ANCOL-KAWASAN-PEMPROV DKI GANDENG BPPT BANGUN KELISTRIKAN SMART MICROGRID-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Pemprov DKI Gandeng BPPT Bangun Kelistrikan Smart Microgrid

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menandatangi perjanjian pembangunan sistem koneksi jaringan kelistrikan smart microgrid di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Energi Ricki Marojohan Mulia dengan Kepala Balai Besar Teknologi Konversi Energi BPPT Mohammad Mustafa Sarinanto.

Penandatangan berlangsung di Balairung, Balaikota Jakarta bertujuan untuk menghadirkan teknologi jaringan pengelolaan kelistrikan, dalam rangka penerapan energi yang efisien, handal dan ramah lingkungan sebagai pemecahan masalah energi di Kepulauan Seribu.

[Baca Juga: Tips Membangun Rumah di Kawasan Pulau Seribu]

Proses penandatangan kerja sama disaksikan langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Deputi Teknologi Informasi, Energi dan Material BPPT Eniya Listiani Dewi. Pada kesempatan itu, Anies mengatakan, pembangunan sistem koneksi jaringan kelistrikan smart microgrid direalisasikan Juni 2019.

“Kita berharap teknologi ini bisa membantu menambah pasokan listik di Kepulauan Seribu,” kata Anies seperti dikutip dari Berita Jakarta (19/2/2019).

Anies juga menyampaikan komitmen Pemprov DKI Jakarta, untuk terbuka menyambut segala jenis terobosan yang memberikan dampak pada warga Jakarta, salah satunya sistem kelistrikan smart microgrid. Selain itu, keberhasilan penerapan teknologi ini nantinya bisa menjadikan Kepulauan Seribu menjadi pilot project penyediaan listrik di wilayah kepulauan lain di Indonesia.

“Kami ingin Kepulauan Seribu menjadi contoh. Meski pulau-pulau terkecil dapat dimulai dengan baik,” kata Anies.

PEMPROV DKI GANDENG BPPT BANGUN KELISTRIKAN SMART MICROGRIDjpg

Sementara itu, Deputi Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material BPPT Eniya Listiani Dewi menuturkan, nantinya sistem koneksi jaringan smart microgrid diprioritaskan untuk melayani suplai listrik di Kantor Bupati Kepulauan Seribu, RSUD Kepulauan Seribu, dan SMA Negeri 69 Kepulauan Seribu.

"Dalam penerapan teknologi ini, BPPT turut mengandeng Chungbuk National University. Kami berharap, teknologi microgrid ini juga bisa menjadi wisata edukasi," tandas Eniya.

Mengutip Schneider Electric se.com, microgrid sendiri adalah jaringan listrik lokasl yang memiliki kemampuan kendali, yang berarti dapat memisahkan diri dari jaringan listrik tradisional dan bekerja secara mandiri atau terpisah.

Secara umum, penerapan instalasi smart microgrid ini beroperasi ketika terhubung dengan jaringan listrik, tetapi dapat memisahkan diri dari jaringan listrik utama dan bekerja secara mandiri menggunakan energi lokal, misalnya ketika badai, mati lampu, atau alasan-alasan lainnya.

[Baca Juga: Inspiratif! Warga Meruya Utara Olah Sampah Jadi Energi]

Smart microgrid juga bisa bekerja secara terpisan dengan mesin disel sebagai cadangan pengganti. Kelebihan energi listik itu disimpan dalam generator, baterai, atau panel surya yang dapat digunakan saat pasokan listrik utama mengalami gangguan. Smart microgrid dapat berfungsi tanpa batas waktu, bergantung pada sumber tenaga dan pengelolaannya.

Smart microgrid tidak hanya dapat berfungsi sebagai backup dalam keadaan darurat, tetapi juga dapat mengurangi biaya, atau terhubung dengan sumber energi lokal yang terlalu kecil atau rentan untuk jaringan listrik tradisional. Smart microgrid memungkinkan masyarakat untuk lebih mandiri dalam hal energi, dan dalam beberapa kasus, lebih ramah lingkungan.

Read More

Artikel Lainnya

Ratusan Orang Hadiri Seleksi Anggota FKDM Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Ratusan Orang Hadiri Seleksi Anggota FKDM Jakarta Utara

03 December 2020, 15:07

Pada pekan ini ratusan orang ikut dalam tes seleksi untuk menjadi anggota FKDM Jakarta Utara.

Sempat Kontak Erat dengan Anies dan Wagub Ariza, 437 Orang Ikut Tes Swab.jpg

Kesehatan

Sempat Kontak Erat dengan Anies dan Wagub Ariza, 437 Orang Ikut Tes Swab

03 December 2020, 14:01

Pemprov DKI Jakarta saat ini terus melakukan pelacakan kontak terhadap orang-orang yang sempat kontak erat dengan Anies Baswedan serta Wagub Ariza pasca keduanya dinyatakan positif COVID-19.

Aman Fine Fragrance, Perjalanan Ingatan Melalui Parfum

Kecantikan dan Fashion

Aman Fine Fragrance, Perjalanan Ingatan Melalui Parfum

03 December 2020, 11:37

Demi untuk berbagi kenangan para tamu Aman. Pada Desember ini Aman meluncurkan Fine Fragrance.

Oscars 2021 Diundur dan Tidak Akan Berlangsung Virtual

Hobi dan Hiburan

Oscars 2021 Diundur dan Tidak Akan Berlangsung Virtual

03 December 2020, 10:23

Bila Oscar dengan percaya diri akan tetap mengadakan siaran langsung, apakah penghargaan lain akan mengikuti?


Comments


Please Login to leave a comment.