Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan di Musim Hujan.jpg

Berita Kawasan

Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan di Musim Hujan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menjaga ketahanan pangan di Ibukota selama musim hujan. Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta, Sri Haryati memastikan kondisi ketahanan pangan di Ibukota aman selama musim hujan. "Ketahanan pangan baik. BUMD pangan kita sudah punya beberapa rencana untuk mengamankan stok pangan di Jakarta," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat.

Sri menjelaskan, saat ini Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta sepert PD Dharma Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya dan Perumda Pasar Jaya tengah memaksimalkan ketahanan pangan di Ibukota. Mereka juga menjalin kerja sama dengan darah lain untuk penguatan pangan.

[Baca Juga: Kemendag Ajak Warga Pantau Harga Barang Pangan]

"Komoditas bawang dan cabai sudah dikerjasamakan dengan daerah-daerah penghasil pangan. Untuk beras kita juga sudah antisipasi dengan Bulog. Kalau daging kita sedang jajaki kerja sama dengan daerah NTT," dia menjelaskan seperti dikutip dari beritajakarta.id (19/2/2019),.

Sri menambahkan, Pemprov DKI Jakarta telah memiliki tiga mesin Controlled Atmosphere Strotage (CAS) berkapasitas 60 ton. Sedangkan mesin CAS di Kramat Jati memiliki kapasitas 16 ton. "Kita juga sudah punya mesin CAS untuk menyimpan bahan pokok kita," tandasnya.

Di kesempatan berbeda Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui kalau masalah utama yang dimiliki DKI Jakarta saat ini bukan hanya kemacetan dan banjir, tapi juga ketersediaan stok pangan. Tidak mudah untuk memastikan kecukupan stok pangan untuk warga Jakarta yang jumlahnya mencapai 10 juta jiwa.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Diet Warga Jakarta yang Benar?]

Demi memenuhi kebutuhan pangannya, Anies menyebut Jakarta sampai saat ini masih bergantung kepada daerah lain. "Tapi di sisi lain, kami juga menyadari kebutuhan pangan di Jakarta adalah kesempatan lapangan pekerjaan dan perekonomian bagi warga di luar Jakarta,” kata Anies di akhir tahun lalu ketika menjelaskan tentang stok pangan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Satu cara menjamin ketersediaan itu adalah dengan memberlakukan sistem pengelolaan pangan yang baik dan sistematis.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.