Pendidikan Karakter Perlu Tekankan Nilai-Nilai Pancasila

Pendidikan

Pendidikan Karakter Perlu Tekankan Nilai-Nilai Pancasila

Penguatan pendidikan karakter perlu menekankan pentingnya aspek penanaman nilai-nilai Pancasila. Semua pendidikan mempunyai tanggung jawab moral untuk penanaman nilai Pancasila sedini mungkin.

Hal itu seperti disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat membuka kegiatan Peluncuran Program Penanaman Nilai Pancasila Sebagai Wahana Pembangunan Watak Bangsa (Nation and Character Building) di Kantor Kemendikbud, Jakarta Selatan.

Kegiatan tersebut sebagai upaya implementasi terhadap penyempurnaan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Menurut Muhadjir, saat ini kurang terakomodasinya pelajaran Pancasila.

[Baca Juga: Mendalami Sejarah Perjuangan Indonesia Pertahankan Pancasila]

Muhadjir melanjutkan, mata pelajaran PPKN dinilai hanya sebagai mata pelajaran semata, bukan sebagai pembentukan nilai atau karakter Pancasila. Dengan begitu, sikap itu dibentuk melalui penanaman nilai.

Ada tiga bentuk problematika nilai. Pertama adalah kebenaran, hal itu menjadi wilayah logika antara benar atau salah. Kedua adalah baik atau buruk, hal ini dilihat berdasarkan etika atau tingkah laku. “Lalu yang terakhir adalah keindahan, hal ini meliputi aspek estetika,” katanya seperti dikutip dari kemdikbud.go.id (10/7/2019).

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Haryono mengungkapkan, pendidikan Pancasila bukan hanya tanggung jawab guru Pancasila saja, melainkan tanggung jawab semua warga Indonesia.

[Baca Juga: Yuk, Ikuti Kompetisi Karya Film Pelajar dari Kemendikbud]

Pancasila merupakan pendidikan berkualitas untuk semua bangsa Indonesia. Pancasila adalah ideologi masa depan, harapan bangsa. Kerugian terbesar menjadi seorang warga negara adalah bukan hilangnya kekayaan ekonomi, tapi hilangnya karakter manusia nusantara. “Kerugian besar menjadi warga negara adalah bukan hilangnya kekayaan ekonomi, bukan matinya para pahlawan bangsa, tapi hilangnya karakter manusia nusantara yang memiliki mental merdeka,” sambung Haryono.

Nantinya, kegiatan ini diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap penguatan karakter melalui nilai Pancasila dan menyadarkan masyarakat pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.