Penataan PKL dan Pembelian Cagar Budaya Menuju Revitalisasi Kota Tua

Berita Kawasan

Penataan PKL dan Pembelian Cagar Budaya Menuju Revitalisasi Kota Tua

Kota tua merupakan salah satu tempat yang jadi ikoniknya Kota Jakarta. Pada kawasan ini dipenuhi pengunjung yang datang dan berbagai pedagang kaki lima. Banyak museum bersejarah yang dihadirkan di Kota Tua, namun kawasan ini perlu ditingkatkan lagi agar menjadi kawasan destinasi wisata warga Jakarta yang terbaik.

Berbagai upaya pun dilakukan Pemkot Jakarta Barat yang memiliki program prioritas terkait penataan kawasan Kota Tua. Agar kawasan Kota Tua menjadi destinasi wisata yang nyaman untuk dikunjungi, Pemkot Jakarta Barat akan menggerakkan program penataan PKL. Nantinya, PKL yang ada di kawasan Kota Tua akan ditempatkan ke lokasi binaan (lokbin) Taman Intan yang berada di Jalan Cengkeh, Kota Tua.

[Baca Juga: Pemkot Jakbar Bersiap Tertibkan PKL di Kota Tua]

Dalam mengubah sedikit perwajahan kawasan Kota Tua ini pun akan melibatkan berbagai pihak yang akan saling berkoordinasi dan membantu.

Kawasan Kota Tua akan direvitalisasi dengan membeli lahan beserta bangunan cagar budaya. Melansir laman beritajakarta.id (07/08/2019), Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua Jakarta Barat mengalokasikan anggaran sebesar Rp 111 miliar untuk revitalisasi kawasan wisata bersejarah tersebut.  Pihaknya berencana membeli lahan beserta bangunan cagar budaya di Jalan Cengkeh, seberang Kali Besar, senilai Rp49 miliar. Lahan ini merupakan titik sentral yang menghubungkan Jakarta Barat dan Utara serta di depannya ada jembatan Kota Intan sehingga jika direnovasi akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Norviadi S Husodo mengatakan, anggaran revitalisasi yang sudah dimasukkan dalam APBD DKI 2019 ini dialokasikan untuk membeli bangunan cagar budaya dan pelaksanaan sejumlah event pariwisata.

[Baca Juga: Pengelola Kota Tua Berencana Beli Gedung Cagar Budaya]

Ia menjelaskan, pembelian gedung cagar budaya ini diawasi langsung oleh Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintah, dan Pembangunan Pusat Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Jakarta Barat. "Kami juga berkonsultasi dengan tim KPK dan auditor inspektorat sehingga proses pembelian lahan saat ini tidak menimbulkan masalah hukum di masa mendatang," jelasnya.

Ia optimistis, pembelian aset lahan tersebut akan terealisasi pada triwulan keempat 2019. Selanjutnya, lahan yang telah dibeli akan difungsikan menjadi  ruang publik baik untuk museum, galeri, serta audio visual. "Sisa anggaran dipergunakan untuk operasional kantor, event promosi sosialisasi kepada pemilik cagar budaya dan pengamanan destinasi, " tandasnya.  


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.