Sempol 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Pendidikan Bola Usia Dini di Lapangan Sempol Singhasari

Lapangan sebagai pusat berkumpul menyisakan sebuah cerita yang dirindukan apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Batasan interaksi yang membuat masyarakat tidak bisa saling bertegur sapa dan beraktivitas bebas seperti biasanya pun berefek pada sebuah potret pendidikan sepak bola usia dini di berbagai lapangan. Terlebih, Lapangan Sempol sebagai objek liputan PingPoint sarat akan refleksi kebudayaan masa lampau yang menggunakan lapangan sebagai tempat mengasah bakat. Lapangan Sempol sendiri berada di antara wilayah kekuasaan kerajaan Singhasari yang mana menjadi arena pelatihan olahraga sudah sejak zaman kerajaan.

Pada masa lalu, Lapangan Sempol merupakan tempat latihan bela diri baik untuk persilatan, berkuda, dan memanah. Tidak heran, apabila di masa ini pun lapangan tersebut masih dipakai sebagai tempat mengasah kemampuan olahraga anak-anak setempat. PingPoint kali ini menyoroti pelatihan sepakbola bergilir dan berjadwal yang dilakukan oleh Sekolah Sepak Bola Informal yang dimiliki oleh masyarakat setempat.

Berbagai warna baju klub sepak bola anak-anak pernah menghias lapangan ini sehingga tampak begitu ramai. Orang-orang tua mengantar anak mereka yang sudah berkostum sepak bola, lengkap dengan repertoar sepatu sepak bola profesional. Pada lapangan ini pula didapati beberapa pemain sepak bola Arema FC pernah bermain ketika masih kanak-kanak dulu. Asal muasal pemain Arema FC dari Lapangan Sempol ini didapati ketika ada kompetisi sepak bola junior yang biasa diadakan ketika bulan Agustus.

Sempol 2.jpg

Oleh sebab pandemi, kompetisi sepak bola junior itu pun kini tidak dapat diadakan dan sudah dua periode berlangsung. Namun demikian, kegiatan Sekolah Sepak Bola Informal yang diadakan masyarakat setempat masih dilangsungkan dengan siswa yang terbatas dan terjadwal lebih ketat daripada biasanya.

“Dengan kondisi rumput lapangan yang menyesuaikan musim. Kalau musim hujan rumputnya hijau, kalau musim kemarau tanahnya pun keras. Bagi saya ini justru tempat yang cocok untuk mengasah kemampuan lari dan sepak bola,” terang Taufik.

“Lokasinya yang berdada di sebelah jalan poros Malang-Surabaya membuatnya seringkali menjadi tempat istirahat beberapa pengemudi, terutama ketika lagi ada kompetisi sepak bola,” terang Setiawan.


Read More

Lapangan Sempol

Lapangan Sepak Bola

+6285258866439
None

Artikel Lainnya

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.