Pemudik Kembali ke Ibu Kota, Pilih Dikarantina atau Balik ke Daerah

Berita Kawasan

Pemudik Kembali ke Ibu Kota, Pilih Dikarantina atau Balik ke Daerah?

Meskipun larangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah diberlakukan, tapi tetap saja banyak warga DKI Jakarta yang nekat untuk pulang ke kampung halamannya. Kini, pasca lebaran, situasi arus balik pun kembali terjadi di tengah situasi pandemi COVID-19. Terutama bagi kendaraan yang mengarah ke Ibu Kota.

Meski begitu, tak semua masyarakat diperbolehkan masuk ke DKI Jakarta. Hanya masyarakat yang memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) daerah saja yang diperbolehkan untuk masuk ke wilayah Ibu Kota.

[Baca Juga: Permprov Wajibkan Surat Izin Keluar-Masuk Khusus Wilayah DKI]

Bahkan sebagai satu-satunya terminal yang melayani keberangkatan ke luar kota, Operator Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur pun telah menyiapkan dua opsi bagi masyarakat yang tidak memiliki SIKM. Pertama akan mengarahkan para pendatang untuk dikarantina dan yang kedua adalah dikembalikan ke daerah asal bila tidak memiliki izin.

"Bila tidak ada Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), maka diarahkan untuk kembali ke tempat asal atau dikarantina mandiri di tempat yang sudah ditentukan oleh gugus tugas wilayah," kata Kepala Terminal Terpadu Pulo Gebang Bernad Pasaribu dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (26/5/2020).

Pemudik Kembali ke Ibu Kota, Pilih Dikarantina atau Balik ke Daerah

Untuk pengawasan terhadap penumpang kata Bernad, nantinya akan dilakukan oleh petugas gabungan dari unsur TNI-Polri, dinas perhubungan, maupun Satpol PP di sejumlah wilayah perbatasan. Seluruh petugas gabungan tersebut akan periksa kendaraan baik yang mengarah ke wilayah DKI Jakarta maupun terminal Pulo Gebang.

“Penjagaan di titik perbatasan sudah dijaga oleh petugas gabungan. Apabila ada penumpang yang lolos sampai di terminal, bila telah memiliki SIKM dipersilakan turun, tapi kalau tidak, kita pulangkan ke daerah asal,"

SIKM Jakarta sendiri merupakan kebijakan yang telah diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) No. 47 tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19.

[Baca Juga: Warga Jakarta Boleh Mudik Lokal, Asal Jangan Pergi ke Luar Kota]

SIKM hanya diterbitkan untuk kalangan terbatas bagi para pekerja yang karena pekerjaannya harus ke luar masuk Jakarta atau Jabodetabek, dengan catatan: mereka bekerja di 11 sektor yang diizinkan beroperasi saat pandemi seperti: sektor pangan-makanan-minuman, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar atau utilitas publik dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek vital tertentu, serta kebutuhan sehari-hari.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 2 months lalu
    suki

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di QQharian