Cek Jantung Mudah Lakukan di Rumah

Kesehatan

Penderita Sakit Jantung & Hipertensi Perhatikan Ini Saat Berbuka Puasa

Bila berbicara mengenai puasa, baik di tengah kondisi #DiRumahAja atau bulan Ramadan yang normal seperti tahun-tahun sebelumnya, mayoritas masyarakat Indonesia acap kali berbuka dengan makanan yang bisa dikatakan kurang sehat. Dari mulai konsumsi apa saja yang ada di meja makan, seperti gorengan secara berlebihan atau meminum minuman yang memiliki konsumsi pemanis buatan. Di mana hal-hal ini sebenarnya tidak baik bila terlalu sering dilakukan, apalagi bagi penderita penyakit jantung serta hipertensi.

Ini Cara Ibadah Puasa Aman untuk Penderita Jantung dan Hipertensi

Sebenarnya menurut Dr. David Dwi Ariwibowo, Sp.JP dalam webinar yang digelar Klinik LightHOUSE Indonesia pada 12 Mei 2020, pola hidup sehat seharusnya sudah direkomendasikan dokter apalagi untuk para penderita penyakit jantung dan hipertensi. Pola ini menurutnya harus tetap diterapkan ketika Anda menjalani ibadah puasa Ramadan.

[Baca Juga: Ini Cara Ibadah Puasa Aman untuk Penderita Jantung dan Hipertensi]

“Kita menghindari makanan yang tidak sehat, contohnya tadi mungkin gorengan (yang) penuh dengan tinggi lemak apalagi kalau lemaknya lemak jenuh itu harus kita hindari. Tidak puasa pun tetap harus kita hindari dan juga makanan-makanan yang mengandung garam. Jadi pada hipertensi memang garam itu salah satu zat yang harus kita ukur, kita batasi penggunaannya,” ucap dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Rumah Sakit Royal Taruma tersebut pada sesi tanya jawab kulzoom bertajuk Sehat Saat Puasa di Masa Pandemi Bagi Penderia Jantung & Hipertensi (12/5/2020).

David melanjutkan, konsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi juga sangat tidak baik untuk pasien yang memiliki sejarah menderita gagal jantung kronis. “Kalau terlalu banyak garam akan menimbulkan pembengkakan lagi misalnya di kaki atau mungkin gejala sesaknya berulang kembali, jadi memang harus dikontrol atau harus dihindari untuk garam ini,” ucapnya.

Makanan Pengusir Penyakit Jantung

Perihal menghindari konsumsi makanan dengan garam tinggi untuk penderita gagal jantung sebenarnya memang wajib dilakukan. Mengingat kandungan sodium dalam garam memiliki peran penting dalam menjaga volume darah di tubuh. Jika terlalu banyak kandungan sodium dalam darah maka tubuh akan menahan lebih banyakan cairan dan ini bisa memicu volume serta tekanan darah naik. Kondisi ini dapat memicu tekanan tambahan terhadap jantung Anda sehingga bagi penderita gagal jantung, diet rendah garam sangat perlu diperhatikan dengan baik.

Bila pola asupannya itu dijaga maka bagi penderita penyakit jantung serta hipertensi, puasa memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. David menyebut, dengan mengikuti puasa Ramadhan maka terdapat terjadi perubahan yang baik terhadap total kolesterol, LDL, dan HDL. Bahkan perihal tekanan darah untuk penderita hipertensi, bila menjalani puasa Ramadhan dengan pola yang baik maka tekanan darah sistolik dan diastolik akan menurun.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.