Sebelum Syuting Film Baru, Ladya Cheryl Selesaikan Film Pendeknya

Berita Kawasan

Pengalaman Ladya Cheryl Mencari Tikus Terlindas

Tikus yang hidup saja dijauhi orang, apalagi bangkainya. Namun aktris sekaligus filmmaker Ladya Cheryl malah mencari-carinya. Dia pernah mencari-cari bangkai binatang yang spesifik: tikus terlindas. Buat apa sih?

Ternyata tikus terlindas itu dibutuhkan Ladya Cheryl untuk menjadi talent dalam film pendek pertamanya Vulgar pada tahun 2013. Dalam acara Question and Ask mengenai film-film pendeknya yang diputar di Kinosaurus, Kemang (22/2/2022), pemeran Alya dalam film Ada Apa Dengan Cinta (2002) itu menceritakan perjuangannya mencari bangkai tikus.

[Baca Juga: Cerita Sore Hari Ladya Cheryl Tentang Film Pendek dan Film Barunya]

“Kalau untuk Vulgar, risetnya itu mencari tikus yang udah ketabrak tapi belum bener-bener hancur. Nunggunya emang lama. Lokasi harus pas dan bisa ditongkrongin” ujar Ladya.

Lulusan Film Production Certificate, The New York School itu memaparkan jika pada akhirnya tikus ditemukan di Kawasan Kebayoran Baru, tepatnya Jalan Radio Dalam, Jakarta Selatan pada tahun 2013. Ia butuh waktu selama dua hari untuk menunggu tikus tersebut terlindas hingga menjadi gepeng. Sang sineas meletakkan kamera di dekat tikus itu untuk merekam prosesnya terlindas.

Pengalaman Ladya Cheryl Mencari Tikus Terlindas

Pada hari kedua, Ladya bertemu salah seorang petugas kebersihan. Lawan main Nicholas Saputra dalam Postcard The Zoo itu khawatir jika tikus akan diangkut dan dibuang.

“Terus saya tanya [kepada petugas kebersihan], Bapaknya gak bakal bersihin karena terlalu bau untuk dipegang. Jadi Bapaknya tunggu sampai kering. Kalau kering baru diangkat”, jelas Ladya menunjukkan kelegaannya kala itu.

Vulgar merupakan film yang terinspirasi dari keseharian Ladya. Ia mengungkapkan bahwa saat berjalan kaki maupun menaiki kendaraan umum, dirinya kerap kali melihat tikus yang gepeng akibat terlindas kendaraan. Hingga pada tahun 2012, karena sering melihatnya, muncul ketertarikan Ladya membuat film tentang tikus.

[Baca Juga: Sebelum Syuting Film Baru, Ladya Cheryl Selesaikan Film Pendeknya]

Berhasil ditayangkan di Jogja-NETPAC Asia Film Festival (JAFF) pada tahun 2013, Vulgar adalah film eksperimental yang tak menampilkan orang di dalamnya. Talent hanyalah tikus yang terlindas beberapa kali oleh beberapa mobil dan truk di jalan raya. Tak hanya JAFF, Vulgar pun berhasil tayang di Festival Film Makan dan Joyland Fest.

Setelah menggarap Vulgar, Ladya juga menggarap beberapa film pendek di antaranya Run to Your Mama, Rial The Real, Drunk Alien, dan yang terbaru I Had a Dream.

Kini, Ladya tengah sibuk riset untuk memerankan Iteung dalam film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas yang dijadwalkan tayang 2021 mendatang. Pada film itu Ladya kolaborasi lagi dengan Sutradara Edwin. Keduanya bertemu saat produksi film Postcard from The Zoo pada 2012


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.