Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi umum. Salah satunya dengan mengintegrasikan transportasi antar moda di Ibu Kota. Baru-baru ini saja, Pemprov DKI akan membangun fasilitas untuk mengintegrasikan Stasiun MRT ASEAN dengan halte Transjakarta CSW serta halte TJ koridor 1 kawasan Kebayoran Baru.

[Baca Juga: Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT]

Rencananya, pembangunan fasilitas ini akan dibangun pada akhir Januari dan selesai pada Juli 2020. Masyarakat nantinya bisa menggunakannya pada Agustus mendatang.

"Pembangunan fasilitas integrasi MRT ASEAN CSW dengan Stasiun Halte Transjakarta secara resmi dicanangkan," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam konsepnya, fasilitas integrasi ini akan dilengkapi area komersial seperti restoran, kedai kopi, toilet, musala, akses difabel berupa lift, dan akses eskalator untuk umum. Hal itu bertujuan untuk memberi kenyamanan pada pengguna transportasi publik.

Nantinya, desain dengan tema 'Cakra Selaras Wahana' akan membentuk lingkaran di atas simpang Jalan Sisingamangaraja. Kemudian untuk jalan layangnya akan dibangun lima lantai di mana lantai pertama atau dasar akan dibangun halte baru Transjakarta Koridor 1 Blok M-Stasiun Kota.

Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

Kemudian, di lantai dua dan tiga bisa dimanfaatkan untuk retail dan toko. Lalu di lantai empat akan dibuatkan akses menuju halte Transjakarta. Terakhir di lantai lima atau lantai atas adalah akses menuju Halte CSW.

Sementara itu, untuk perkembangan pembangunan jembatan penghubungnya sampai dengan saat ini baru mencapai 66 persen. Rencananya, jembatan sepanjang 145 meter ini baru terbuka untuk publik dan mulai beroperasi pada 10 April 2020.

"Insya Allah dengan ini terintegrasi, maka jauh lebih nyaman bagi semuanya. Jakarta harus ramah. Saya sering sampaikan bila angkutan umum kita ramah pada penyandang disabilitas, ramah kepada lansia, ramah kepada balita, maka insyaallah dia akan ramah kepada semuanya," ucap Anies.

[Baca Juga: Maret 2020, 4 Stasiun di Jakarta Akan Terintegrasi Antarmoda]

Untuk diketahui, dalam membangun proyek ini, Pemprov menghabiskan dana sebesar Rp55 miliar. Angka ini dipecah dalam dua fase pembangunan dimana fase pembangunan pertama diperkirakan menghabiskan dana sebesar Rp30 miliar.

Read More

Artikel Lainnya

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

Berita Kawasan

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

24 February 2020, 10:00

Para komuter pasti tidak bisa hidup tanpa ponsel. HP menjadi penghibur Anda sepanjang perjalanan. Namun, ternyata ada aktivitas yang bisa Anda lakukan di KRL tanpa HP!

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik

Kesehatan

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik?

24 February 2020, 09:00

Penelitian terbaru menunjukkan ada perbedaan memasang bunyi beep monoton dan musik bermelodi untuk alarm. Manakah yang lebih baik?

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

Kesehatan

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

23 February 2020, 19:00

Melakukan treatment sendiri saat mengalami kram kaki di malam hari lebih dianjurkan daripada meminum obat-obatan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

Berita Kawasan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

23 February 2020, 18:00

Anda termasuk penggemar film Netflix? Yuk tengok film Netflix yang rilis Maret 2020. Ada tiga film rekomendasi PingPoint yang sayang dilewatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 1 month lalu
    kelly

    jangan sia-sia kan masa muda mu untuk hal yang tidak perlu, kunjungi qqharian,info dan kamu hanya perlu bermain game klaim bonus angpao langsung 5% menyambut tahun baru imlek dan menangkan hadiah puluhan juta rupiah, tertarik untuk bergabung? kunjungi situs nya sekarang juga. 🙂