Pemprov DKI Rencanakan Pemasangan Panel Surya

Berita Kawasan

Pemprov DKI Rencanakan Pemasangan Panel Surya

Insiden pemadaman listrik yang menimpa wilayah Ibu Kota pada akhir pekan lalu dipandang sebagai pelajaran penting oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurutnya, dalam menghadapi kondisi ketiadaan akses listrik selama belasan jam, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus memiliki rencana antisipasi. Rencana ini disinyalir akan direalisasikan seiringan dengan rencana pemasangan panel surya sebagai sumber listrik alternatif.

Rencana ini disampaikan Anies usai bertemu dengan General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Assad pada 7 Agustus 2019. Menurut Gubernur DKI Jakarta, pihak Pemprov DKI akan menyusun Standar Operasional Prosedur atau SOP terkait langkah darurat yang harus diambil di saat kondisi pemadaman listrik dalam jangka waktu yang lama.

Pemprov DKI Rencanakan Pemasangan Panel Surya

“Ada hikmah yang besar dari peristiwa kemarin. Hikmahnya kemudian menyadarkan kita semua pentingnya memiliki standar operasional tindakan dalam kondisi kedaruratan tanpa ada aliran listrik. Banyak dari langkah-langkah kedarutan yang kita miliki itu dengan asumsi ada aliran listrik. Dan kejadian kemarin membuat kita kemudian menyiapkan SOP,” ucap Anies, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (9/8/2019).

[Baca Juga: Mati Lampu? Lakukan 5 Kegiatan Ini Untuk Mengisi Waktu Luang]

Hingga kini SOP tersebut masih belum diumumkan bentuk serta realisasinya, namun satu hal yang dipastikan tengah dilirik oleh Pemprov DKI adalah penggunaan panel surya. Menurut Anies, panel surya dapat menjadi pembangkit listrik alternatif mengingat sinar matahari merupakan sumber energi yang paling mudah diakses di Ibu Kota oleh semua orang.

“Kita ingin agar lebih banyak lagi generator listrik di Jakarta, pembangkit listrik yang ada di mana-mana. Dan surya adalah salah satu sumber yang paling memungkinkan di kota seperti Jakarta,” ujar Gubernur DKI Jakarta itu. Namun saat ini, rencana pengadaan panel surya ini masih harus dibicarakan dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia Ignasius Jonan.

[Baca Juga: Panel Surya, Efektifkah Jadi Solusi Pemadaman Listrik?]

Rencana penggunaan panel surya ini sebenarnya sudah dibahas oleh Pemprov DKI Jakarta sebelum terjadinya insiden pemadaman listrik PLN selama belasan jam. Di mana panel surya akan dipasang di seluruh atap gedung Pemprov DKI Jakarta untuk dijadikan pembakit listrik tenaga surya atau PLTS. Menurut Anies Baswedan, PLTS ini mampu mengurangi ketergantungan terhadap energi yang dihasilkan oleh bahan bakar fosil yang dapat memicu polusi. Sehingga penggunaan panel surya dipandang sebagai solusi alternatif penghasil energi di gedung Pemprov DKI yang ramah lingkungan.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.