Penggunaan Transportasi Umum Saat New Normal Masih Dikaji

Berita Kawasan

Penggunaan Transportasi Umum Saat New Normal Masih Dikaji

Menjelang new normal, sentral perekonomian dan transportasi di Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) bersiap-siap untuk merampungkan protokol kesehatan yang tepat. Walaupun PSSB kembali diperpanjang hingga 14 Juni mendatang. Namun untuk mendapatkan gambaran seputar new normal, diskusi ini dilakukan guna Penegakan Disiplin Mematuhi Protokol Kesehatan (PDMPK) di Ruang Pola Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Penggunaan Transportasi Umum Saat New Normal Masih Dikaji

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jakarta Selatan Isnawa Adji menyebutkan, penerapan ketat terhadap protokol kesehatan penting dilakukan saat new normal agar tak terjadi penyebaran COVID-19.

"Di masa new normal mendatang, kami menekan pihak pengelola mal, protokol kesehatan harus berjalan. Jaga jarak atau physical distancing tetap harus dilaksanakan, menyediakan hand sanitizer, menggunakan masker, kemudian restoran mengutamakan take away," sebut Isnawa.

[Baca Juga: Pelanggaran PSBB Jakarta Selatan Banyak Terjadi di Jalan Ciledug Raya]

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (3/6/2020), ia mengatakan pihaknya masih menunggu arahan dari Gubernur DKI Jakarta terkait new normal di Jakarta Selatan.

"Sekali lagi new normal ini bukan untuk kebebasan, new normal ini justru memberikan ruang gerak mulai beraspeknya berjalannya faktor ekonomi dan menjaga diri dan keluarga jauh lebih penting. Kita bersama-sama menekan menurunnya angka COVID-19," sebut Isnawa.

Penggunaan Transportasi Umum Saat New Normal Masih Dikaji

Sedangkan, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta Shafruhan Sinungan pun mengusulkan adanya pembayaran secara digital untuk kendaraan umum, sehingga warga yang ingin naik bus ataupun transportasi umum lebih aman dan mengurangi penggunaan uang cash dan juga mengurangi kontak fisik secara langsung dengan orang lain ketika melakukan transaksi pembayaran.

"Supaya terkontrol, bisa pakai sistem digital. Kita harus memanfaatkan teknologi. Lebih baik dengan uang digital," kata Shafruhan seperti dikutip dari mediaindonesia.com.

[Baca Juga: Pastikan PSBB, Pemkot Jakarta Selatan Kunjungi Gedung Perkantoran]

Kementerian Perhubungan pun juga masih mengkaji protokol new normal untuk masing-masing moda transportasi, karena karakteristik tiap transportasi massal berbeda.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19 dinilai sudah cukup mengakomodasi kebutuhan. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 telah mengeluarkan Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 5 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.