Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta setiap tahunnya terus mendorong minat baca sekaligus menciptakan ekosistem untuk membaca yang bersifat berkelanjutan melalui program yang dinamakan Tantangan Baca Jakarta. Menariknya, khusus untuk Tantangan Baca Jakarta 2022, Pemprov DKI Jakarta mengembangkan gerakan ini lebih jauh demi terus menguatkan upayanya. Di mana kegiatan ini tak hanya digelar setahun sekali saja tapi empat kali dengan target hingga anak-anak yang tinggal di luar Ibu Kota.

Kegiatan Baca Jakarta pada awalnya menyasar anak-anak di DKI Jakarta berusia hingga 18 tahun untuk mengikuti tantangan membaca selama 30 hari. Dengan peserta tantangan yang akan diberikan booklet digital khusus yang dapat menjadi pemandu aktivitas apa saja yang mereka lakukan selama berjalannya gerakan ini. Untuk Tantangan Baca Jakarta 2022 fase awal, periode kegiatannya digelar mulai 18 Januari-16 Februari 2022.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahunt.jpg

“Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana Baca Jakarta diselenggarakan hanya satu kali dalam setahun, pada tahun 2022 ini, Baca Jakarta hadir setiap triwulan atau empat kali dalam setahun,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerasipan (Dispusip) DKI Jakarta Wahyu Haryadi, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (17/1/2022).

Karena memang tujuannya mendorong minat baca serta kebiasaan membaca yang berkelanjutan maka orangtua atau anggota keluarga lainnya juga turut berpedan dalam Tantangan Baca Jakarta 2022. Di mana Anda akan berperan sebagai pendamping dari peserta dalam membantu anak-anak menyelesaikan tantangannya. Contohnya adalah memublikasikan kegiatan buah hati Anda selama mereka menjalani tantangannya.

[Baca Juga: RPTRA Kampung Benda Punya 10 Peserta Tantangan #BacaJakarta]

Dari sisi sumber bacaannya, para peserta bisa mendapatkan buku untuk Tantangan Baca Jakarta 2022 melalui perpustakaan umum daerah, taman bacaan masyarakat, pojok baca, sampai koleksi pribadi. Bahkan karena saat ini masih di masa pandemi COVID-19, bahan bacaan juga bisa didapatkan secara daring melalui iJakarta, iPusnas, dan Let’s Read. Pihak Dispusip DKI Jakarta juga sudah menyiap e-sertifikat serta hadiah bagi peserta gerakan baca ini.

“Cara mengikuti tantangan Baca Jakarta ini cukup mudah. Calon peserta bisa mendaftar melalui www.bacajakarta.jakarta.go.id dan ikuti petunjuknya untuk mengisi booklet selama 30 hari,” tambah Wahyu.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.