Penggunaan Polywood Sebagai Pengganti Kayu Solid

Properti dan Solusi

Penggunaan Polywood Sebagai Pengganti Kayu Solid

Polywood merupakan bahan material komposit yang dibuat dari termoplastik. Bahan kayu plastik ini dirancang agar terlihat seperti kayu dan digunakan untuk beragam aplikasi yang sama seperti halnya kayu tradisional. Bahan atau material ini dibuat dari serat plastik yang dipres bersama-sama dengan tingkat panas dan tekanan yang tinggi agar membentuk papan kayu padat, balok, dan bahan lembaran.

Polywood digunakan untuk menggantikan kayu perabot outdoor seperti jendela dan kursi teras. Produk kayu komposit ini bisa ditemukan di tempat-tempat komersial dan hunian. Bahan ini banyak digunakan untuk menciptakan kursi outdoor di kolam renang dan tempat wisata. Selain itu, polywood dapat ditemukan juga pada meja piknik, bangku taman serta tempat bermain.

Penggunaan Polywood Sebagai Pengganti Kayu Solid

Salah satu penggunaan terbanyak untuk polywood adalah pada perabotan di halaman belakang rumah, antara lain meja dan kursi taman. Bahan polywood biasanya dilengkapi dengan pewarnaan serta warna terpisah yang lain untuk memberikan penampilan yang cerah dan menarik. Warna-warna ini menghiasi seluruh permukaan bahan sampai masuk ke dalam bahan dan tahan lama.

[Baca Juga: Anda Suka Gaya Interior Minimalis? Ayo Pilih Furnitur Modular]

Material polywood bisa dicat atau diwarnai sesuai dengan finishing yang diinginkan. Beberapa produk dibuat agar bisa menciptakan tampilan serat kayu, dan ada juga yang memiliki permukaan halus. Anda harus memilih produk polywood dengan lapisan tahan UV agar warnanya tidak memudar dari waktu ke waktu, atau bisa juga dengan menambahkan lapisan pelindung UV sebelum menggunakan produk ini di luar ruangan.

Penggunaan Polywood Sebagai Pengganti Kayu Solid

Keuntungan utama menggunakan produk yang terbuat dari bahan ini adalah karena daya tahannya serta tidak begitu memerlukan perawatan. Polywood mudah dibersihkan, dan secara alami tahan terhadap hujan, air garam, dan faktor lingkungan lainnya. Polywood mampu bertahan selama bertahun-tahun dan tidak terlalu memerlukan perbaikan atau refinishing.

[Baca Juga: Unihome Furniture, Tawarkan Properti Rumah Korean Style]

Tidak seperti kayu solid, polywood tidak akan mengalami penyusutan, lapuk, atau melengkung karena faktor kelembapan. Karena berbahan dasar komposit, maka hama, rayap dan serangga lainnya pun mustahil menyerang polywood.

Jika dibandingkan dengan kayu solid, harga polywood ini mungkin lebih mahal. Kualitasnya pun berragam, tergantung produsennya. Jika berkualitas rendah, maka memiliki finishing plastik yang kurang menarik. Sedangkan desain berkualitas baik maka lebih terlihat seperti kayu asli dan memiliki tekstur serat kayu lebih nyata.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.