umkm-di-danau-toba.jpg

Bisnis

Pengembangan UMKM Danau Toba Tingkatkan Ekonomi Masa Pandemi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI Sandiaga Uno mengatakan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kawasan Danau Toba menjadi potensi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi COVID-19. "Pengembangan UMKM di kawasan Danau Toba jadi potensi peningkatan perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19," katanya, dari siaran pers kepada wartawan di Medan (8/8/2021).

Sandiga mengatakan ada pun dia melihat salah satu potensi yang perlu di kembangkan di kawasan tersebut adalah memanfaatkan bahan-bahan daur ulang untuk dijadikan produk kesenian kriya.

Pihaknya melalui Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) menggelar pelatihan tersebut kepada pelaku UMKM yang bermayoritas kaum milenial millenial di Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit-Siborong-borong, Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut). "Saya dukung adanya pelatihan berbasis daur ulang ini dengan memanfaatkan bahan yang tidak dipakai jadi layak jual,” kata Sandi," ujarnya.

sandiaga-ke-danau-toba.jpg

Sandiaga mengungkapkan bahwa pengembangan potensi UMKM dengan memanfaatkan bahan daur ulang tidak hanya sebatas pelatihan melainkan juga akan mengawal para pelaku UMKM dalam hal pemasaran. "Kita menargetkan bagaiman nantinya produk yang dihasilkan bisa masuk ke pasar ekspor, kita siap mengawal pemasarannya," tegasnya.

Apalagi, menurutnya, saat ini Kemenparekraf telah memiliki program Beli Kreatif Danau Toba yang dirancang untuk mendongkrak daya jual produk dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). "Produk UMKM bisa dipasarkan secara offline maupun online. Apalagi sekarang kita sudah punya strategi pemasaran secara marketplace dan tentunya didorong adanya media sosial. Seperti yang mengalami peningkatan penjualan ulos dan penjualan sambal Andaliman serta produk kriya lainnya," pungkasnya.

Dia juga mengajak, seluruh elemen masyarakat untuk menggarap semua potensi Danau Toba agar menjadi destinasi super prioritas para wisatawan mancanegara maupun domestik serta membangkitkan kembali ekonomi masyarakat. "Garap semua potensi agar Danau Toba menjadi destinasi super prioritas yang berkualitas, membangkitkan ekonomi kita, dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Sandiaga.

Pihaknya sendiri, kata Sandiaga, sangat intens mempromosikan salah satu wisata yang sangat potensial seperti Bobocabi di The Kaldera Toba Nomadic Escape. Menurutnya, kehadiran wisata tersebut membawa angin segar dalam peningkatan pariwisata di Danau Toba.

Dia pun berencana akan mengajak koleganya untuk bermalam di Bobocabin yang memilik daya tarik tersendiri. Letaknya di tepian bukit memungkinkan wisatawan memandang langsung panorama Danau Toba dan pemandangan Desa Sigapiton yang diapit dua bukit. Wisatawan juga bisa memandang langsung bintang di langit pada malam hari karena atap kabin itu sendiri didesain transparan.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.