Pemprov Jawa Barat Berikan 2 Syarat Ini untuk Sekolah dengan Tatap Muka.jpg

Pendidikan

Pemprov Jawa Barat Berikan 2 Syarat Ini untuk Sekolah dengan Tatap Muka

Setelah berbulan-bulan kegiatan belajar-mengajar di sekolah dialihkan secara daring akibat pandemi COVID-19, baru-baru ini muncul wacana agar sesi pembelajaran tatap muka di kelas kembali dilakukan. Wacana ini didukung dengan sejumlah sekolah yang sudah kembali menjalankan hal tersebut seperti di enam sekolah yang berada di Kota Bekasi. Lantas bagaimana dengan sekolah lain di wilayah Jawa Barat? Ternyata Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memiliki dua syarat yang harus dipenuhi bila sekolah ingin kembali menggelar kegiatan belajar tatap muka di kelas.

Syarat tersebut langsung disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika dirinya menghadiri rapat Gugus Tugas Jawa Barat di Makodam III Siliwangi Bandung. Usai rapat yang digelar pada 3 Agustus 2020, pria yang akrab disapa Kang Emil itu menjelaskan, sekolah harus memastikan bahwa mereka memang berada di area aman COVID-19 alias zona hijau serta adanya skema pembelajaran khusus.

Pemprov Jawa Barat Berikan 2 Syarat Ini untuk Sekolah dengan Tatap Muka .jpg

“Yang pertama, sekolahnya harus berada di kecamatan zona hijau. Yang kedua, sekolahnya harus sudah siap menjalan protokol kesehatan dan skema pembelajaran,” ujar orang nomor satu di Jawa Barat tersebut, sebagaimana dikutip dari jabarprov.go.id (3/8/2020).

Perihal protokol kesehatan dan skema pembelajaran, menurut Gubernur Jawa Barat itu hal ini bisa diterapkan dengan adanya penyediaan fasilitas cuci tangan dan skema pembatasan kapasitas jumlah siswa yang belajar pada hari itu. Ia mencontohkan, siswa-siswi di satu sekolah bisa masuk bergantian demi memastikan ruang kelas tidak penuh. “Mana ya nanti ada yang sekolahnya Senin, Selasa, Rabu, lalu selajutnya bergiliran,” sambung Kang Emil.

[Baca Juga: Disdik Kota Depok Minta Sekolah Tidak Beri Tugas Berlebihan saat PJJ]

Gubernur Jawa Barat itu pun menegaskan, jika sekolah hanya di zona hijau saja tapi tak mampu mengatur skema serta protokol kesehatan, maka pihaknya tak akan mengeluarkan izin. Ia menambahkan, saat ini sudah ada sekolah di wilayah Jawa Barat yang sudah mulai melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas secara tatap muka karena memenuhi syarat tersebut namun demi memantau proses kegiatannya, pihak dinas pendidikan akan mengerahkan petugas untuk melakukan pengecekan.

Perihal kegiatan belajar tatap muka di kelas, Kota Bandung sendiri tampaknya tak akan melakukan hal ini dalam waktu dekat. Karena Dinas Pendidikan Kota Bandung memandang walau sekolahnya memang berada di zona hijau atau mungkin memang bisa menerapkan protokol kesehatan dan skema khusus tapi bisa saja guru serta muridnya berasal dari wilayah yang masih berstatus zona merah COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 6 months lalu
    hanna56

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue… gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki…. gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…

  • Rine 2 years, 6 months lalu
    rine

    yuuukkk MABAR game qqharian guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di qqharian ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>