupakan pasar potensial kopi di Indonesia. Hal itu dilihat dari jumlah penduduk Kota Jakarta yang mencapai 10,3 juta jiwa dengan pertumbuhan ekonominya yang mencapai 6,2 persen.

“Jumlah penduduk DKI yang besar ini, menjadi pasar kopi sangat terbuka. Kami akan bekerja sama dengan provinsi penghasil kopi membuka Jakarta Stock Coffee atau showroom kopi,” ucap Ratu.

Meski belum menentukan tanggal pasti, rencananya showroom kopi Indonesia itu akan digelar di Mall Thamrin City dan Gedung Smesco. Lewat event tersebut, Dinas PPKUKM DKI Jakarta ingin memfasilitasi para pembeli dari luar negeri yang ingin mencicipi ragam kopi nusantara.

Pemprov DKI Akan Kenalkan Kopi Indonesia Lewat Jakarta Stock Coffee

“Kami membuka fasilitas para buyer dari luar negeri yang mungkin tidak sempat ke daerah sentra kopi bisa berkunjung ke tempat tersebut,”ujarnya.

Selain memfasilitasi para pembeli kata Ratu, pihaknya akan membantu pendaftaran merek untuk para pengusaha kopi yang ada di Jakarta secara gratis. Yang tak kalah menarik, nantinya Pemprov DKI juga akan membantu mendesain kemasan kopi agar produk kopi yang akan dipasarkan memiliki daya saing.

“Pengembangan kopi diharapkan dapat memberi manfaat dan kontribusi terhadap kesejahteraan dan perekonomian nasional maupun daerah,” jelas dia.

[Baca Juga: Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa]

Ratu berharap dengan adanya kebijakan ini dapat mendukung perluasan akses pasar kopi Indonesia dan juga berpeluang untuk menciptakan wirausaha baru di industri kopi. Dengan begitu katanya, maka daya saing pun akan meningkat dan tentunya dapat menggerakkan ekonomi kreatif yang dapat membuka lapangan kerja baru di Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.