Penataan PKL di Kawasan Kota Tua Jadi Program Prioritas Kecamatan Taman Sari

Berita Kawasan

Penataan PKL di Kawasan Kota Tua Jadi Program Prioritas Kecamatan Taman Sari

Perubahan Penataan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan wisata Kota Tua, menjadi program prioritas yang diusung Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Delapan camat di Jakarta Barat mendapat instruksi dari Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi untuk melakukan program perubahan atau terobosan di wilayah.

Kawasan Kota Tua sebagai destinasi wisata warga Jakarta, tentunya jadi tempat yang dipenuhi pengunjung dan berbagai PKL. Agar kawasan Kota Tua menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi, Kecamatan Taman Sari menggerakkan program perubahan penataan PKL.

Penataan PKL di Kawasan Kota Tua Jadi Program Prioritas Kecamatan Taman Sari

Melansir laman barat.jakarta.go.id (23/07/2019). Sekretaris Camat (Sekcam) Tamansari Pangestu Aji Swandhanu, menjelaskan pihaknya telah menyiapkan rencana untuk merealisasikan program perubahan penataan PKL di Kota Tua. Program perubahan ini diinstruksikan Wali Kota Jakarta Barat untuk mewujudkan visi misi Gubernur Anies Baswedan menjadikan Jakarta yang maju kotanya, bahagia warganya.

[Baca Juga: Pemkot Jakbar Bersiap Tertibkan PKL di Kota Tua]

Karena itulah, pihaknya berkoordinasi dengan tiga pilar dan SKPD terkait. "Seluruh pihak terkait, yakni tiga pilar, Sudis KUMKMP, Perhubungan, Pengelola kawasan Kota Tua, pedagang dan tokoh masyarakat ikut terlibat dalam penataan ini.” 

Aji menjelaskan konsep perubahan penataan untuk PKL di kawasan Kota Tua akan ditempatkan ke lokasi binaan (Lokbin) Taman Intan yang berada di Jalan Cengkeh, Kota Tua. Diharapkan, pemindahan tersebut akan membuat kawasan Kota Tua menjadi lebih rapi dan bersih.

[Baca Juga: Disparbud Jakarta akan Restorasi Jembatan Kota Intan]

Untuk menunjang penataan tersebut, angkutan umum, bus wisata, dan bus Transjakarta akan melintasi jalur kota Intan. "Untuk pengaturan lalu lintas, kami koordinasi dengan Sudis Perhubungan. Angkutan umum melintas di depan Lokbin Taman Intan, termasuk bus wisata dan Transjakarta,” ujarnya. 

Selain itu, untuk penerapan pintu masuk dan keluar ke kawasan Kota Tua pihaknya juga berkoordinasi dengan pengelola kawasan Kota Tua serta penyediaan sejumlah mobil pengantar gratis untuk wisatawan berkeliling di kawasan Kota Tua. "Kami optimistis dengan konsep ini, penataan PKL di kawasan wisata Kota Tua bisa diterapkan," tandasnya.  


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.