Pendem 1.jpg

Berita Kawasan

Pendem Jadi Percontohan Kampung Tangguh Bersinar Bebas Narkoba

Desa yang terletak sebagai pintu keluar Kota Batu dan Pintu Masuk Kabupaten Malang ini telah mewujud sebagai kampung percontohan. Kasus narkoba yang samar-samar terlihat di Kota Batu tidak kemudian membuat pemerintah lepas pengawasan. Dengan hal itu, pemerintah pun mengupayakan berbagai macam gerakan demi memangkas kasus narkona di Kota Batu. Selain itu, pendidikan tentang bahayanya narkoba juga digalakkan oleh satuan Badan Nakotika Nasional (BNN) Kota Batu. Sebagai desa yang mempertemukan dua wilayah Malang Raya, Pendem dipilih sebagai Kampung Tangguh Bersinar Bebas Narkoba.

Wujud Kampung Tangguh Bersinar Bebas Narkoba ini juga merupakan serangkaian sosialisasi yang dilakukan BNN setelah melakukan pendidikan bebas narkoba di sekolah-sekolah di Kota Batu. Gerakan ini adalah program yang digalakkan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dibantu Polres dan BNN sebagai eksekutor lapangan. Pendem menjadi pionir Kampung Tangguh Bersinar Bebas Narkoba setelah secara serempak setiap elemen masyarakat menerapkan pendidikan narkotika di daerahnya. Gerakan ini kemudian ditunjukkan sebagai laporan kegiatan desa kepada Wakil Wali Kota Batu. Setelah ditinjau prosesnya di lapangan, Pendem dinilai mampu menjadi contoh untuk daerah lain di Kota Batu utamanya, dan Malang Raya umumnya.

Pendem 2.jpg

Wajah desa pendem saat ini dipenuhi oleh ornamen yang menunjukkan gerakan bersama setiap kalangan masyarakat untuk memberantas narkoba. Kekhawatiran alan nasib generasi penerus gara-gara maraknya berita tentang narkoba menjadi awal dari gerakan Desa Pendem. Poster-poster tentang bahaya narkoba di tempel di beberapa spit yang sering dikunjungin masayarakat umum, seperti poskamling, balai desa, posyandu, dan gazebo-gazebo tempat nongkrong warga.

Selain tempat-tempat tersebut, stiker-stiker anti narkoba juga secara sukarela dibagikan kepada warga yang mau menempelkan di rumahnya. Alhasil, semua kepala keluarga pun meminta stiker tersebut kepada perangkat desa. Pendidikan anti narkoba ini juga merambah ke Taman Pengajaran Al-Qur'an di Desa Pendem, yang mana setiap ustad pengajar selalu mewanti-wanti pentingnya prestasi dan hati-hati terhadap pengaruh buruk berita di televisi, utamanya tentang narkoba.

"Semoga desaku juga bisa ikut gerakan serempak anti narkoba seperti di Punten," terang Fery, warga Desa Junrejo, tetangga Desa Pendem.

Sepertihalnya harapan Fery, pemerintah pun menjalankan program yang nantinya akan memunculkan banyak Kampung Tangguh Bersinar Bebas Narkoba. Tentu saja, terwujudnya program tersebut perlu perhatian setiap organ sosial, yakni warga, pemerintah desa, dan pemerintah kota.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.