Penataan PKL di Kawasan Kota Tua Jadi Program Prioritas Kecamatan Taman Sari

Berita Kawasan

Penataan PKL di Kawasan Kota Tua Jadi Program Prioritas Kecamatan Taman Sari

Perubahan Penataan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan wisata Kota Tua, menjadi program prioritas yang diusung Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Delapan camat di Jakarta Barat mendapat instruksi dari Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi untuk melakukan program perubahan atau terobosan di wilayah.

Kawasan Kota Tua sebagai destinasi wisata warga Jakarta, tentunya jadi tempat yang dipenuhi pengunjung dan berbagai PKL. Agar kawasan Kota Tua menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi, Kecamatan Taman Sari menggerakkan program perubahan penataan PKL.

Penataan PKL di Kawasan Kota Tua Jadi Program Prioritas Kecamatan Taman Sari

Melansir laman barat.jakarta.go.id (23/07/2019). Sekretaris Camat (Sekcam) Tamansari Pangestu Aji Swandhanu, menjelaskan pihaknya telah menyiapkan rencana untuk merealisasikan program perubahan penataan PKL di Kota Tua. Program perubahan ini diinstruksikan Wali Kota Jakarta Barat untuk mewujudkan visi misi Gubernur Anies Baswedan menjadikan Jakarta yang maju kotanya, bahagia warganya.

[Baca Juga: Pemkot Jakbar Bersiap Tertibkan PKL di Kota Tua]

Karena itulah, pihaknya berkoordinasi dengan tiga pilar dan SKPD terkait. "Seluruh pihak terkait, yakni tiga pilar, Sudis KUMKMP, Perhubungan, Pengelola kawasan Kota Tua, pedagang dan tokoh masyarakat ikut terlibat dalam penataan ini.” 

Aji menjelaskan konsep perubahan penataan untuk PKL di kawasan Kota Tua akan ditempatkan ke lokasi binaan (Lokbin) Taman Intan yang berada di Jalan Cengkeh, Kota Tua. Diharapkan, pemindahan tersebut akan membuat kawasan Kota Tua menjadi lebih rapi dan bersih.

[Baca Juga: Disparbud Jakarta akan Restorasi Jembatan Kota Intan]

Untuk menunjang penataan tersebut, angkutan umum, bus wisata, dan bus Transjakarta akan melintasi jalur kota Intan. "Untuk pengaturan lalu lintas, kami koordinasi dengan Sudis Perhubungan. Angkutan umum melintas di depan Lokbin Taman Intan, termasuk bus wisata dan Transjakarta,” ujarnya. 

Selain itu, untuk penerapan pintu masuk dan keluar ke kawasan Kota Tua pihaknya juga berkoordinasi dengan pengelola kawasan Kota Tua serta penyediaan sejumlah mobil pengantar gratis untuk wisatawan berkeliling di kawasan Kota Tua. "Kami optimistis dengan konsep ini, penataan PKL di kawasan wisata Kota Tua bisa diterapkan," tandasnya.  


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.