Pemprov DKI Rencanakan Pemasangan Panel Surya

Berita Kawasan

Pemprov DKI Rencanakan Pemasangan Panel Surya

Insiden pemadaman listrik yang menimpa wilayah Ibu Kota pada akhir pekan lalu dipandang sebagai pelajaran penting oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurutnya, dalam menghadapi kondisi ketiadaan akses listrik selama belasan jam, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus memiliki rencana antisipasi. Rencana ini disinyalir akan direalisasikan seiringan dengan rencana pemasangan panel surya sebagai sumber listrik alternatif.

Rencana ini disampaikan Anies usai bertemu dengan General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Assad pada 7 Agustus 2019. Menurut Gubernur DKI Jakarta, pihak Pemprov DKI akan menyusun Standar Operasional Prosedur atau SOP terkait langkah darurat yang harus diambil di saat kondisi pemadaman listrik dalam jangka waktu yang lama.

Pemprov DKI Rencanakan Pemasangan Panel Surya

“Ada hikmah yang besar dari peristiwa kemarin. Hikmahnya kemudian menyadarkan kita semua pentingnya memiliki standar operasional tindakan dalam kondisi kedaruratan tanpa ada aliran listrik. Banyak dari langkah-langkah kedarutan yang kita miliki itu dengan asumsi ada aliran listrik. Dan kejadian kemarin membuat kita kemudian menyiapkan SOP,” ucap Anies, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (9/8/2019).

[Baca Juga: Mati Lampu? Lakukan 5 Kegiatan Ini Untuk Mengisi Waktu Luang]

Hingga kini SOP tersebut masih belum diumumkan bentuk serta realisasinya, namun satu hal yang dipastikan tengah dilirik oleh Pemprov DKI adalah penggunaan panel surya. Menurut Anies, panel surya dapat menjadi pembangkit listrik alternatif mengingat sinar matahari merupakan sumber energi yang paling mudah diakses di Ibu Kota oleh semua orang.

“Kita ingin agar lebih banyak lagi generator listrik di Jakarta, pembangkit listrik yang ada di mana-mana. Dan surya adalah salah satu sumber yang paling memungkinkan di kota seperti Jakarta,” ujar Gubernur DKI Jakarta itu. Namun saat ini, rencana pengadaan panel surya ini masih harus dibicarakan dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia Ignasius Jonan.

[Baca Juga: Panel Surya, Efektifkah Jadi Solusi Pemadaman Listrik?]

Rencana penggunaan panel surya ini sebenarnya sudah dibahas oleh Pemprov DKI Jakarta sebelum terjadinya insiden pemadaman listrik PLN selama belasan jam. Di mana panel surya akan dipasang di seluruh atap gedung Pemprov DKI Jakarta untuk dijadikan pembakit listrik tenaga surya atau PLTS. Menurut Anies Baswedan, PLTS ini mampu mengurangi ketergantungan terhadap energi yang dihasilkan oleh bahan bakar fosil yang dapat memicu polusi. Sehingga penggunaan panel surya dipandang sebagai solusi alternatif penghasil energi di gedung Pemprov DKI yang ramah lingkungan.

Read More

Artikel Lainnya

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan BeliYangBaik

Berita Kawasan

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan #BeliYangBaik

29 February 2020, 09:00

WWF Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk bisa lebih bijak menjadi konsumen demi lingkungan yang lestari.

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

Bisnis

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

28 February 2020, 21:00

Kontrak kerjasama IPCM dan Nusantara Regas tunjang pendapatan sektor pasar Terminal Khusus hingga 200 persen.

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

Berita Kawasan

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

28 February 2020, 20:00

Sutradara Timo Tjahjanto kembali membawa tokoh Alfie ke jeratan teror supranatural dalam Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2.

Museum Internasional Sejarah Nabi Peradaban Islam Segera Didirikan

Berita Kawasan

Museum Internasional Sejarah Nabi & Peradaban Islam Segera Didirikan

28 February 2020, 19:00

Ibu Kota akan segera memiliki lokasi wisata religi baru di wilayah utara dengan proyek pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam.


Comments


Please Login to leave a comment.