Upaya Penghijauan, Kantor Sudin Perhubungan Jakarta Utara Ditanam Tabebuya

Berita Kawasan

Penghijauan di Kantor Sudin Perhubungan Jakarta Utara dengan Tabebuya

Isu polusi udara yang buruk di wilayah Jakarta terus membayangi Ibu Kota. Apalagi berdasarkan data dari AirVisual, tingkat polusi udara di Jakarta memicu Ibu Kota selalu berada di peringkat lima besar kota paling berpolusi di dunia. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun terus menggondok rencana yang dapat jadi solusi guna mengurangi polusi udara di Ibu Kota. Selain di tingkat provinsi, di tingkat Kota Jakarta Utara juga turut melakukan hal serupa. Ini bisa dilihat di kantor Suku Dinas (Sudin) Perhubungan Jakarta Utara yang baru-baru ini menanam pohon tabebuya.

Usaha penghijauan ini merupakan hasil kerjasama Sudin Perhubungan Jakarta Utara dengan program corporate social responsibility Mal Artha Gading. Terhitung ada sekitar 10 pohon tabebuya yang ditanam di kawasan taman kantor Sudin Perhubungan Jakarta Utara. Menurut Kepala Sudin Perhubungan Jakarta Utara Benhard Hatajulu, selain untuk penghijauan, penanaman pohon tabebuya ini juga nantinya dimanfaatkan untuk menjadi taman yang terbuka untuk publik.

Upaya Penghijauan, Kantor Sudin Perhubungan Jakarta Utara Ditanam Tabebuya

“Hari ini kita melakukan penanaman pohon tabebuya, ditanam di sekitar kantor kami. Ke depan kita akan rapihkan taman agar menjadi taman lalu lintas sebagai lokasi edukasi masyarakat,” ucap Bernhard, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (7/8/2019).

Namun tujuan utama dari penanaman ini tentu saja untuk membantu mengurangi polusi udara yang membayangi Ibu Kota. Pasalnya, menurut Bernhard mengacu kepada Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Kualitas Udara, terdapat sejumlah langkah yang perlu dilakukan demi memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

[Baca Juga: Dalam Rangka Revitalisasi, Pohon Tabebuya Ditanam di Danau Sunter]

“Jadi tujuh langkah itu antara lain pembatasan kendaraan, pengalihan moda transportasi umum termasuk penghijauan dengan cara penanaman pohon,” ujar Kepala Sudin Perhubungan Jakarta Utara tersebut.

Tidak hanya penanaman pohon tabebuya yang dilakukan Sudin Perhubungan Jakarta Utara guna membantu mengurangi polusi udara, mereka juga mengimbau semua jajarannya agar tidak menggunakan kendaraan pribadi dan memilih moda transportasi umum.

[Baca Juga: 3 Cara yang Perlu Ditempuh Jakarta untuk Turunkan Polusi Udara]

Bahkan serupa dengan imbauan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara yang berusaha mengurangi keberadaan sampah plastik dengan mendorong warga serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayahnya untuk selalu membawa tumbler, Sudin Perhubungan Jakarta Utara juga melakukan hal yang sama. Di mana jajarannya diminta untuk membawa tumbler saat tengah bertugas.

Ini bukan kali pertama adanya penanaman tabebuya jajaran Pemkot Jakarta Utara di wilayahnya. Pasalnya, dalam rangka revitalisasi Danau Sunter, Pemkot Jakarta Utara menanam ratusan pohon tabebuya pink pada akhir Juli 2019. Langkah ini juga dipilih untuk membantu mengurangi polusi di udara Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.