MENTENG_KAWASAN_PELAMAN-MENIKAH-DI-TAMAN-MENTENG_OCI_1100-X-600-px_REVISI.jpg

Berita Kawasan

Pengalaman Menikah di Taman Menteng

Taman kota merupakan salah satu alternatif lokasi resepsi pernikahan bagi Anda yang berniat menggelar pernikahan bertema outdoor. Suasana dari pepohonan dan pemandangan sekitar akan membawa nuansa pesta semakin indah dan unik. Pengunjung pun akan lebih semangat berfoto dan mengunggahnya di media sosial masing-masing. Pengalaman tersebut dirasakan seorang lelaki bernama Wisnu yang sembilan tahun lalu menikah di Taman Menteng. Dia pun menceritakan pengalamannya ke PingPoint.co.id, baru-baru ini.

[Baca Juga : Menikmati Suasana Asri di Taman Wiladatika Cibubur]

Di Jakarta, pemerintah telah memperbanyak jumlah taman kota baru yang diberi nama Ruang Publik Terpadu Ramah Anak(RPTRA). Selain sebagai area terbuka hijau dan arena bermain anak, pemerintah setempat telah mengizinkan penggunaan taman sebagai tempat untuk acara yang membutuhkan area luas seperti resepsi pernikahan.

Jadi, bagi warga Jakarta yang ingin menggelar resepsi di taman di wilayah tempat tinggalnya, cukup datang ke kantor kelurahan setempat dengan dengan membawa bukti KTP dan NPWP. Bagi yang bukan warga Jakarta juga bisa.

Wisnu sendiri ber-KTP Tangerang. Dia menyewa Taman Menteng untuk resepsi pernikahannya karena lokasinya tidak terlalu jauh dari Gereja Katedral Jakarta, tempat pemberkatan sakramen pernikahan.

Proses yang dijalani Wisnu sedikit lebih rumit, tapi tetap dijalani demi mewujudkan impian tunangannya yang ingin menikah di ruang terbuka hijau. Pertama, dia mengontak langsung Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta yang dulu namanya masih Dinas Pertamanan dan Pemakaman.

Kemudian dia diarahkan ke salah satu petugas untuk mendaftarkan penyewaan taman dan mengurus persyaratan administrasi serta prosedur pembayarannya. Dengan mendatangi kantor dinas di Jalan AIPDA KS. Tubun No. 1, Slipi, Petamburan, Jakarta Pusat, dan mendapatkan informasi jika seluruh wilayah taman di Jakarta bisa disewakan. Info lebih lanjut tentang prosedur penyewaan taman kota untuk acara pernikahan atau apapun bisa dilihat di situs pertamananpemakaman.jakarta.go.id.

Setelah mengurus administrasi di dinas, seperti prosedur kegiatan di ruang publik lain, Wisnu mengurus surat izin keramaian di RT-RW dan kepolisian. Total biaya untuk penyewaan, perizinan, dan biaya keamanan serta kebersihan sekitar Rp3,5 juta pada tahun 2009. Sangat terjangkau bila dibandingkan sewa gedung untuk resepsi pernikahan yang bisa mencapai belasan juta.

Plus Minus Menggunakan Taman

Sama seperti wedding venue lainnya, menikah di taman kota tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Taman kota adalah pilihan sempurna untuk Anda yang berencana menggelar resepsi bertema alam. Dengan menyewa taman, kamu mendapatkan properti alami seperti pepohonan, tanaman berbunga, bahkan kolam teratai.

Nilai plus lain, Taman Kota dikelola oleh pemerintah sebagai ruang terbuka hijau sekaligus alternatif hiburan warga. Sehingga perawatannya pun dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah. Namun bukan berarti kamu dapat memanfaatkan area ini secara cuma-cuma. Sebab, umumnya pihak pengelola tetap mematok biaya keamanan dan kebersihan.

Lokasi taman kota berada yang strategis agar mudah dijangkau warga sekitar atau para undangan juga jadi kelebihan bila ingin menikah di taman kota. Tamu pun tidak akan kesulitan mencari lokasi taman. Pasalnya taman-taman di Jakarta sudah terkoneksi dengan Google Maps.

Namun ada pula kekurangannya. Taman kota merupakan area publik, maka tidak menutup kemungkinan hadirnya pengunjung lain saat hari pernikahan. Jangan khawatir, ini bisa disiasati dengan mengatur dresscode untuk para tamu yang datang. Kalau di Taman Menteng, Wisnu menyiasati dengan membuat pembatas sederhana dari kain seukuran spanduk yang mengelilingi beberapa lokasi, terutama untuk area makan.

Kekurangan lainnya tentu masalah birokrasi. Perizinan menjadi salah satu momok yang dikhawatirkan calon pengantin ketika memilih taman kota. Terlebih bila berurusan dengan birokrasi pemerintahan. Namun, jika belum mencoba jangan menyerah dulu.

[Baca Juga : Taman Buah Cikaret, Destinasi Wisata di Bogor Jawa Barat]

Selain itu, taman kota tidak menyediakan properti pernikahan seperti kursi, meja, dan fasilitas lain seperti toilet dan aliran listrik yang mencukupi. Maka, Anda perlu menyediakan sendiri properti yang dibutuhkan. Tentu saja, ini akan menambah dafar biaya pernikahan, tapi jika dihitung-hitung tidak akan berbeda jauh dengan biaya dekorasi dan sound system di gedung.

Wisnu beruntung karena Taman Menteng dengan luas sekitar 2 hektare memiliki rumah kaca yang menghadap tenggara taman tersebut. Rumah kaca yang berbentuk menyerupai piramid ini bisa menjadi lokasi foto yang cantik sekaligus lokasi area makan yang terlindung dari cuaca panas ataupun hujan. Taman yang ini terletak di Jalan Hos Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat ini pun bisa menjadi lokasi resepsi pernikahan yang menarik.

Read More

Artikel Lainnya

Slank Akan Rayakan Ulang Tahun ke-36 di Padang Savana

Berita Kawasan

Slank Akan Rayakan Ulang Tahun ke-36 di Padang Savana

15 November 2019, 21:00

Padang Savana Puru Kambera yang nantinya akan digunakan sebagai venue akan disulap layaknya festival woodstock.

Ramai Restoran AYCE, Ini yang Buat Hanamasa Eksis Sejak 1987

Kuliner

Ramai Restoran AYCE, Ini yang Buat Hanamasa Eksis Sejak 1987

15 November 2019, 20:00

Hanamasa merupakan salah satu restoran All You Can Eat yang pertama hadir di Indonesia tapi masih bisa bertahan hingga sekarang.

Wisata Budaya Jakarta, Alternatif Liburan Edukatif yang Bermanfaat

Berita Kawasan

Wisata Budaya Jakarta, Alternatif Liburan Edukatif yang Bermanfaat

15 November 2019, 19:00

Wisata di kota metropolitan identik dengan pusat perbelanjaan, restoran mewah, hotel atau teater canggih. Namun, bagaimana dengan wisata edukasi bermuatan budaya?

Deteksi Arti Tangisan Bayi Lewat Aplikasi Buatan Dosen IPB

Pendidikan

Deteksi Arti Tangisan Bayi Lewat Aplikasi Buatan Dosen IPB

15 November 2019, 18:00

Tangisan bayi memiliki arti yang berbeda-beda sesuai bunyinya, agar dapat memahaminya dengan baik dengan aplikasi ini.


Comments


Please Login to leave a comment.