Kota Bekasi Tinjau Lokasi untuk Penanganan Limbah dan Sampah Masa Pandemi

Berita Kawasan

Penanganan Limbah & Sampah Masa Pandemi, Pemkot Bekasi Tinjau Lokasi

Sanpah dan limbah pada masa pandemi memerlukan perhatian khusus. Pembuangan sampah dan limbah yang tidak sesuai aturan dapat meningkatkan penularan COVID-19. Dengan demikian, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengadakan peninjauan terkait penanganan limbah dan sampah tersebut.

Dikabarkan, adanya pembuangan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di TPA Sumur Batu, Bantar Gebang yang diduga berasal dari rumah sakit swasta. Terkait hal ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Yayan Yulian telah menindaklanjuti dengan melakukan verifikasi dan inspeksi lapangan.

"Dari hasil verifikasi tersebut terlihat adanya struk pembayaran dan beberapa kertas bekas resep rumah sakit swasta dan tidak ditemukan limbah COVID-19 sebagaimana yang telah dilaporkan pihak yang terkait," ucap Yayan seperti diberitakan bekasikota.go.id (9/7/2020).

[Baca Juga: Cegah Penularan COVID-19, Begini Sterilisasi Limbah Infeksius]

Sebelumnya di lokasi tersebut ditemukan karung dan kantong plastik hitam berisikan sampah domestik berupa kertas, sisa makanan, kardus, dan masker bekas yang diduga berasal dari buangan salah satu rumah sakit swasta. Sewaktu sampah ini masih di TPA Sumur Batu, sebagian dari sampah domestik tersebut telah dipilah pemulung dan diambil yang masih memiliki nilai jual.

Sekarang sampah ini dibawa Satkrimsus Polres Metro Bekasi Kota untuk kepentingan penyelidikan lanjutan. "Limbah ini ditemukan di zona tidak aktif yang dibawa pemulung. Dan sudah diamankan petugas," Yayan menerangkan.

[Baca Juga: ‘Sampah’ COVID-19 Bisa Saingi Sampah Plastik di Lautan]

Khusus penanganan limbah B3, Pemkot Bekasi melalui Dinas LH juga terus melakukan pengawasan dari hasil laporan per triwulan pengelolaan limbah dan fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan klinik. Terdata ada sebanyak 46 rumah sakit swasta memiliki izin Tempat Penyimpanan Sementara Limbah B3 (TPS-LB3) yang dikeluarkan Dinas Perizinan.

"Mereka telah memiliki TPS sendiri untuk mengelola mandiri maupun dikerjasamakan dengan pihak lain untuk mengelola bahan berbahaya dan beracun hasil sampah medis. Kita ketahui limbah ini harus dikelola agar tidak mencemari lingkungan," ujar Yayan.

Curug Penuh Sampah Plastik

Sementara itu, masih terkait dengan limbah dan sampah, Wakil Wali Kota Tri Adhianto dan istri meminjau kondisi lokasi wisata Curug Parigi yang berada di Pangkalan 5, Kecamatan Bantar Gebang pada Rabu pagi 8 Juli 2020. Curug yang kini menjadi destinasi wisata bagi para pesepeda kondisinya sangat memprihatinkan, hal tersebut terlihat masih banyaknya sampah-sampah yang berada di sekitaran curug. Umumnya, sampah tersebut didominasi sampah plastik.

Menindaklanjuti hal tersebut, Tri langsung memerintahkan Tim Katak dari Dinas Lingkungan hidup untuk membersihkan sampah-sampah yang mengganggu keasrian wisata yang sering disebut niagara mininya Kota Bekasi. “Saya meminta bantuan Tim Katak, lalu juga pengelola wisata yang sebagian besar adalah warga sekitar untuk turut menjaga kebersihan,” Tri menjelaskan.

Kota Bekasi Tinjau Lokasi untuk Penanganan Limbah dan Sampah Masa Pandemi

Lebih lanjut, Tri juga meminta kepada pengelola untuk menata para pedagang agar tidak menggunakan lahan yang berada di pinggir kali. “Selain rawan, kan juga ganggu estetika. Jadi harus ditata supaya lebih rapih,” katanya kepada pengelola curug.

Tri berharap dengan adanya perhatian dari pemerintah, Curug Parigi bisa menjadi salah satu objek destinasi para wisatawan lokal dan domestik. Curug Parigi sendiri merupakan air terjun mini yang dihiasi bebatuan alami. Keeksotisannya membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengabadikan momen. Dengan adanya perhatian dari pemerintah, Curug Parigi bisa menjadi salah satu objek destinasi para wisatawan lokal dan domestik.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 6 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang qqharian mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di qqharian yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Slot Terbaik" rel="nofollow">QQHarian</a>

  • Anisa 2 years, 7 months lalu
    anisa

    QQHarian memberikan bonus Welome Casback 100% untuk untuk member baru, kekalahan modal pertama anda akan di ganti utuh guys. info lebih lanjut bisa hub cs dengan buka situsnya <a href="https://qqharian.org/" title="QQHarian" rel="nofollow">CLICK DISINI</a> guys. :)

  • Suki 2 years, 7 months lalu
    suki

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke dupa88 bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya...