ads
Pemprov DKI dan PT Indonesia Lebih Aman Luncurkan Aplikasi Jakarta Aman 2.jpg

Berita Kawasan

Pemprov DKI Luncurkan Aplikasi Jakarta Aman

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan aplikasi sistem keamanan bernama Jakarta Aman. Peluncuran aplikasi ini merupakan hasil kerja sama dengan PT Indonesia Lebih Aman.

Penandatangan perjanjian kerja sama antara kedua belah pihak dilakukan Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefullah dengan Founder Jakarta Aman Muhammad Fardhan Khan, dan disaksikan langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pemprov DKI dan PT Indonesia Lebih Aman Luncurkan Aplikasi Jakarta Aman

Aplikasi Jakarta Aman saat ini sudah dapat diunduh melalui Google Play dan Apple Store. Dalam aplikasi ini, terdapat tombol panic bottom atau tombol darurat saat terjadi kejahatan atau meminta bantuan.

Sistem keamanan dalam sebuah aplikasi ponsel pintar tersebut menjadi inovasi baru untuk meningkatkan rasa aman dan respons cepat dari aduan warga. Muhammad Fardhan mengatakan, tujuan adanya aplikasi ini agar setiap laporan warga dapat direspons dengan lebih cepat.

[Baca Juga: Bicara Teknologi Digital, AMI DKI Jakarta Gelar Temu Mugalemon]

“Jakarta masih rawan dan memiliki tingkat kejahatan yang tinggi dibanding dengan wilayah lain. Kami bersama Pemprov DKI berkomitmen terus meningkatkan beragam fitur di aplikasi Jakarta Aman,” katanya dalam acara perluncuran di Balai Kota DKI Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat seperti dikutip dari Berita Jakarta (12/3/2019).

Sementara itu, Gubernur Anies Baswedan mengatakan, rasa aman warga merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi pemerintahan suatu daerah. Sehingga, sistemnya membutuhkan pembaharuan yang mutakhir sesuai dengan perkembangan zaman, yaitu dalam bentu aplikasi dalam ponsel.

[Baca Juga: Pemkot Luncurkan Aplikasi SiWarga di HUT Ke-26 Kota Tangerang]

Aplikasi Jakarta Aman akan mewujudkan koneksi, baik antara warga dengan pihak terkait, serta warga dengan lingkungannya sendiri. Aplikasi yang disusun ini memungkinkan masyarakat terhubung langsung dengan pihak terkait sekaligus menginformasikan warga terdekat agar bisa segara mendapatkan pertolongan.

“Jakarta harus menjadi kota aman bagi semua. Perlu sistem yang menjamin keaman warga yang dibangun sesuai abad 21. Untuk itu, kita hadirkan aplikasi Jakarta Aman. Karena menjaga keamanan itu menjadi tanggung jawab semua,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta.

[Baca Juga: Literasi Digital yang Harus Dikuasai Agar Bisa Bijak Berinternet]

Anies juga mengajak seluruh jajaran di lingkungan Pemprov DKI dan warga untuk mengunduh aplikasi Jakarta Aman agar tercipta komunitas yang saling menjaga serta merespons dengan cepat suatu kejadian atau masalah.

Untuk diketahui, aplikasi Jakarta Aman merupakan sebuah aplikasi keamanan antar masyarakat hasil sinergi dan kolaborasi antara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dengan PT Indonesia Lebih Aman. “Saya mengajak aparatur dan warga untuk mengunduh aplikasi ini,” ajaknya.

Aplikasi Jakarta Aman memiliki bergam fitur di antaranya, tombol darurat untuk mendapatkan bantuan sesegera mungkin, komunitas aman fitur siskamling digital, laporan insiden keperluan layanan publik, nomor penting instansi terkait di sekitar pengguna, serta fitur keluarga aman yang dapat mengamati posisi anggota keluarga saat berpergian.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

Kuliner

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

22 March 2019, 11:00  |  10 Views

Menurut pencerita kuliner Ade Putri Paramadita mi yang enak bergantung pada empat hal. Simak penjelasannya berikut ini.

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

Kesehatan

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

22 March 2019, 12:00  |  4 Views

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami obesitas sebesar 21,8 persen dan meningkat dari tahun 2013.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia

Berita Kawasan

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia, Bukan untuk Jual Beli

22 March 2019, 10:00  |  25 Views

Penjual hewan biasanya ikut komunitas hobi untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Tidak demikian di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia yang melarang jual-beli.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

22 March 2019, 14:00  |  5 Views

Mencegah demensia sejak awal adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan otak. Tidak perlu menunggu hingga usia 65 tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads