Pemprov DKI Gandeng Pengembang Swasta untuk Percepat Ketersediaan Hunian DP Nol Persen

Properti dan Solusi

Pemprov DKI Gandeng Pengembang Swasta untuk Percepat Hunian DP Nol Persen

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperluas ketersediaan hunian uang muka nol persen dengan memanfaatkan rumah susun sederhana milik atau rusunawi dan apartemen milik pengembang swasta. Langkah ini bertujuan untuk memberikan peluang yang lebih luas bagi warga Ibu Kota dalam memiliki hunian pribadi.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah dua lokasi hunian baru uang muka atau DP nol persen di Bandar Kemayoran, Jakarta Utara, dan Apartemen Sentraland Cengkareng, Jakarta Barat. Di dua tempat itu total ada 94 unit hunian yang disiapkan untuk masyarakat dengan skema pembiayaan DP nol persen.

Kampung Kerukunan Rusunawa Pulogebang Hadir untuk Ciptakan Kedamaian

”Kami sedang menjajaki beberapa pelaku pembangunan yang unitnya tersedia dan bisa kami kerja samakan dengan skema DP nol persen. Jadi ini perluasan dari sisi suplai,” kata Sarjoko seperti diberitakan kompas.id (8/11/2020).

Ia menambahkan, di Rusunawi Bandar Kemayoran, hasil kerja sama dengan Perum Perumnas, dari 30 unit yang tersedia, warga yang mendaftar mencapai 430 orang. Dari jumlah itu, warga yang dinyatakan lolos verifikasi 386 orang dengan jumlah unit terjual sebanyak 27 unit dan yang masih proses di bank sebanyak 72 unit.

[Baca Juga: Penghapusan Sementara Biaya Sewa Rusunawa DKI Dapat Apresiasi Positif]

Di Apartemen Sentraland Cengkareng, dari 64 unit yang tersedia, warga yang mendaftar sebanyak 484 orang dan yang dinyatakan lolos verifikasi 454 orang. Sejauh ini, sudah 22 unit yang terjual dan 73 unit lain masih dalam proses di bank.

Penambahan rusunawi dan apartemen sebagai bagian dari program perumahan skema DP nol persen melengkapi hunian Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur, yang dibangun Perumda Jaya. Di Nuansa Pondok Kelapa, jumlah unit yang disediakan pemerintah daerah sebanyak 780 unit. ”Di Pondok Kelapa, jumlah pendaftar mencapai 22.422 orang dan yang lolos verifikasi 16.370 orang. Sudah terjual 481 unit, proses di bank 950 unit, dan 11.753 orang masih dalam tahap survei unit,” kata Sarjoko.

Perluas Kerja Sama

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat meninjau Rusunami Bandar Kemayoran, Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara pada 7 November 2020 mengatakan, tantangan pemerintah daerah ialah menyediakan perumahan bagi warga tanpa dibebani dengan biaya uang muka. Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Perumnas melalui program rumah DP nol rupiah.

”Ujungnya adalah bagaimana kami bisa membuat masyarakat mendapatkan hunian secara terjangkau dan layak. Dan, dalam jangka panjang secara bertahap kesejahteraannya meningkat,” kata Anies dalam siaran pers yang diterima PingPoint.co.id (8/11/2020).

Pemprov DKI Gandeng Pengembang Swasta untuk Percepat Ketersediaan Hunian DP Nol Persen

Sarjoko menambahkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah berupaya mempercepat dan memperbanyak penyediaan rumah DP nol persen dengan menggandeng pihak pengembang swasta. Salah satu hunian yang dilirik pemerintah ialah apartemen. Ini karena upaya membangun hunian sejak awal melalui badan usaha milik daerah membutuhkan waktu, ruang, dan biaya. ”Kami memberi peluang yang lebih luas bagi masyarakat untuk mendapatkan hunian. Skema sudah direncanakan sejak lama, tetapi baru diimplementasikan April 2020,” kata Sarjoko.

[Baca Juga: Sah! PT MRT Diberi Subsidi Sarana dan Prasarana oleh Pemprov]

Perluasan ketersedian unit rumah skema DP nol persen, menurut Sarjoko, juga untuk mengoptimalkan hunian yang sudah dibangun pengembang swasta. Apalagi, di masa pandemi COVID-19, bisnis properti ikut terpukul sehingga pemerintah hadir sebagai fasilitator untuk mempertemukan warga yang ingin memiliki hunian dengan pengembang yang sementara punya unit.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.