Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan di Musim Hujan.jpg

Berita Kawasan

Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan di Musim Hujan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menjaga ketahanan pangan di Ibukota selama musim hujan. Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta, Sri Haryati memastikan kondisi ketahanan pangan di Ibukota aman selama musim hujan. "Ketahanan pangan baik. BUMD pangan kita sudah punya beberapa rencana untuk mengamankan stok pangan di Jakarta," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat.

Sri menjelaskan, saat ini Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta sepert PD Dharma Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya dan Perumda Pasar Jaya tengah memaksimalkan ketahanan pangan di Ibukota. Mereka juga menjalin kerja sama dengan darah lain untuk penguatan pangan.

[Baca Juga: Kemendag Ajak Warga Pantau Harga Barang Pangan]

"Komoditas bawang dan cabai sudah dikerjasamakan dengan daerah-daerah penghasil pangan. Untuk beras kita juga sudah antisipasi dengan Bulog. Kalau daging kita sedang jajaki kerja sama dengan daerah NTT," dia menjelaskan seperti dikutip dari beritajakarta.id (19/2/2019),.

Sri menambahkan, Pemprov DKI Jakarta telah memiliki tiga mesin Controlled Atmosphere Strotage (CAS) berkapasitas 60 ton. Sedangkan mesin CAS di Kramat Jati memiliki kapasitas 16 ton. "Kita juga sudah punya mesin CAS untuk menyimpan bahan pokok kita," tandasnya.

Di kesempatan berbeda Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui kalau masalah utama yang dimiliki DKI Jakarta saat ini bukan hanya kemacetan dan banjir, tapi juga ketersediaan stok pangan. Tidak mudah untuk memastikan kecukupan stok pangan untuk warga Jakarta yang jumlahnya mencapai 10 juta jiwa.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Diet Warga Jakarta yang Benar?]

Demi memenuhi kebutuhan pangannya, Anies menyebut Jakarta sampai saat ini masih bergantung kepada daerah lain. "Tapi di sisi lain, kami juga menyadari kebutuhan pangan di Jakarta adalah kesempatan lapangan pekerjaan dan perekonomian bagi warga di luar Jakarta,” kata Anies di akhir tahun lalu ketika menjelaskan tentang stok pangan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Satu cara menjamin ketersediaan itu adalah dengan memberlakukan sistem pengelolaan pangan yang baik dan sistematis.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.