Vaksinasi COVID-19 Dimulai di Tengah Lonjakan Kasus di Medan

Kesehatan

Pengamat: Pemko Medan Dinilai Sukses Tekan Kasus COVID-19

Kerja keras yang dilakukan Pemko Medan dalam menekan angka penyebaran COVID-19 di Kota Medan hingga kini ternyata tidak sia-sia.

Ditambah lagi dengan kolaborasi kuat yang dilakukan selama ini dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Perlahan, kasus penyebaran COVID-19 terus mengalami penurunan sangat drastis.

Pengamat kesehatan dari Universitas Sumatera Utara (USU) Dr dr Delyuzar M Ked (PA) Sp PA (K), menyebutkan program Bobby Nasution serta membangun kolaborasi untuk mengatasi kasus COVID di Medan sudah sangat baik.

Ia berharap keberhasilan itu harus terus dipertahankan, terutama pada libur Nataru dan prokes harus ketat dilakukan.

“Kita mendukung upaya yang telah dilakukan Pak Wali Kota selama ini. Meskipun penyebaran kasus COVID-19 di Kota Medan sudah melandai, namun tetap melaksanakan vaksinasi dan pengetatan porkes tidak boleh kendor. Sebab, penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ditentukan tidak hanya berdasarkan menurunnya kasus, tetapi juga capaian vaksinasi yang telah dilakukan. Jadi vaksinasi harus terus gencar dilakukan dan perilaku kita harus taat dengan prokes yang telah ditetapkan,” ungkap Delyuzar.

COVID-di-medan-helvetia.jpg

Kemudian, Delyuzar menambahkan, melandainya kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Medan merupakan hasil dari kerja keras dan harus diapresiasi. Di samping itu ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak boleh lalai atau merasa euforia sedikit pun.

“Takutnya kasusnya malah akan melonjak lagi di libur Nataru ini. Saya sebenarnya orang yang sangat khawatir dengan libur Nataru. Makanya, Surat Edaran Pemerintah untuk ASN dan lain-lain agar tidak mudik ataupun bepergian keluar kota itu hal yang penting juga untuk diawasi,” harapnya.

Untuk diketahui, sejak beberapa pekan belakangan ini, kasus terkonfirmasi positif virus mematikan tersebut sudah melandai sehingga ibukota Provinsi Sumatera Utara menjadi lebih kondusif.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan yang diperoleh, (16/12/2021), diketahui sejak 7 – 15 Desember, angka kasus penyebaran COVID-19 hanya satu digit. Pada 7 Desember, hanya 4 kasus. Lalu, 8 Desember tidak terjadi kasus terkonfirmasi alias nihil atau 0 kasus. Kemudian, 9 Desember hanya 1 kasus terkonfirmasi COVID -19.

[Baca Juga: Cegah Lonjakan COVID-19, KCW dan Beranda Kreatif Medan Ditutup]

Sedangkan, 10 – 15 Desember tidak terjadi kasus terkonfirmasi alias nihil atau 0 kasus.

Atas melandainya kasus positif COVID-19 di Kota Medan, Bobby Nasution langsung mengucapkan rasa syukurnya. Apalagi selama lima hari berturut-turut (10-15 Desember), kasus terkonfirmasi positif COVID-19 nihil atau 0 kasus.

“Alhamdulillah, saat ini kasus COVID-19 kita sudah melandai. Dari beberapa minggu ke belakang, penambahan kasus hanya single digit. Mudah-mudahan kita dapat terus menekan penyebarannya sehingga tidak sampai double digit,” kata kata Bobby Nasution baru-baru ini.

Meskipun penyebaran kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Medan sudah melandai, Bobby Nasution tetap menegaskan agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes).


Read More

Artikel Lainnya

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.

Doku Talk Tantangan Ekonomi 2023 Bisa Jadi Peluang di Indonesia.jpg

Bisnis

Doku Talk: Tantangan Ekonomi 2023 Bisa Jadi Peluang di Indonesia

25 November 2022, 14:34

Tak bisa dipungkiri terdapat potensi tantangan ekonomi di tahun 2023 bagi Tanah Air tapi di sisi lain menurut praktisi keuangan di Doku Talk disebut momen ini juga dapat menjadi peluang tersendiri.

Unik, Tarantula Diangkat Jadi Tema Pernikahan Ratu Tarantula Asal Bandun g.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik, Tarantula Diangkat Jadi Tema Pernikahan Ratu Tarantula Asal Bandung

25 November 2022, 11:32

The Ming Cu yang dikenal sebagai ratu tarantula dari Kota Bandung baru-baru ini menggelar pernikahannya dan menariknya, hobi hewan berbisanya itu dijadikan tema dari resepsinya!

Cianjur Berduka, Pakar Unpad Paparkan Pemicu Gemp a.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Pakar Unpad Paparkan Pemicu Gempa

24 November 2022, 17:14

Pakar Unpad mengungkapkan analisanya mengenai sebenarnya apa yang menjadi pemicu guncangan gempa Cianjur.


Comments


Please Login to leave a comment.