Penguatan Modal Sosial Jadi Salah Satu Cara Cegah Covid-19

Kesehatan

Penguatan Modal Sosial Jadi Salah Satu Cara Cegah Covid-19

Berbagai cara kini dilakukan pemerintah dan masyarakat untuk menekan penyebaran Virus SARS-CoV-2 atau Virus Corona jenis baru ini. Mulai dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), hingga berbagai program donasi yang dilakukan oleh masyarakat.

Indonesia sendiri sebenarnya pernah dihadapkan pada kondisi wabah Flu Burung. Hanya saja, hal ini tak serta membuat pihak terkait lebih sigap dalam menghadapi pandemi COVID-19. Akibatnya, timbul dampak sosial seperti kepanikan masyarakat serta masalah sosial lainnya.

Menurut Kepala Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Herry Yogaswara, sudah seharusnya Indonesia belajar dari pemulihan bencana yang pernah dilakukan. Misalnya saat penanganan tsunami Aceh 2004, gempa bumi Jogja tahun 2006 dan erupsi merapi 2010.

Penguatan Modal Sosial Jadi Salah Satu Cara Cegah Covid-19 LIPI

Dalam penanganan bencana tersebut, ada modal sosial yang dimiliki masyarakat, dalam hal ini jejaring sosial dan rasa saling percaya.

“Modal sosial termasuk jejaring sosial dan rasa saling percaya memegang peranan yang penting dalam mitigasi maupun percepatan penanganan bencana,” kata Herry, dilansir dari lipi.go.id (27/4/2020).

Lebih lanjut Herry menjelaskan bahwa modal sosial muncul dari kondisi kebersamaan yang tidak dipaksakan. Dengan begitu, para anggota komunitas akan menjalankan perannya secara sukarela.

“Kepemimpinan lokal dan budaya saling bantu sebetulnya masih hidup dalam banyak komunitas. Melalui pemberitaan kita saksikan ketika ada keluarga yang isolasi mandiri, tetangga lainnya membantu. Sebelum pemerintah menginisiasi Pembatasan Sosial Berskala Besar, anggota masyarakat saling bantu menyediakan sembako maupun makanan,” paparnya.

[Baca Juga: Pemkab Bekasi Terima Banyak Bantuan untuk Tangani Covid-19]

Oleh karenanya, Herry mengatakan perlu penguatan modal sosial di masyarakat oleh pemerintah. Dalam hal ini melalui contoh keteladanan dalam kepemimpinan.

“Kepemimpinan yang menjadi teladan sangat penting, karena budaya yang menghargai contoh masih hidup dalam kehidupan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sebagai informasi, LIPI membentuk Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di lingkungan LIPI. Gugus tugas tersebut berfungsi untuk memobilisasi para pakar di berbagai bidang serta fasilitas yang dimiliki LIPI untuk membantu pencegahan Covid-19. Salah satunya yakni dengan pemanfaatan Bio Safety Level-3 yang berada di Cibinong, Jawa Barat.

[Baca Juga: Warga Terdampak COVID-19 Terima Bantuan dari Pemprov DIY]

“Di laboratorium ini kami melakukan Reverse Transcription-Polymerase Chain Reaction untuk mendukung deteksi SARS CoV-2”, jelas Ratih Asmana Ningrum, peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI sekaligus Manajer Laboratorium Bio Safety Level-3.

Ratih menjelaskan, BSL-3 turut terlibat dalam berbagai kegiatan riset.Selain mendeteksi virus SARS CoV-2, pihaknya juga mulai mengembangkan vaksin rekombinan.

“Kemudian untuk kegiatan riset yang lain diantaranya, pembuatan kit deteksi SARS CoV-2 berbasis antibody dan berbasis molekuler dengan metode Loop Mediated Isothermal Amplification atau LAMP, whole genome sequencing untuk virus SARS CoV-2, uji klinis imunomulodulator dari herbal untuk COVID-19, antivirus SARS CoV-2, uji berbagai alat sterilizer seperti robot AUMC, dan sebagainya,” tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.