PENGOBATAN HERNIA NUKLEUS PULPOSUS DI RUMAH SAKIT PONDOK INDAH BINUS

Kesehatan

Pengobatan Hernia Nukleus Pulposus di RS Pondok Indah Bintaro

Rasa nyeri di pinggang kerap kali tidak diindahkan oleh penderitanya karena dianggap sepele atau efek dari kelelahan. Hati-hati, bisa saja nyeri itu disebabkan oleh Hernia Nukleus Pulposus dan ini dapat menganggu aktivitas Anda sehari-hari. Saat ini, cukup banyak rumah sakit yang memiliki fasilitas penanganan menangani keluhan ini dan salah satunya di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro.

Namun sebelum membahas lebih jauh, mungkin di benak Anda bertanya-tanya, sebenarnya apa itu Hernia Nukleus Pulposus? Berdasarkan penjelasan dari Pusat Data & Informasi PERSI, penyakit ini juga dikenal sebagai syaraf terjepit. Penyakit ini terjadi akibat gangguan yang disebabkan oleh menonjolnya (herniasi), bisa karena melelehnya lapisan atau bantalan permukaan ruas tulang belakang dari ruang antar sendi tulang belakang (diskus intevertebalis).

Pemicu Hernia Nukleus Pulposus

Untuk lebih jelas mengenai Pemicu Hernia Nukleus Pulposus berikut ulasannya. Tulang belakang (vertebra) sebenarnya memiliki susunan ruas-ruas tulang yang dihubungkan oleh sendi. Susunan ini memiliki awal di tulang leher (servikalis) hingga ke tulang ekor (oskoksigis). Di antara ruas-ruas tersebut terdapat bantalan yang memiliki nama sendi tulang belakang atau diskus intevertebalis. Di dalam sendi tulang belakang ini ada bahan berbentuk seperti jelly yang membuat tulang kita bergerak secara lentur yang disebut nukleus pulposus.

Ketika keluar atau meleleh dari bantalannya yang bisa disebabkan oleh bertambahnya usia atau terjadinya cedera, nukleus pulposus dapat berbentuk seperti minyak padat yang masuk ke dalam rongga ruas tulang belakang. Saat itu bagian dalam dari bantalan tersebut dapat menonjol keluar sehingga menekan saraf dan inilah yang menyebabkan Hernia Nukleus Pulposus atau saraf terjepit.

Ciri-Ciri Anda Menderita Hernia Nukleus Pulposus

Bagaimana Anda tahu bahwa menderita gangguan ini? Gejala awal yang akan Anda rasakan adalah munculnya rasa sakit seperti menusuk di bagian bokong, pinggul hingga satu bagian pada kaki. Ada juga rasa kesemutan yang acap kali terjadi di area betis, bahkan telapak kaki yang merupakan indikasi Anda menderita Hernia Nukleus Pulposus.

Selain di area tubuh bagian bawah, Hernia Nukleus Pulposus juga bisa terjadi di area dekat kepala yaitu di tulang leher. Indikasi utamanya adalah saat Anda menggerakkan leher akan terasa nyeri hingga area di atas tulang belikat atau bahkan sakit yang menjalar dari lengan hingga jari-jari Anda. Kesemutan yang terasa di sekitar area tersebut juga menjadi salah satu indikasinya.

Penderita Hernia Nukleus Pulposus kerap kali merasakan sakit yang luar biasa saat usai berdiri atau duduk, ketika Anda bersin atau batuk hingga tertawa, berjalan beberapa meter sambil membungkuk. Walaupun pemicu utamanya diakibatkan oleh usia atau cedera, namun terdapat beberapa hal yang dapat meningkatkan kemungkinan Anda mengidap Hernia Nukelus Pulposus, yaitu kebiasaan merokok, sering mengangkat berat, obesitas dan keturunan dari orangtua yang menderita penyakit ini.

Pengobatan Hernia Nukleus Pulposus

Sebelum Anda mencoba pengobatannya, ada baiknya untuk memeriksa ke dokter terlebih dahulu. Demi memastikan apakah gangguan yang Anda rasakan ini memang disebabkan oleh Hernia Nukleus Pulposus.

Langkah pengobatan saat Anda masih menderita gangguan dalam skala ringan adalah dengan cara mengubah pola gaya hidup, berobat rutin ke dokter dan mengikuti fisioterapi. Saat fisioterapi, Anda akan dilatih untuk beraktivitas yang baik sehingga tidak memicu rasa sakit. Anda juga akan diminta menghindari mengangkat beban berat dulu selama kurang lebih dua bulan yang dilanjut dengan olahraga.

Namun bila Anda termasuk penderita Hernia Nukleus Pulposus yang akut maka tindakan medis pun perlu dilakukan. Salah satu tindakannya dinamakan Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD). Metode yang diterapkan di layanan Orthopedic Center, Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro ini diklaim bersifat nonbedah sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang dialami pasien.

Metode PLDD Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro ini menggunakan teknologi laser yang disalurkan melalui jarum dan ditusukkan ke kulit dekat area yang terasa sakit kemudian energi yang dihasilkan akan membantu membebaskan saraf yang terjepit.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.