Pemprov Jabar Sudah Ambil Puluhan Ribu Sampel Swab Test COVID-19.jpg

Kesehatan

Pemprov Jabar Sudah Ambil Puluhan Ribu Sampel Swab Test COVID-19

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) sebenarnya sudah menetapkan rasio minimalnya terkait tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di suatu wilayah dalam usaha mengantisipasi penyebaran COVID-19. Saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) masih terus berusaha mengejar target rasio tersebut. Di mana dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, terhitung sudah ada ada lebih dari 70.000 sampel swab test yang diambil dari berbagai wilayah Jabar dalam rangka mencapai target tersebut.

Berdasarkan data yang dimiliki Pemprov Jabar, sampai 28 Juni 2020 sudah ada sekitar 78.108 sampel swab test COVID-19 untuk diuji menggunakan metode PCR. Kemudian sampel darah melalui rapid test COVID-19 di wilayah Jabar sudah mencapai angka 176.134. Maka dengan kedua tes ini, Pemprov Jabar sudah mengumpulkan 256.302 sampel.

Namun bagi Pemprov Jabar, angka ini masih belum sesuai dengan target mereka. Pasalnya, berdasarkan syarat minimal dari WHO, tes masif yang terdiri dari PCR serta rapid test harus mencapai satu persen dari jumlah penduduk. Apalagi saat ini Jabar memiliki penduduk sekitar 50 juta jiwa berarti minimal seharusnya saat ini pihak Pemprov Jabar sudah melakukan uji coba terhadap 500.000 sampel.

Pemprov Jabar Sudah Ambil Puluhan Ribu Sampel Swab Test COVID-19 .jpg

Dengan angka yang baru terkumpul sekarang, berarti Pemprov Jabar baru mencapai sekitar 51 persen dari target WHO. Sebagaimana dikutip dari jabarprov.go.id (3/7/2020), Ketua Divisi Pelacakan Kontak Deteksi Dini Pengujian Massal dan Manajemen Lab GTPP COVID-19 Provinsi Jabar dr. Siska Gerfianti, rasio tes PCR yang dilakukan Pemprov Jabar sebenarnya masih dalam kategori tinggi.

Ia menjelaskan, pihaknya selama tiga bulan terakhir berfokuse mengadakan tes PCR di 10 kabupaten serta kota di kawasan Bogor-Depok-Bekasi (Bodebek) dan Bandung Raya. Lalu dilanjutkan di 17 kabupaten serta kota lainnya di Jabar dengan sampel yang terkumpul mencapai 3.000 . Namun tetap fokus Pemprov Jabar saat ini tetap di wilayah Bodebek serta Bandung Raya perihal tes massal yang hendak digelar nanti, mengingat di area ini kasus COVID-19 masih masuk ke dalam kategori yang tinggi.

swab test

Fokus terhadap wilayah Bodebek dari Pemprov Jabar ini terlihat dari pengumuman yang disampaikan Gubernur Jabar sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jabar Ridwan Kamil. Pasalnya, pada 1 Juli 2020 lalu, ia mengumumkan kawasan Bodebek masih masuk kategori zona kuning sehingga diperlukan perpanjangan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Porposional di kawasan ini.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 2 months lalu
    hanna56

    Ada kabar keren nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke bola165 jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan....