Penelitian Ungkap Mimpi Dikejar-Kejar Paling Umum Dialami Manusia

Kesehatan

Penelitian Ungkap Mimpi Dikejar-Kejar Paling Umum Dialami Manusia

Semua orang pernah bermimpi ketika tidur, entah itu buruk maupun indah. Ada mimpi yang mungkin Anda ingat sampai saat ini, pun ada mimpi yang baru saja dialami tetapi Anda langsung lupa di pagi harinya.

Lalu, pernahkah Anda bertanya-tanya pada diri sendiri “apakah orang lain memimpikan hal yang sama dengan saya?”

Melansir Psychology Today (09/04/2020), penelitian di Italia yang terbit di International Journal of Dream Researchpada 27 Maret lalu mengungkap mimpi apa saja yang dialami oleh manusia.

Penelitian Ungkap Mimpi Dikejar-Kejar Paling Umum Dialami Manusia

Studi yang dilakukan dilakukan oleh University of Milano-Bicocca dan University of Valle d’Aosta ini melibatkan 1.546 responden. Mereka terdiri dari orang-orang berusia 8 sampai 70 tahun, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Responden diuji dengan Typical Dreams Questionnaire (TDQ), instrumen yang biasa digunakan dalam studi yang fokus pada penelitian mimpi.

Penelitian yang dilakukan Alfio Maggiolini dan timnya itu mengungkap 55,8 persen mimpi yang diteliti ternyata memiliki tema atau konten yang khas. Ada setidaknya 20 mimpi yang umum dialami oleh semua kelompok umur responden.

Mimpi yang paling banyak atau umum dialami, sebanyak 9,26 persen adalah mimpi dikejar-kejar, tetapi tidak sampai terluka secara fisik.

[Baca Juga: Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik?]

Setelah mimpi dikejar-kejar, mimpi terkait sekolah dan kegiatan belajar adalah kedua terbanyak yaitu 7,84 persen.

Kemudian, di posisi ketiga mimpi yang paling banyak dialami adalah mencoba sesuatu berulang kali. Sederet mimpi lainnya seperti terjatuh, diserang secara fisik, mimpi orang yang sudah meninggal dunia hidup kembali, orang yang masih hidup meninggal dunia, mimpi bertemu binatang buas, membunuh seseorang, punya kekuatan super, mimpi sedang berenang, terkunci di dalam ruangan, tidak bisa mengontrol saat menyetir, hingga mimpi menjadi anak-anak kembali.

Peneliti menjelaskan, semua mimpi tersebut punya peluang lebih dari satu persen dialami oleh manusia.

Inilah 4 Bahaya Jika Tidur Dekat Ponsel

Selain mimpi yang paling umum dialami, peneliti juga menemukan mimpi-mimpi yang paling jarang dialami oleh manusia, yaitu mimpi tidak berpakaian, punya pengetahuan dan kekuatan mental yang unggul, melihat malaikat, bertemu orang gila, melihat diri sendiri dalam cermin, melihat seseorang melakukan aborsi, menemukan ruangan baru di dalam rumah, menjadi binatang, dan melihat tuhan dalam bentuk lain.

Jika dianalisis berdasarkan jenis kelamin, peneliti menemukan laki-laki lebih sering bermimpi tentang penyerangan fisik, membunuh seseorang, punya kekuatan ajaib, kehilangan kendali saat berkendara, dan merasakan kehadiran seseorang. Sementara, tidak ada mimpi yang paling sering dialami wanita dibandingkan laki-laki.

[Baca Juga: Pusing Setelah Bangun Tidur? Ini Tips Meredakannya]

Lebih lanjut, peneliti mengungkapkan adanya perbedaan mimpi yang terjadi di antara orang dengan usia muda dan tua. Semakin tua seseorang, semakin berkurang Ia mengalami mimpi diserang secara fisik dan mimpi tentang kegiatan belajar. Mereka cenderung bermimpi tentang melakukan sesuatu secara berulang.

Anak-anak sering bermimpi tentang orang yang masih hidup meninggal dunia, dan sebaliknya, orang dewasa sering bermimpi tentang orang yang sudah meninggal dunia hidup kembali.

Secara garis besar, disimpulkan bahwa mimpi seseorang berhubungan dengan tugas atau perannya dalam kehidupan. Seperti anak-anak atau remaja yang sering bermimpi tentang sekolah dan kegiatan belajarnya. Namun, sebagian besar mimpi cukup umum dialami oleh manusia dalam hidupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 8 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di bola165 ,org

  • Hanna56 2 years, 8 months lalu
    hanna56

    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com