ads
PENGLIHATAN KEMBALI NORMAL DENGAN RELEX SMILE

Kesehatan

Penglihatan Kembali Normal dengan ReLex SMILE

Kemajuan teknologi kedokteran mata banyak memberi harapan baru bagi orang yang mengalami gangguan penglihatan seperti minus atau silindris. Setelah muncul teknologi LASIK, dalam tiga tahun terakhir ini dunia kedokteran mata muncul teknologi generasi ketiga LASIK bernama ReLex SMILE. Teknologi ini sudah banyak diterapkan oleh beberapa rumah sakit di Indonesia, dan salah satunya adalah Ciputra SMG Eye Clinic.

ReLEx SMILE atau Refractive Lenticule Extraction, Small Incision Lenticule Extraction adalah metode bedah refraktif yang dapat mengkoreksi kelainan refraksi dengan menggunakan mesin laser (tanpa pisau). Metode ini diklaim dapat mengurangi atau menghilangkan rabun jauh (myopia), rabun dekat (hyperopia), dan astigmatisme (silindris).

Dalam laman resmi Ciputra SMG Eye Clinic dijelaskan ReLEx SMILE merupakan generasi masa depan dalam bedah refraktif dengan laser yang hanya menggunakan satu langkah laser femtosecond dalam proses tindakannya. Proses operasinya pun hanya beberapa menit saja dan begitu selesai operasi, penglihatannya akan mencapai 80 persen serta akan berangsur menjadi 100 persen dalam beberapa hari.

Dalam proses operasi, pasien tidak perlu berpindah posisi dari satu mesin ke mesin lainnya seperti pada metode LASIK. Pasalnya penggunaan mein laser bernama femtosecond ini, tindakan bedah bisa dilakukan di satu tempat saja. Pasien pun akan lebih nyaman menjalankan operasi dan lebih cepat proses operasinya.

ReLEx SMILE adalah prosedur laser dalam satu langkah proses dimana untuk satu mata hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja. Tapi khusus pada proses lasernya sendiri hanya perlu waktu sekitar 30 detik saja. Ada tiga tahapan yang dilakukan sebagai prosedur operasi ini. Tahap pertama, sebagai proses awal, mesin VisuMax memerlukan waktu sekitar 30 detik untuk membuat lenticule (lapisan tipis yang dibentuk pada stroma kornea yang disesuaikan dengan koreksi yang diperlukan) dan membuat insisi kecil sekitar 4mm di permukaan kornea.

Kemudian tahap kedua, lenticule yang merupakan koreksi tadi diambil atau dikeluarkan melalui insisi yang kecil yang dibuat tadi. Struktur kornea sama sekali tidak terganggu atau termanipulasi dan tetap stabil. Tahap terakhir yaitu dengan diambilnya lenticule tadi akan mengubah jalannya sinar yang masuk ke mata sehingga menjadikan penglihatan menjadi tajam kembali. Sedangkan insisi kecil akan sembuh dengan sendirinya.

Secara umum, pasca operasi ReLEx Smile lebih aman dan nyaman karena sayatan kecil di permukaan kornea. Dengan ReLEx Smile waktu pemulihan menjadi lebih cepat, minim efek samping seperti mata kering, silau, dan nyeri.

Dalam jurnal kedokteran The US National Insititute of Health Study on ReLEx SMILE menerangkan metode ini bertujuan sama dengan tindakan bedah refraktif lainnya. ReLEx SMILE bertujuan untuk mengurangi ketergantungan dengan kacamata dan lensa kontak untuk meningkatkan kualitas hidup.

Siapa saja yang diperbolehkan untuk menjalani operasi ReLEx SMILE? Laman Ciputra SMG Eye Clinic menjelaskan penderita mata minus dan silindris yang ideal untuk menjalani proses ReLEx Smile adalah mereka yang berusia 18 tahun ke atas, tidak mengalami perubahan resep kacamata signifikan selama 1 tahun terakhir, myopia hingga minus 10 atau astigmatisme hingga minus 5. Syarat lainnya, pasien tidak memiliki sejarah medis mata signifikan, tidak memiliki sejarah penyakit mata di keluarga, dan tidak dalam keadaan hamil.

Metode bedah mata dengan ReLEx SMILE memang masih terbilang mahal. Di bulan Agustus 2018, Ciputra SMG Eye Clinic memberikan penawaran operasi ReLEx SMILE seharga Rp32 juta untuk dua mata dari harga normalnya sebesar Rp38 juta untuk sepasang mata. Bagi yang ingin melakukan operasi ReLEx SMILE ini bisa mendatangi Ciputra SMG Eye Clinic, Pusat Layanan LASIK & Katarak yang berlokasi di Lotte Shopping Avenue lantai 5, Ciputra World 1 Jakarta, Jalan Prof. Dr. Satrio Kav 3-5, Jakarta Selatan 12940. Bila tidak sempat, bisa juga menghubungi line telepon (021) 29888138, WhatsApp 081315000306, atau membuka website www.ciputrasmgeyeclinic.com.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

Kuliner

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

22 March 2019, 11:00  |  10 Views

Menurut pencerita kuliner Ade Putri Paramadita mi yang enak bergantung pada empat hal. Simak penjelasannya berikut ini.

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

Kesehatan

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

22 March 2019, 12:00  |  4 Views

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami obesitas sebesar 21,8 persen dan meningkat dari tahun 2013.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia

Berita Kawasan

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia, Bukan untuk Jual Beli

22 March 2019, 10:00  |  25 Views

Penjual hewan biasanya ikut komunitas hobi untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Tidak demikian di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia yang melarang jual-beli.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

22 March 2019, 14:00  |  5 Views

Mencegah demensia sejak awal adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan otak. Tidak perlu menunggu hingga usia 65 tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads