Penerapan New Normal di Semarang Berpotensi Ditunda

Berita Kawasan

Penerapan New Normal di Semarang Berpotensi Ditunda

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di wilayahnya bisa saja diperpanjang dan penerapan normal baru atau new normal ditunda. Sebelumnya pria yang akrab disapa Hendi ini menerangkan rencana pemberlakuan new normal atau normal baru pada 8 Juni 2020 setelah berakhirnya masa PKM tahap dua pada 7 Juni 2020.

“Kita belum tahu nanti pada saat PKM tahap 2 berakhir R0 nya bisa di bawah 1 atau tidak. Kalau di bawah 1 ya new normal kita jalankan, tapi kalau tidak ya mohon maaf, PKM kita perpanjang atau bahkan PSBB,” ujar pria yang akrab disapa Hendi ini, mengutip ayosemarang.com (29/5/2020).

Mengutip tempo.co (29/5/2020), Hendi mengatakan alasan PKM kemungkinan akan diperpanjang adalah lonjakan kasus baru positif COVID-19 di Kota Semarang dalam sepuluh hari terakhir. Sejak menjelang Lebaran hingga 28 Mei 2020, terdapat tambahan 41 kasus positif baru COVID-19.

Penerapan New Normal di Semarang Berpotensi Ditunda

Sebab itu, kata Hendi, dibutuhkan kesiapan Kota Semarang terlebih dulu sebelum menerapkan normal baru. Hendir pun terus mengimbau masyarakat untuk selalu tertib dan menjalankan SOP kesehatan.

“Saya rasa sulit kalau yang berupaya menuju new normal hanya pemerintah dan sebagian masyarakat saja. Perlu upaya bersama, perlu pengorbanan bersama, perlu saling mengingatkan, perlu saling mengimbau,” lanjutnya.

Merujuk laman siagacorona.semarangkota.go.id, hingga Jumat, 29 Mei 2020, masih terdapat 90 orang yang dinyatakan positif COVID-19 di Kota Semarang. Angka ini menunjukkan adanya penambahan 3 kasus dari hari sebelumnya. Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga bertambah 8 orang dari hari sebelumnya, yakni 197 menjadi 205 orang.

[Baca Juga: Menuju New Normal, Pemkot Semarang Tingkatkan Tes Massal]

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga menuturkan kebijakan new normal belum siap diterapkan di Jawa Tengah. Menurutnya, Jawa Tengah memerlukan latihan sebelum benar-benar menerapkan hal tersebut.

“Belum [menerapkan new normal]. Kita lagi latihan. New normal itu bukan bendera finish yang dikibarkan, terus ini disebut new normal. Maka harus diawali dulu dengan latihan-latihan,” kata Ganjar pada Kamis (28/5/2020), mengutip okezone.com (29/5/2020).

[Baca Juga: Wali Kota Semarang Sebut Menerapkan New Normal Tugas Berat]

Saat ini, Ganjar dan jajarannya tengah melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan yang harus dijalani kala new normal. Ia pun memastikan sejumlah kantor pemerintahan, layanan publik, perbankan, pasar, industri tempat ibadah, hingga sekolah dilengkapi dengan sarana pendukung seperti tempat cuci tangan dan alat pengukur suhu tubuh.

Ganjar juga akan memastikan protokol kesehatan di tempat publik yang dikeluarkan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto siap dilaksanakan. “Sekarang sedang kami coba siapkan mereka mengatur itu agar masyarakat siap. Kemarin setelah ada keputusan Menteri Kesehatan sebagai pedoman, kami perintahkan semua untuk mengatur,” ucapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.