Mocopat 2.jpg

Berita Kawasan

Pendaftaran Mocopat Idol untuk Hari Antikorupsi Sedunia Masih Dibuka

Kota Batu sedang gencar-gencarnya mengadakan kegiatan yang memberikan manfaat, bukan hanya secara sosial, tetapi juga secara ideologis. Untuk memperingati Hari Antikorupsi Sedunia, Pemerintah Kota Batu mengadakan kegiatan Mocopat Idol. Sebagai sebuah kebanggaan masyarakat berkebudayaan Jawa, seorang idola yang membawa tradisi ke-Jawa-an pun diharapkan muncul dari event ini. Sebagai sebuah saduran dari Indonesia Idol yang ditayangkan oleh stasiun televisi nasional, Mocopat idol akan berfokus pada televisi-televisi lokal pada 9 sampai 10 Desember 2021. Kegiatan ini diharapkan dapat memantik nilai-nilai budaya yang khas dari tradisi menyanyikan mocopat.

Kegiatan ini memiliki subtema dengan mengusung konsep Mijil dan Dandang Gulu. Dalam artian konseptual, mijil berarti menjadi unggul, yang disandingkan dengan dandang gulo yang berarti manis atau secara luas memberikan manfaat kepada banyak orang. Gula Jawa sebagai produk dari dandang gulo merupakan produk yang mengilustrasikan mocopat secara konkret. Kebudayaan Jawa yang mengedepankan nilai-nilai luhur memberikan rasa manis pada kehidupan. Secara filosofis hal itu sangat cocok untuk menjadi sebuah acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia.

Mocopat 1.jpg

Berlokasi di Aula Kejaksaan Negeri Kota Batu, pada tanggal 9 Desember akan dilangsungkan seleksi besar-besaran untuk para pecinta mocopat. Siapa saja dapat mendaftar, baik dari kalangan seniman, penyanyi individu, ataupun masyarakat luas yang sedang senggang. Acara yang memang dilangsungkan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun ini akan memperebutkan hadiah jutaan rupiah, sekaligus sebuah trophy kenang-kenangan dari Wali Kota Batu.

“Orang bilang, masyarakat Giripurno itu kalau gak pinter nari ya pinter nyanyi, ya jelas kami bakal rombongan ikut lomba itu Mas,” terang Ita, salah seorang pedagang sayur dan pegiat seni lokal dari Desa Giripurno, Kota Batu.

Adanya Mocopat Idol ini membangkitkan semangat tardisi yang ada di desa-desa dan tentu pusat-pusat kebudayaan di Kota Batu. Pegerakan seniman vokal dan tari berada di wilayah Giripurno dan para perupa pecinta mocopat dari wilayah Pandanrejo dan Punten juga tak akan melewaatkan acara ini begitu saja.

“Tradisi harus bergerak dalam nuansa yang modern, sebuah usaha yang keren dari Pemerintah Kota Batu,” ungkap Yayan, seorang guru Seni dan Budaya dari salah satu sekolah dasar di Kota Batu yang juga berminat mengikuti kegiatan ini.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.