Penggunaan Robot Jadi Daya Saing Kuat Dalam Industri 4.0

Bisnis

Penggunaan Robot Jadi Daya Saing Kuat Dalam Industri 4.0

Dalam implementasi industri 4.0, industri otomotif sangat membutuhkan proses produksi yang lebih efektif dan efisien, agar dapat memasarkan produk lebih cepat ke pasar. Potensi industri otomotif Indonesia yang besar dan terus berkembang, mulai dilirik oleh sejumlah pelaku industri robot atau otomasi global.

Penggunaan Robot Jadi Daya Saing Kuat Dalam Industri 4.0

“Daya saing industri otomotif Indonesia semakin kompetitif, karena sudah banyak menggunakan teknologi robot. Namun, memang penerapannya masih dilakukan secara bertahap. Karena terkait dengan penghitungan nilai ekonomi saat digunakan dalam satu tahapan produksi kendaraan,” jelas Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara, dalam diskusi pintar Peningkatan Daya Saing Industri Otomotif Indonesia Menuju Era Otomotif 4.0 yang digelar Forum Wartawan Otomotif Indonesia di Jakarta (15/8/19).

[Baca Juga: Asah Kreativitas Anak dengan Belajar Robotik]

“Jika volume produksi kendaraan mencapai 500 unit per hari, maka harus menggunakan robot untuk menjamin kualitas pekerjaan,” ujar pengamat otomotif dan Komisaris PT Inalum (Persero) Agus Tjahjana dalam kesempatan yang sama.

Penggunaan Robot Jadi Daya Saing Kuat Dalam Industri 4.0

Saat ini memang ada sejumlah pabrikan otomotif yang sudah memanfaatkan teknologi robot dalam perakitan kendaraan di Indonesia dalam hal pengecatan bodi, pemasangan seal kaca, pengelasan komponen bodi, pemasangan bagian mesin, dan sejumlah bagian lainnya.

[Baca Juga: Budiman Sudjatmiko Dorong Generasi Muda Siap Hadapi Industri 4.0]

Salah satu produsen robot global yang sedang mengincar pasar Indonesia adalah Universal Robots. Perusahaan teknologi robot asal Denmark ini mulai menyasar pabrikan kendaraan bermotor roda empat di Indonesia, yang terus berevolusi dalam proses produksinya dengan memanfaatkan teknologi.

Penggunaan Robot Jadi Daya Saing Kuat Dalam Industri 4.0

“Potensi pasar Indonesia menjanjikan, karena rasio penggunaan robot di industri manufaktur Indonesia secara keseluruhan masih rendah. Rasionya, 5 robot per 10 ribu karyawan. Artinya 5 robot dioperasikan oleh 10 ribu karyawan. Sedangkan di negara lain rasionya lebih tinggi, seperti Singapura yang memiliki rasio 658 robot per 10 ribu karyawan. Bahkan rata-rata dunia rasio penggunaan robotnya 85 per 10 ribu karyawan,” ungkap General Manager Universal Robots Sakari Kuikka.

“Teknologi robot memiliki manfaat bagi pabrikan otomotif di Tanah Air, seperti produktivitas bertambah, efisiensi sumber daya, peningkatan efisien proses produksi, meningkatkan daya saing, pemasaran produk lebih cepat, dan meningkatkan profit karena lebih banyak mobil yang masuk ke pasar,” imbuh Agus.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.