Pemprov DKI Akan Lakukan Pemeriksaan Suhu di CFD

Berita Kawasan

Pemprov DKI Akan Lakukan Pemeriksaan Suhu di CFD

Ditengah merebaknya Virus Corona yang menimpa ibu kota, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap akan menggelar Car Free Day (CFD) pada Minggu, 8 Maret 2020 di ruas Jalan Sudirman-Thamrin. Meski begitu, ada beberapa penyesuaian yang akan dilakukan Pemprov DKI pada penyelenggaraan CFD Minggu ini.

Salah satunya dengan menurunkan sejumlah petugas untuk mengecek suhu tubuh masyarakat yang mengikuti CFD. Nantinya, Pemerintah Provinsi DKI akan menugaskan para petugas di enam titik pemeriksaan suhu tubuh di areal tersebut. Keenam titik tersebut yaitu:

  • Bundaran Air Mancur (Patung Arjuna Wiwaha)
  • Sarinah
  • Bundaran Hotel Indonesia (HI)
  • Taman Dukuh Atas
  • Taman Budaya
  • Ratu Plaza.

[Baca Juga: Ini Instruksi Dishub untuk Cegah Penyebaran Corona di Angkutan Umum]

"Car Free Day itu kebijakan Pemprov DKI untuk memperbaiki kualitas udara dan kemudian ada ruang publik di sana yang bisa dimanfaatkan untuk olahraga," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balairung Balai Kota Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat (6/3/2020).

Selain memeriksa suhu tubuh, para petugas yang terdiri dari anggota Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga akan melakukan sosialisasi tentang Virus Corona pada pengunjung CFD. Bila ternyata diketahui adanya warga yang terindikasi menderita gejala seperti batuk, pilek dan suhu tubuh di atas 38 derajat, maka yang bersangkutan akan dibawa ke fasilitas kesehatan untuk diperiksa lebih lanjut.

Pemprov DKI Akan Lakukan Pemeriksaan Suhu di CFD

“Tidak hanya pengecekan suhu tubuh, tapi petugas kesehatan juga turut memberikan sosialisasi tentang Virus Corona. Harapannya mereka dapat berhati-hati terhadap virus ini,” ujarnya

Selain adanya pengecekan suhu tubuh, pada CFD kali ini Pemprov juga melarang adanya kegiatan pengumpulan massa. Selain untuk meminimalisir penyebaran Virus Corona, pelarangan tersebut juga untuk mengembalikan CFD ke fungsinya sebagai ruang bebas kendaraan bermotor untuk olahraga.

[Baca Juga: Kepulauan Seribu Sambut Layanan Antar-Jemput Kapal Dishub DKI]

"Terkait perizinan mengumpulkan massa tentu kami patuhi yang mana saat CFD tidak boleh ada kegiatan yang mengumpulkan massa. Kalau ada yang olahraga, lari, jalan memanfaatkan Sudirman-Thamrin, dipersilahkan karena jam 06.00 - 11.00 WIB di sana bebas dari kendaraan bermotor," tambah Syafrin.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.