Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan di Musim Hujan.jpg

Berita Kawasan

Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan di Musim Hujan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menjaga ketahanan pangan di Ibukota selama musim hujan. Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta, Sri Haryati memastikan kondisi ketahanan pangan di Ibukota aman selama musim hujan. "Ketahanan pangan baik. BUMD pangan kita sudah punya beberapa rencana untuk mengamankan stok pangan di Jakarta," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat.

Sri menjelaskan, saat ini Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta sepert PD Dharma Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya dan Perumda Pasar Jaya tengah memaksimalkan ketahanan pangan di Ibukota. Mereka juga menjalin kerja sama dengan darah lain untuk penguatan pangan.

[Baca Juga: Kemendag Ajak Warga Pantau Harga Barang Pangan]

"Komoditas bawang dan cabai sudah dikerjasamakan dengan daerah-daerah penghasil pangan. Untuk beras kita juga sudah antisipasi dengan Bulog. Kalau daging kita sedang jajaki kerja sama dengan daerah NTT," dia menjelaskan seperti dikutip dari beritajakarta.id (19/2/2019),.

Sri menambahkan, Pemprov DKI Jakarta telah memiliki tiga mesin Controlled Atmosphere Strotage (CAS) berkapasitas 60 ton. Sedangkan mesin CAS di Kramat Jati memiliki kapasitas 16 ton. "Kita juga sudah punya mesin CAS untuk menyimpan bahan pokok kita," tandasnya.

Di kesempatan berbeda Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui kalau masalah utama yang dimiliki DKI Jakarta saat ini bukan hanya kemacetan dan banjir, tapi juga ketersediaan stok pangan. Tidak mudah untuk memastikan kecukupan stok pangan untuk warga Jakarta yang jumlahnya mencapai 10 juta jiwa.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Diet Warga Jakarta yang Benar?]

Demi memenuhi kebutuhan pangannya, Anies menyebut Jakarta sampai saat ini masih bergantung kepada daerah lain. "Tapi di sisi lain, kami juga menyadari kebutuhan pangan di Jakarta adalah kesempatan lapangan pekerjaan dan perekonomian bagi warga di luar Jakarta,” kata Anies di akhir tahun lalu ketika menjelaskan tentang stok pangan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Satu cara menjamin ketersediaan itu adalah dengan memberlakukan sistem pengelolaan pangan yang baik dan sistematis.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM.jpg

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.