Pengintegrasian Antar Moda, 4 Stasiun Kereta Dipugar

Berita Kawasan

Pengintegrasian Antar Moda, 4 Stasiun Kereta Dipugar

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo pernah menyampaikan arahan mengenai pengelolaan moda transportasi di Jabodetabek yang dibawahi oleh satu otoritas.

Dengan terintegrasinya transportasi Jabodetabek ini, masyarakat akan bisa menikmati layanantransportasi publik sebagai satu kesatuan.

Pemprov DKI Jakarta selaku pihak yang ditunjuk sebagai otoritas pengelola memiliki kontrol pada struktur kepemilikan perusahaan yang akan mengelola moda transportasi Jabodetabek.

Pengintegrasian Antar Moda, 4 Stasiun Kereta Dipugar

Melanjuti arahan tersebut, penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemprov DKI Jakarta bersama PT KAI dan PT MRT Jakarta tentang Penataan Kawasan Stasiun PT KAI secara terintegrasi di Wilayah Provinsi DKI Jakarta Melalui Rencana Aksi Jangka Pendek (Quick Win), pun telah disepakati bersama pada 10 Januari lalu.

Sebagai langkah awal, pengerjaan proyek secara fisik telah dilakukan sejak 21 Januari 2020. Proyek tersebut fokus untuk melakukan penataan kawasan stasiun, saat tengah menggarap empat kawasan stasiun. Diantaranya, Stasiun Juanda, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Sudirman.

[Baca Juga: Jak Lingko Memudahkan Naik Sarana Transportasi]

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan, proyek bersama ini bertujuan untuk menciptakan ketertiban di kawasan stasiun dengan tetap mengedepankan kepentingan publik, yang mencakup kemudahan, kenyamanan, dan keamanan pengguna transportasi, jaminan bisnis bagi Ojek Online (Ojol), Ojek Pangkalan (Opang), dan Pedagang Kaki Lima (PKL) tersedia, dan pelaksanaan program pemerintah yang dapat berjalan secara efektif dan efisien sesuai prosedur.

Dia menambahkan, kondisi lalu lintas di kawasan sekitar stasiun yang belum tertata dengan rapi kerap menimbulkan penumpukan penumpang yang berimbas pada kemacetan.

Akhir Oktober 2019, LRT Cawang-Cibubur Mulai Beroperasi

"Untuk itu penataan dilakukan di beberapa area kawasan stasiun, seperti area penurunan dan pengambilan penumpang (drop off - pick up) Ojol agar tidak menimbulkan hambatan lalu lintas di area stasiun. Lalu ada area parkir sementara Opang yang juga ditempatkan di dalam area transit sehingga tetap mudah melayani penumpang, juga tempat pemberhentian sementara (lay-by) untuk berbagai moda transportasi umum dengan penerapan sistem first in first out (FIFO), sehingga diharapkan para pengemudi angkutan umum akan lebih rapi dan tertib dalam menunggu penumpang," terangnya di Balaikota seperti dilansir beritajakarta.go.id

Selain itu juga dibangun Plaza Pedestrian sebagai area terbuka yang diperuntukkan bagi pejalan kaki. Fasilitas ini terdapat di Stasiun Pasar Senen. Sementara itu juga terdapat Transit Area sebagai tempat menunggu sementara bagi penumpang yang akan melanjutkan atau pindah angkutan, yang menjadi fasilitas penataan utama Stasium Tanah Abang. Serta relokasi pintu masuk stasiun sisi Barat agar semakin luas dan dekat dengan Terowongan Kendal, di Stasiun Sudirman.

[Baca Juga: Sudinhub Jakarta Utara Apresiasi Penumpang Transportasi Umum]

Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah menambahkan, pihaknya memberi dukungan penuh terhadap kerjasama penataan kawasan stasiun melalui sejumlah pemanfaatan lahan milik PT KAI untuk integrasi antarmoda. Diharapkan dengan adanya penataan ini, para pengguna transportasi publik khususnya kereta api dapat terfasilitasi dengan baik saat akan berpindah moda dari dan menuju Stasiun. Hal ini sesuai dengan prinsip penataan yang mengedepankan integrasi antarmoda yang nyaman dan mengutamakan keselamatan.

"Melalui kawasan stasiun yang tertata dengan baik akan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang akan menggunakan kereta api. Sehingga harapannya semakin banyak masyarakat yang beralih ke transportasi umum yang aman, nyaman, dan terjangkau," harapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 3 months lalu
    emma

    Dapatkan bonus JACKPOT PARLAY 100% untuk kemenangan di sportbook dupa8,co kapan lagi menang di kasih bonus kan buruaan Join https://bit.ly/2seQ1PE dan masih ada bnyak promo yang lain sedang menanti anda, tunggu apalagi buruan bergabung bersama kami dan langsung raih bonus yang menanti anda. :)

  • Suki 2 years, 4 months lalu
    suki

    dupa88,net game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>