Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi umum. Salah satunya dengan mengintegrasikan transportasi antar moda di Ibu Kota. Baru-baru ini saja, Pemprov DKI akan membangun fasilitas untuk mengintegrasikan Stasiun MRT ASEAN dengan halte Transjakarta CSW serta halte TJ koridor 1 kawasan Kebayoran Baru.

[Baca Juga: Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT]

Rencananya, pembangunan fasilitas ini akan dibangun pada akhir Januari dan selesai pada Juli 2020. Masyarakat nantinya bisa menggunakannya pada Agustus mendatang.

"Pembangunan fasilitas integrasi MRT ASEAN CSW dengan Stasiun Halte Transjakarta secara resmi dicanangkan," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam konsepnya, fasilitas integrasi ini akan dilengkapi area komersial seperti restoran, kedai kopi, toilet, musala, akses difabel berupa lift, dan akses eskalator untuk umum. Hal itu bertujuan untuk memberi kenyamanan pada pengguna transportasi publik.

Nantinya, desain dengan tema 'Cakra Selaras Wahana' akan membentuk lingkaran di atas simpang Jalan Sisingamangaraja. Kemudian untuk jalan layangnya akan dibangun lima lantai di mana lantai pertama atau dasar akan dibangun halte baru Transjakarta Koridor 1 Blok M-Stasiun Kota.

Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

Kemudian, di lantai dua dan tiga bisa dimanfaatkan untuk retail dan toko. Lalu di lantai empat akan dibuatkan akses menuju halte Transjakarta. Terakhir di lantai lima atau lantai atas adalah akses menuju Halte CSW.

Sementara itu, untuk perkembangan pembangunan jembatan penghubungnya sampai dengan saat ini baru mencapai 66 persen. Rencananya, jembatan sepanjang 145 meter ini baru terbuka untuk publik dan mulai beroperasi pada 10 April 2020.

"Insya Allah dengan ini terintegrasi, maka jauh lebih nyaman bagi semuanya. Jakarta harus ramah. Saya sering sampaikan bila angkutan umum kita ramah pada penyandang disabilitas, ramah kepada lansia, ramah kepada balita, maka insyaallah dia akan ramah kepada semuanya," ucap Anies.

[Baca Juga: Maret 2020, 4 Stasiun di Jakarta Akan Terintegrasi Antarmoda]

Untuk diketahui, dalam membangun proyek ini, Pemprov menghabiskan dana sebesar Rp55 miliar. Angka ini dipecah dalam dua fase pembangunan dimana fase pembangunan pertama diperkirakan menghabiskan dana sebesar Rp30 miliar.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 2 years, 8 months lalu
    kelly

    jangan sia-sia kan masa muda mu untuk hal yang tidak perlu, kunjungi qqharian,info dan kamu hanya perlu bermain game klaim bonus angpao langsung 5% menyambut tahun baru imlek dan menangkan hadiah puluhan juta rupiah, tertarik untuk bergabung? kunjungi situs nya sekarang juga. 🙂