Pemprov DKI Siapkan 125 Kamar Isolasi Bagi Pasien COVID-19

Kesehatan

Pemprov DKI Siapkan 125 Kamar Isolasi Bagi Pasien COVID-19

Pemprov DKI Jakarta terus melakukan upaya terkait penanganan pasien suspect maupun positif terinfeksi Virus Corona . Apalagi semakin hari jumlah penderita COVID-19 asal Wuhan, China itu semakin bertambah.

Data terakhir per 9 Maret 2020 sore hari mencatat bahwa saat ini total sudah ada 19 orang WNI dan WNA di Indonesia yang dinyatakan positif virus tersebut seperti yang diumumkan Juru Bicara Terkait Penanganan Wabah Virus Corona Achmad Yulianto. Kondisi tersebut menjadi perhatian khusus Pemprov DKI Jakarta.

Pemprov DKI Siapkan 125 Kamar Isolasi Bagi Pasien COVID-19

Sebagai langkah penanganan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Propinsi DKI pun menambah jumlah rumah sakit rujukan dari yang sebelumnya hanya 5 menjadi berjumlah 8. Kedelapan rumah sakit itu adalah RSPI Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Soebroto, RSUP Persahabatan, RSUP Fatmawati, RSU Bhayangkhara, RSAL Mintoharjo, RSUD Pasar Minggu dan RSUD Cengkareng.

"Sebagai bagian dari kesiapan DKI Jakarta, kami juga menyiapkan 8 rumah sakit rujukan yang akan menjadi rujukan kasus COVID-19. Di antaranya yang sudah berjalan saat ini RSPI Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Soebroto, RSUP Persahabatan," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ani Ruspitawati di Balai Kota, Jakarta Pusat (9/3/2020).

[Baca Juga: Dinkes DKI Buka Layanan Telepon Terkait Virus Corona]

Ani memastikan seluruh RS rujukan sudah memiliki kelengkapan untuk penanganan kasus COVID-19 meski belum menerima surat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Salah satunya adalah kamar isolasi. Dari total 8 rumah sakit rujukan, Dinkes Provinsi DKI telah menyiapkan 125 kamar isolasi bagi para pasien yang terbukti positif terkena Virus Corona.

"Secara resmi dari Kemenkes belum ada SK-nya, tapi kita secara proaktif sudah siapkan kedua RSUD itu sejak 1 bulan lalu untuk bila diperlukan siap untuk menerima kasus COVID-19. Antara lain yang disiapkan adalah kita menyiapkan ruang isolasi," ucap Ani.

[Baca Juga: Perlukah Formula E Digelar ditengah Wabah Corona?]

Selain menyiapkan ruangan isolasi, Dinkes DKI juga tengah mengusulkan pengadaan Ambulan Gawat Darurat (AGD) kepada Kementerian Kesehatan. Sebab kata Ani, sampai dengan saat ini hanya ada 1 AGD yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta Jadi untuk melakukan evakuasi pasien COVID-19 masih menggunakan Ambulans milik puskesmas atau rumah sakit di Jakarta.

Sementara itu, hingga Senin, 9 Maret 2020, total ada sebanyak 3.580 orang yang menghubungi Posko Tanggap COVID-19. Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 64 kasus yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pantauan (ODP) dan 56 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.