Upaya Penghijauan, Kantor Sudin Perhubungan Jakarta Utara Ditanam Tabebuya

Berita Kawasan

Penghijauan di Kantor Sudin Perhubungan Jakarta Utara dengan Tabebuya

Isu polusi udara yang buruk di wilayah Jakarta terus membayangi Ibu Kota. Apalagi berdasarkan data dari AirVisual, tingkat polusi udara di Jakarta memicu Ibu Kota selalu berada di peringkat lima besar kota paling berpolusi di dunia. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun terus menggondok rencana yang dapat jadi solusi guna mengurangi polusi udara di Ibu Kota. Selain di tingkat provinsi, di tingkat Kota Jakarta Utara juga turut melakukan hal serupa. Ini bisa dilihat di kantor Suku Dinas (Sudin) Perhubungan Jakarta Utara yang baru-baru ini menanam pohon tabebuya.

Usaha penghijauan ini merupakan hasil kerjasama Sudin Perhubungan Jakarta Utara dengan program corporate social responsibility Mal Artha Gading. Terhitung ada sekitar 10 pohon tabebuya yang ditanam di kawasan taman kantor Sudin Perhubungan Jakarta Utara. Menurut Kepala Sudin Perhubungan Jakarta Utara Benhard Hatajulu, selain untuk penghijauan, penanaman pohon tabebuya ini juga nantinya dimanfaatkan untuk menjadi taman yang terbuka untuk publik.

Upaya Penghijauan, Kantor Sudin Perhubungan Jakarta Utara Ditanam Tabebuya

“Hari ini kita melakukan penanaman pohon tabebuya, ditanam di sekitar kantor kami. Ke depan kita akan rapihkan taman agar menjadi taman lalu lintas sebagai lokasi edukasi masyarakat,” ucap Bernhard, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (7/8/2019).

Namun tujuan utama dari penanaman ini tentu saja untuk membantu mengurangi polusi udara yang membayangi Ibu Kota. Pasalnya, menurut Bernhard mengacu kepada Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Kualitas Udara, terdapat sejumlah langkah yang perlu dilakukan demi memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

[Baca Juga: Dalam Rangka Revitalisasi, Pohon Tabebuya Ditanam di Danau Sunter]

“Jadi tujuh langkah itu antara lain pembatasan kendaraan, pengalihan moda transportasi umum termasuk penghijauan dengan cara penanaman pohon,” ujar Kepala Sudin Perhubungan Jakarta Utara tersebut.

Tidak hanya penanaman pohon tabebuya yang dilakukan Sudin Perhubungan Jakarta Utara guna membantu mengurangi polusi udara, mereka juga mengimbau semua jajarannya agar tidak menggunakan kendaraan pribadi dan memilih moda transportasi umum.

[Baca Juga: 3 Cara yang Perlu Ditempuh Jakarta untuk Turunkan Polusi Udara]

Bahkan serupa dengan imbauan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara yang berusaha mengurangi keberadaan sampah plastik dengan mendorong warga serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayahnya untuk selalu membawa tumbler, Sudin Perhubungan Jakarta Utara juga melakukan hal yang sama. Di mana jajarannya diminta untuk membawa tumbler saat tengah bertugas.

Ini bukan kali pertama adanya penanaman tabebuya jajaran Pemkot Jakarta Utara di wilayahnya. Pasalnya, dalam rangka revitalisasi Danau Sunter, Pemkot Jakarta Utara menanam ratusan pohon tabebuya pink pada akhir Juli 2019. Langkah ini juga dipilih untuk membantu mengurangi polusi di udara Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya.jpg

Pendidikan

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya?

18 August 2022, 13:39

Para mahasiswa Unpad belum lama ini memutuskan untuk memasangkan kalung reflektif untuk kucing-kucing liar yang tinggal di sekitaran area kampus Unpad Jatinangor.

Momen HUT RI ke-77, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Wargany a.jpg

Berita Kawasan

Momen HUT ke-77 RI, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Warganya

18 August 2022, 11:38

Dengan tema kebangkitan di HUT ke-77 RI, Anies mengungkapkan bahwa pihaknya telah meringankan beban warganya dengan memberikan keringanan pajak bahkan membebaskannya.

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.


Comments


Please Login to leave a comment.