Pemprov Jawa Barat Mulai Proyek Revitalisasi Kalimalang Bekasi

Berita Kawasan

Pemprov Jawa Barat Mulai Proyek Revitalisasi Kalimalang Bekasi

Beberapa waktu terakhir ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menyampaikan, programnya yang bertujuan untuk mengubah citra dari Kalimalang Bekasi dengan menggunakan referensi salah satu kali atau sungai yang ada di Korea Selatan. Mulai pekan ini, program ini sudah mulai direalisasikan dengan proses groundbreaking Pembangunan Waduk, Situ, dan Saluran Multifungsi Destinasi Wisata Air Juara di Sempadan Saluran Kalimalang.

Prosesi peletakan batu pertama ini pada 25 September 2019 ini langsung dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Melihat Kalimalang Bekasi serta sumber daya air lainnya di wilayahnya, Ia memandang Jawa Barat memiliki potensi besar dalam bidang hidrologi sehingga perlu dikelola dengan baik demi mengembangkan potensinya. Rencana pengembangan ini pun dimasukkan ke dalam bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Pemprov Jawa Barat tahun 2018-2023.

Pemprov Jawa Barat Mulai Proyek Revitalisasi Kalimalang Bekasi

Ridwan Kami memang menginginkan untuk melakukan penataan infrastruktur air, seperti Kalimalang Bekasi, guna mewujudkan pertumbuhan serta pemerataan pembangunan berbasis lingkungan dan tata ruang yang berkelanjutan agar mampu dikembangkan potensinya. “Jawa Bara memiliki waduk, situ, dan saluran multifungsi yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata unggul,” ujar pria yang akrab disapa dengan panggilan Emil itu, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (25/9/2019).

Sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Barat itu, Kalimalang Bekasi memiliki desain yang nantinya terbagi menjadi empat zona, yaitu Edukasi, Ekologi, Selebrasi, dan Komunitas. Empat zona ini menurut Ridwan Kamil harus sesuai dengan standar destinasi wisata internasional agar membuktikan Bekasi memiliki lokasi yang memang dirindukan untuk dikunjungi.

[Baca Juga: Ini 4 Zona yang Akan Dibangun Pada Kalimalang Baru]

Keempat zona dalam proyek penataan Kalimalang Bekasi oleh Pemdeprov Jawa Barat mencakup wilayah seluas 19.190 meter persegi dengan pembagian area utara 5.290 meter persegi dan selatan 13.900 meter persegi. Dengan referensi pembangunannya merujuk Cheonggyecheon River di Korea Selatan, River of Life di Malaysia, serta Teras Cikapungdung di Kota Bandung.

Untuk tahap awal yang saat ini tengah direalisasikan, proyek yang difokuskan adalah di area bagian utara Kalimalang Bekasi, tepatnya di Jalan Mayor Madmuin Hasibuan. Hal ini guna menyoroti penataan di bagian luar badan air kali tersebut.

[Baca Juga: Promosi Budaya & Pariwisata, Korea Selatan Tur Keliling Jawa]

Proyek bertajuk Penataan Sempadan Saluran Kalimalang ini akan berjalan dari mulai tahun 2019 dan direncanakan rampung tahun 2020. Pembangunan di sini akan masuk ke lingkup zona satu dengan didirikannya Taman Seni, Taman Timur, dan Promenade Sejarah di tahun ini. Untuk tahun depan, proyeknya akan dilanjutkan dengan membangun zona bermain anak, kolam dangkal anak, ruang ngariung, taman flora musiman, tanggul penahan tanah, jalan inspensi, taman lampu, dan jembatan penyeberangan.

“Untuk pembiayaan telah dianggarkan dalam APBD 2019 sebesar Rp4,6 miliar untuk penataan sempadan sisi utara Saluran Kalimalang dan RPBD 2020 sebesar Rp26 miliar untuk penataan sempadan sisi selatan Saluran Kalimalang,” jelas Kepala Dinas Sumber Daya Alam Jawa Bara Linda Al Amin, sebagaimana dikutip dari bappeda.jabarprov.go.id (25/9/2019).


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.