Pemprov Jawa Barat Berikan 2 Syarat Ini untuk Sekolah dengan Tatap Muka.jpg

Pendidikan

Pemprov Jawa Barat Berikan 2 Syarat Ini untuk Sekolah dengan Tatap Muka

Setelah berbulan-bulan kegiatan belajar-mengajar di sekolah dialihkan secara daring akibat pandemi COVID-19, baru-baru ini muncul wacana agar sesi pembelajaran tatap muka di kelas kembali dilakukan. Wacana ini didukung dengan sejumlah sekolah yang sudah kembali menjalankan hal tersebut seperti di enam sekolah yang berada di Kota Bekasi. Lantas bagaimana dengan sekolah lain di wilayah Jawa Barat? Ternyata Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memiliki dua syarat yang harus dipenuhi bila sekolah ingin kembali menggelar kegiatan belajar tatap muka di kelas.

Syarat tersebut langsung disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika dirinya menghadiri rapat Gugus Tugas Jawa Barat di Makodam III Siliwangi Bandung. Usai rapat yang digelar pada 3 Agustus 2020, pria yang akrab disapa Kang Emil itu menjelaskan, sekolah harus memastikan bahwa mereka memang berada di area aman COVID-19 alias zona hijau serta adanya skema pembelajaran khusus.

Pemprov Jawa Barat Berikan 2 Syarat Ini untuk Sekolah dengan Tatap Muka .jpg

“Yang pertama, sekolahnya harus berada di kecamatan zona hijau. Yang kedua, sekolahnya harus sudah siap menjalan protokol kesehatan dan skema pembelajaran,” ujar orang nomor satu di Jawa Barat tersebut, sebagaimana dikutip dari jabarprov.go.id (3/8/2020).

Perihal protokol kesehatan dan skema pembelajaran, menurut Gubernur Jawa Barat itu hal ini bisa diterapkan dengan adanya penyediaan fasilitas cuci tangan dan skema pembatasan kapasitas jumlah siswa yang belajar pada hari itu. Ia mencontohkan, siswa-siswi di satu sekolah bisa masuk bergantian demi memastikan ruang kelas tidak penuh. “Mana ya nanti ada yang sekolahnya Senin, Selasa, Rabu, lalu selajutnya bergiliran,” sambung Kang Emil.

[Baca Juga: Disdik Kota Depok Minta Sekolah Tidak Beri Tugas Berlebihan saat PJJ]

Gubernur Jawa Barat itu pun menegaskan, jika sekolah hanya di zona hijau saja tapi tak mampu mengatur skema serta protokol kesehatan, maka pihaknya tak akan mengeluarkan izin. Ia menambahkan, saat ini sudah ada sekolah di wilayah Jawa Barat yang sudah mulai melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas secara tatap muka karena memenuhi syarat tersebut namun demi memantau proses kegiatannya, pihak dinas pendidikan akan mengerahkan petugas untuk melakukan pengecekan.

Perihal kegiatan belajar tatap muka di kelas, Kota Bandung sendiri tampaknya tak akan melakukan hal ini dalam waktu dekat. Karena Dinas Pendidikan Kota Bandung memandang walau sekolahnya memang berada di zona hijau atau mungkin memang bisa menerapkan protokol kesehatan dan skema khusus tapi bisa saja guru serta muridnya berasal dari wilayah yang masih berstatus zona merah COVID-19.

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 1 month, 3 weeks lalu
    hanna56

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue… gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki…. gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…

  • Rine 1 month, 3 weeks lalu
    rine

    yuuukkk MABAR game qqharian guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di qqharian ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>