Pemprov DKI Siapkan Tambahan 17.900 Petak Makam untuk Februari

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Tambahan 17.900 Petak Makam untuk Februari

Kendati angka kematian di Jakarta diklaim menurun, tapi kebutuhan pemakaman dengan protokol COVID-19 tetap tinggi. Kondisi ini membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 17.900 petak makam. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria usai kunjungan ke tempat pemakaman umum (TPU) Rorotan di Jakarta Utara pada Rabu, 27 Januari 2021 menjelaskan, penyiapan lahan makam dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan kasus aktif COVID-19 yang terjadi dalam beberapa minggu ini.

Sampai dengan 26 Januari 2021, jumlah kasus aktif sebanyak 23.462 orang yang masih dirawat atau isolasi. Sedangkan secara total di Jakarta sampai hari ini ada 254.580 jumlah kasus konfirmasi, dengan tingkat kesembuhan 89,2 persen dan tingkat kematian 1,6 persen. "Namun demikian kami terus menyiapkan lahan pemakaman. Targetnya pada Februari lahan makam dan petak yang disiapkan sudah bisa difungsikan. Sekarang dalam proses penyiapan lahan dan akses jalan menuju tempat pemakaman," kata Ahmad Riza seperti diberitakan kompas.id (27/1/2021).

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Ivan Murcahyo, secara terpisah menyebutkan, secara total DKI Jakarta menyiapkan 17.900 petak makam. Lahan lokasi petak makam itu tengah disiapkan dan ditingkatkan kapasitasnya untuk menampung pemakaman baru dengan protokol COVID-19 di Jakarta.

Ahmad Riza dalam penjelasannya merinci, ke-17.900 petak makam itu tersebar di sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU). Di TPU Bambu Apus 2 (Bambu Wulung - Jakarta Timur), luas lahannya 5 hektare. Luas pemakaian sekitar 3.000 meter persegi dan berkapasitas 800 petak makam. Di TPU Srengseng Sawah 2 di Jakarta Selatan, luas lahannya seluas 3,4 hektare. Dengan luas pemakaian 1,2 hektare, daya tampungnya sebanyak 1.900 petak makam. Di TPU Tegal Alur, tepatnya di Jalan Sahabat, Jakarta Barat, luas lahannya 1,3 hektare. Dengan luas pemakaian 5.000 meter persegi yang masih disiapkan, daya tampung sebanyak 800 petak.

[Baca Juga: Pemprov DKI Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Rorotan]

Di TPU Rorotan di Jakarta Utara, luas lahannya 25 hektar dengan prioritas penggunaan dua hektar. Di Rorotan untuk pemakaian 8.000 meter persegi, akan berdaya tampung 1.500 petak makam. Di RTH Jalan Kramat Tiga (Lubang Buaya, Jakarta Timur), tersedia lahan seluas 5,2 hektare dan berdaya tampung 9.000 petak. Sementara di RTH Jalan Raya Pondok Gede / Dukuh II (Kramat Jati, Jakarta Timur) tersedia lahan 2,1 hektare dengan daya tampung 3.900 petak makam.

Ahmad Riza menambahkan, pemakaian petak makam itu sudah terjadwal. Pemakaian petak makam dilakukan secara bertahap. "Kita sudah mengukur angka kematian per hari berapa, kemampuan kita menyiapkan petak berapa. Jadi, prinsipnya ketersediaan lahan tidak ada masalah. Sekalipun Jakarta adalah Ibu Kota, sulit menyiapkan lahan dalam jumlah besar tapi untuk pemakaman COVID-19 kami siapkan sebaik mungkin," tegasnya.

Pemprov DKI Siapkan Tambahan 17.900 Petak Makam untuk Februari

Meski ada upaya penyiapan petak, ia berharap ke depan tempat-tempat pemakaman itu tidak diisi lagi oleh korban-korban COVID-19. "Tentu dengan harapan dukungan dari masyarakat, kita terus laksanakan protokol COVID-19 dengan sebaik-baiknya dan melaksanakan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker)," jelasnya.

Ahmad Riza berharap, dengan penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dari 26 Januari-8 Februari seiring pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) se-Jawa-Bali pada periode yang sama, akan ada penurunan kasus.

"Tentu semuanya berpulang pada kita warga Jakarta untuk berdisiplin. Kami memahami masyarakat sudah cukup lelah, capai, hampir setahun kita berjuang melawan COVID-19. Kami yakin seluruh warga tidak menyerah, tidak boleh menyerah, terus berjuang kita bersama-sama memastikan kesehatan kita keluarga dan seluruh komunitas masyarakat dan wilayah Jakarta semua segera terbebas dari penyebaran COVID-19," katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 4 months, 3 weeks lalu
    anisa

    QQHarian Games Best Online Transaksi Cepat , Aman & Nyaman. Hadir Dengan berbagai Provider Ternama. Kuy Gabung & Dapatkan WELCOME BONUS 100% FULL DI DEPAN ( Bonus 100% DI AWAL / DI DEPAN ) Serta Ketahui Promo menarik lainnya dari QQHarian. Proses DP / WD Cepat & Aman ( Maks. 3 Menit ). Info lanjut bisa klik link di bawah guys 😘 : => ( <a href="https://45.141.59.177/" title="QQHARIAN GAME ONLINE TERPERCAYA" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) :) => https://biolinky.co/linkpromo ( Link Alternatif QQHarian ) :D => http://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook ) ;)