Pemuda Kreatif Asal Bandung Sulap Limbah Eceng Gondak Jadi Bernilai

Bisnis

Pemuda Kreatif Sulap Limbah Eceng Gondok Jadi Bernilai

Banyak yang menganggap Eceng Gondok hanya sekedar tanaman penganggu, tapi tidak bagi pengusaha kerajinan ini. Rio Julianto ini berhasil menyulap eceng gondok menjadi sebuah kreasi yang cukup bernilai. Berawal dari sebuah obrolan sepulang kerja, usaha pemanfaatan limbah eceng gondok saat ini dirasa masih belum terorganisir dengan baik. Banyak pengrajin-pengrajin berbakat di daerah yang masih belum bisa memanfaatkan sumber daya eceng gondok yang melimpah ini dengan maksimal, ucap pria yang akrab di panggil Rio ini.

Pemuda Kreatif Asal Bandung Sulap Limbah Eceng Gondok Jadi Bernilai

Eceng gondok merupakan tanaman yang tumbuh subur di perairan seperti danau. Pertumbuhannya yang cepat membuat populasi tanaman ini meningkat sangat pesat. Dalam kurun waktu satu hari pertumbuhan eceng gondok bisa mencapai hingga 15 ton. “Sayangnya pertumbuhan eceng gondok yang terlalu cepat membuat tanaman ini dianggap mengganggu aktivitas air bagi beberapa perusahaan, sehingga banyak dibuang,” ujar Rio, saat PingPoint.co.id temui di kediamannya (25/9/19). Hal ini menjadi landasan utama berdirinya perusahaan RNJ Craft dalam sektor bisnis kerajinan eceng gondok

[Baca Juga: Mengintip Wacana Penanaman Eceng Gondok di Kali Sentiong]

Rumah produksi RNJ yang berlokasi di desa Cipeudeuy, Kabupaten Bandung Barat ini sudah memproduksi banyak kerajinan. Rata-rata kerajinan yang dihasilkan RNJ Craft berupa kerajinan tangan yang terdiri dari taplak meja, alas cangkir, tas atau tote bag hingga alas lantai. Tidak hanya itu, RNJ Craft juga menerima kerajinan pesanan seperti suvenir atau pajangan. Biasanya RNJ mendistribusikan kerajinan ke berbagai kota salah satunya adalah Jakarta.

Pemuda Kreatif Asal Bandung Sulap Limbah Eceng Gondak Jadi Bernilai

Tujuan dari mendirikan sektor bisnis eceng gondok ini semata-mata bukan ingin mencari keuntungan saja, melainkan membuka lapangan kerja di daerah, ucap Riza Harwandi selaku Manajer Produksi RNJ Craft. Produksi kerajinan eceng gondok di kerjakan tenaga kerja lokal desa Cipeundeuy.

[Baca Juga: Bisnis Kerajinan Unik dengan Memanfaatkan Eceng Gondok]

Tidak hanya membuka lapangan pekerjaan, RNJ juga memberikan edukasi pemanfaatan eceng gondok kepada masyarakat sekitar. Bisnis ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia.

Pemuda Kreatif Asal Bandung Sulap Limbah Eceng Gondok Jadi Bernilai

Bisnis eceng gondok ini tidak hanya dijadikan satu model produk. Melihat perkembangan dunia fashion yang cukup bervariasi, RNJ Craft bermaksud untuk menjadikan eceng gondok tidak hanya sebatas kerajinan tangan melainkan akan menyasar pasar busana seperti outwear, sepatu hingga ransel. Besar harapan Rio sebagai pendiri RNJ Craft ini adalah memberikan sebuah inovasi produk lokal yang dapat bersaing dengan brand luar di kemudian hari.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.