Pemprov DKI Siapkan 125 Kamar Isolasi Bagi Pasien COVID-19

Kesehatan

Pemprov DKI Siapkan 125 Kamar Isolasi Bagi Pasien COVID-19

Pemprov DKI Jakarta terus melakukan upaya terkait penanganan pasien suspect maupun positif terinfeksi Virus Corona . Apalagi semakin hari jumlah penderita COVID-19 asal Wuhan, China itu semakin bertambah.

Data terakhir per 9 Maret 2020 sore hari mencatat bahwa saat ini total sudah ada 19 orang WNI dan WNA di Indonesia yang dinyatakan positif virus tersebut seperti yang diumumkan Juru Bicara Terkait Penanganan Wabah Virus Corona Achmad Yulianto. Kondisi tersebut menjadi perhatian khusus Pemprov DKI Jakarta.

Pemprov DKI Siapkan 125 Kamar Isolasi Bagi Pasien COVID-19

Sebagai langkah penanganan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Propinsi DKI pun menambah jumlah rumah sakit rujukan dari yang sebelumnya hanya 5 menjadi berjumlah 8. Kedelapan rumah sakit itu adalah RSPI Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Soebroto, RSUP Persahabatan, RSUP Fatmawati, RSU Bhayangkhara, RSAL Mintoharjo, RSUD Pasar Minggu dan RSUD Cengkareng.

"Sebagai bagian dari kesiapan DKI Jakarta, kami juga menyiapkan 8 rumah sakit rujukan yang akan menjadi rujukan kasus COVID-19. Di antaranya yang sudah berjalan saat ini RSPI Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Soebroto, RSUP Persahabatan," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ani Ruspitawati di Balai Kota, Jakarta Pusat (9/3/2020).

[Baca Juga: Dinkes DKI Buka Layanan Telepon Terkait Virus Corona]

Ani memastikan seluruh RS rujukan sudah memiliki kelengkapan untuk penanganan kasus COVID-19 meski belum menerima surat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Salah satunya adalah kamar isolasi. Dari total 8 rumah sakit rujukan, Dinkes Provinsi DKI telah menyiapkan 125 kamar isolasi bagi para pasien yang terbukti positif terkena Virus Corona.

"Secara resmi dari Kemenkes belum ada SK-nya, tapi kita secara proaktif sudah siapkan kedua RSUD itu sejak 1 bulan lalu untuk bila diperlukan siap untuk menerima kasus COVID-19. Antara lain yang disiapkan adalah kita menyiapkan ruang isolasi," ucap Ani.

[Baca Juga: Perlukah Formula E Digelar ditengah Wabah Corona?]

Selain menyiapkan ruangan isolasi, Dinkes DKI juga tengah mengusulkan pengadaan Ambulan Gawat Darurat (AGD) kepada Kementerian Kesehatan. Sebab kata Ani, sampai dengan saat ini hanya ada 1 AGD yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta Jadi untuk melakukan evakuasi pasien COVID-19 masih menggunakan Ambulans milik puskesmas atau rumah sakit di Jakarta.

Sementara itu, hingga Senin, 9 Maret 2020, total ada sebanyak 3.580 orang yang menghubungi Posko Tanggap COVID-19. Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 64 kasus yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pantauan (ODP) dan 56 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).


Read More

Artikel Lainnya

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidi o.jpg

Hobi dan Hiburan

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidio

30 June 2022, 13:12

: Bagi Anda penggemar komedi Tanah Air, maka bersiaplah untuk menyaksikan serial Suka Duka Berduka yang diperankan bintang papan atas Indonesia yang mulai tayang pekan depan di Vidio.

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 202 2.jpg

Berita Kawasan

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 2022

30 June 2022, 11:09

Akhir pekan ini, Stadion Patriot Bekasi akan menjadi saksi gelaran perdana timnas di Piala AFF U-19 2022.

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.


Comments


Please Login to leave a comment.