KEBON JERUK-KESEHATAN-PENANGANAN BARU MASALAH KESUBURAN WANITA-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Penanganan Baru Masalah Kesuburan

Setiap pasangan suami istri tentu ingin memiliki keturuan setelah menikah. Hanya saja, tidak semua pasngan dikarunia anak dalam waktu singkat, bahkan bisa tidak sama sekali. Dalam dunia kesehatan, kondisi ini dinamai infertilitas atau ketidaksuburan.

Infertilitas atau ketidaksuburan merupakan suatu keadaan di mana belum terjadi kehamilan meski tidak menggunakan kontrasepsi apapun dan telah melakukan hubungan seksual secara teratur selama enam bulan sampai satu tahun.

Dr. med. Ferdhy Suryadi Suwandinata, Sp.OG (K-FER) mengatakan, infertilitas biasanya tergantung pada penyebab utamanya yang perlu dicari tahun sebelum dokter kebidanan dan kandungan dapat memberikan rekomendasi untuk program kehamilan.

“Sebelum menentukan jenis program kehamilan yang akan dilakukan, perlu dipastikan terlebih dahulu apa penyebab sulit hamil tersebut. Memang tidak semua dapat dijelaskan penyebabnya. Dua puluh persen yang tidak diketahui penyebabnya, disebut sebagai unexplain infertility,” ujarnya seperti dari keterangan rilis yang diterima PingPoint.co.id, Kamis (29/11/2018).

[Baca Juga: 7 Faktor Risiko Kehamilan Berisiko Tinggi]

Konsultan obstetri dan ginekologi dengan subspesialisasi fertilitas Siloam Hospitals, Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini juga menerangkan, infertilitas pada wanita dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti faktor hormonal, gangguan pematangan sel telur, endometriosis, miom, kista, tumor, bahkan kanker.

Sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri dan konsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan rekomendasi pengobatan dan prosedur yang tepat dan efektif. Hal ini penting dilakukan untuk dapat meminimalkan perkembangan maupun efek dari penyebab infertilitas yang disebutkan di atas terutama pada kasus endometriosis.

Penanganan dengan menggunakan obat-obatan bisa diberikan untuk penyebab infertilitas seperti faktor hormonal atau masalah pematagan sel telur. Namun, penanganan yang berbeda seperti pembedahan dapat dilakukan untuk pasien dengan kasus endometriosis, miom, kista, tumor, dan kanker.

Konsultasi Masalah Kesuburan

Tindakan dengan Laparaskopi

Tindakan operasi saat ini dapat dilakukan dengan teknik konvensional (pasien dibedah dengan sayatan yang lebar untuk mengangkat kista) dan metode terkini di dunia kedokteran yaitu bedah minimal invasif yang lebih dikenal dengan istilah laparoskopi/endoskopi.

Laparoskopi adalah sebuah teknik bedah invasif minimal dengan menggunakan instrumen bedah berdiameter kecil (5-10mm) untuk melakukan prosedur pembedahan di dalam rongga perut.

Sementara itu, konsulen obstetri dan ginekologi dengan subspesialis onkologi Siloam Hospitals dr. Ong Tjandra, MMPd, M.Kes, Sp.OG(K-Onk) juga menjelaskan, operasi laparoskopi untuk kasus-kasus kandungan dilakukan berdasarkan penilaian atas kondisi masing-masing individu.

[Baca Juga: Siloam Hospitals Kebon Jeruk Buka Gerai Mandiri Inhealth]

Teknik operasi ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain luka sayatan yang sangat kecil yaitu sekitar 7 mm jika dibandingkan dengan luka sayatan pada operasi konvensional yang dapat mencapai 100 mm.

“Waktu pemulihan pasien yang relatif cepat, nyeri luka paska operasi minimal dan risiko komplikasi yang relatif rendah. Teknologi ini dapat kita aplikasikan juga pada kasus-kasus keganasan.” katanya.

Tindakan laparaskopi unutk pengangkatan kista (laparascopic cystectomy), pengangkatan polip (histeroscopic polypectomy), pengangkatan miaom (laparoscopic myomectomy), hingga pengangkatan rahim (total laparoscopic hysterectomy) untuk kasus jinak dan ganas sudah dilakukan di Siloam Hospitals Kebon Jeruk.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.