Pemprov DKI Jamin Ketersediaan Bahan Pangan Selama Bulan Ramadan

Berita Kawasan

Pemprov DKI Jamin Ketersediaan Bahan Pangan Selama Bulan Ramadan

Masyarakat di Jakarta tidak perlu lagi khawatir kekurangan bahan pokok jelang bulan Ramadan. Sebab, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat telah memastikan bahwa stok pangan aman hingga Lebaran tahun ini yang jatuh pada tanggal 24 Mei 2020.

Kepastian itu didapat setelah Dinas KPKP memonitoring komoditas empat bahan pokok yang paling banyak diminati masyarakat. Keempat bahan pokok tersebut ialah bawang putih, gula, telur dan cabai.

[Baca Juga: Go Jakfarm Jakarta Barat Menggiatkan Menanam Tanaman Pangan]

“Ada empat komoditas yang menjadi perhatian kita selama bulan puasa. Pertama gula pasir, cabai, telor dan bawang putih. Ini perlu mendapat perhatian lebih termasuk beras juga sudah tersedia. Empat komoditas itu yang jadi perhatian kita. Karena permintaan masyarakat terhadap empat komoditas itu umumnya tinggi saat Ramadan," ucap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat Suharini Eliawati.

Untuk menjamin ketersediaan pangan aman selama Ramadan kata Suharini, pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan produsen telur dari Blitar, Jawa Timur untuk memberikan pasokan selama Ramadhan. Sedangkan untuk bawang putih, Dinas KPKP sedang menunggu rekomendasi impor dari Kementerian Pertanian.

Pemprov DKI Jamin Ketersediaan Bahan Pangan Selama Bulan Ramadan

“Kalau komoditas cabai, produsen yang kerja sama dengan kita sudah panen. Sementara stok beras aman sampai Lebaran," tambah Suharini.

Selain menyiapkan bahan pokok tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga menyiapkan tiga mesin penyimpanan makanan bernama Controlled Atmosphere Storage (CAS) di Kramat Jati, Jakarta Timur. Masing-masing mesin tersebut memiliki kapasitas memuat makanan 16 sampai 60 ton. Mesin-mesin CAS tersebut akan kuat menyimpan komoditas cabai dan bawang selama kurun waktu empat hingga lima bulan.

[Baca Juga: Cegah Produk Pangan Berbahaya, Pemkot Jakarta Timur Sidak 6 Pasar]

Sementara untuk gula pasir, stoknya masih tersedia banyak meskipun ada kenaikan harga di pasaran. Untuk menjaga ketersediaan itu, PT Food Station Tjipinang Jaya yang merupakan perusahaan BUMD DKI Jakarta rencananya bakal mengambil dari Bulog sebanyak 2.000 ton.

Adapun gula pasir per hari ini menyentuh harga rata rata Rp15.300/kilogram di pasar eceran. Sementara HET (harga eceran tertinggi) yang ditetapkan sebesar Rp12.500/kilogram.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.