Sebelum Syuting Film Baru, Ladya Cheryl Selesaikan Film Pendeknya

Berita Kawasan

Pengalaman Ladya Cheryl Mencari Tikus Terlindas

Tikus yang hidup saja dijauhi orang, apalagi bangkainya. Namun aktris sekaligus filmmaker Ladya Cheryl malah mencari-carinya. Dia pernah mencari-cari bangkai binatang yang spesifik: tikus terlindas. Buat apa sih?

Ternyata tikus terlindas itu dibutuhkan Ladya Cheryl untuk menjadi talent dalam film pendek pertamanya Vulgar pada tahun 2013. Dalam acara Question and Ask mengenai film-film pendeknya yang diputar di Kinosaurus, Kemang (22/2/2022), pemeran Alya dalam film Ada Apa Dengan Cinta (2002) itu menceritakan perjuangannya mencari bangkai tikus.

[Baca Juga: Cerita Sore Hari Ladya Cheryl Tentang Film Pendek dan Film Barunya]

“Kalau untuk Vulgar, risetnya itu mencari tikus yang udah ketabrak tapi belum bener-bener hancur. Nunggunya emang lama. Lokasi harus pas dan bisa ditongkrongin” ujar Ladya.

Lulusan Film Production Certificate, The New York School itu memaparkan jika pada akhirnya tikus ditemukan di Kawasan Kebayoran Baru, tepatnya Jalan Radio Dalam, Jakarta Selatan pada tahun 2013. Ia butuh waktu selama dua hari untuk menunggu tikus tersebut terlindas hingga menjadi gepeng. Sang sineas meletakkan kamera di dekat tikus itu untuk merekam prosesnya terlindas.

Pengalaman Ladya Cheryl Mencari Tikus Terlindas

Pada hari kedua, Ladya bertemu salah seorang petugas kebersihan. Lawan main Nicholas Saputra dalam Postcard The Zoo itu khawatir jika tikus akan diangkut dan dibuang.

“Terus saya tanya [kepada petugas kebersihan], Bapaknya gak bakal bersihin karena terlalu bau untuk dipegang. Jadi Bapaknya tunggu sampai kering. Kalau kering baru diangkat”, jelas Ladya menunjukkan kelegaannya kala itu.

Vulgar merupakan film yang terinspirasi dari keseharian Ladya. Ia mengungkapkan bahwa saat berjalan kaki maupun menaiki kendaraan umum, dirinya kerap kali melihat tikus yang gepeng akibat terlindas kendaraan. Hingga pada tahun 2012, karena sering melihatnya, muncul ketertarikan Ladya membuat film tentang tikus.

[Baca Juga: Sebelum Syuting Film Baru, Ladya Cheryl Selesaikan Film Pendeknya]

Berhasil ditayangkan di Jogja-NETPAC Asia Film Festival (JAFF) pada tahun 2013, Vulgar adalah film eksperimental yang tak menampilkan orang di dalamnya. Talent hanyalah tikus yang terlindas beberapa kali oleh beberapa mobil dan truk di jalan raya. Tak hanya JAFF, Vulgar pun berhasil tayang di Festival Film Makan dan Joyland Fest.

Setelah menggarap Vulgar, Ladya juga menggarap beberapa film pendek di antaranya Run to Your Mama, Rial The Real, Drunk Alien, dan yang terbaru I Had a Dream.

Kini, Ladya tengah sibuk riset untuk memerankan Iteung dalam film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas yang dijadwalkan tayang 2021 mendatang. Pada film itu Ladya kolaborasi lagi dengan Sutradara Edwin. Keduanya bertemu saat produksi film Postcard from The Zoo pada 2012


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.