Pengunjung Mal di Jakarta Bakal Dibatasi Pakai Kode QR

Berita Kawasan

Pengunjung Mal di Jakarta Bakal Dibatasi Pakai Kode QR

Meski kurva pandemi COVID-19 masih menanjak, Ibu Kota telah memasuki masa transisi tahap pertama menuju kenormalan baru (new normal) sejak Jumat (5/6/2020) pekan lalu. Diikuti dengan dibukanya kembali aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat secara bertahap.

Aktivitas seperti kegiatan perkantoran, rumah makan, pertokoan, retail, pergudangan, perindustrian dan olahraga pun mulai diizinkan pada Senin (8/6/2020) lalu. Sedangkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi titik kepadatan atau keramaian seperti taman wahana permainan anak, tempat kebugaran, dan gedung pertemuan belum boleh beroperasi. Khusus bagi taman rekreasi—indoor atau outdoor—baru dizinkan mulai 20-21 Juni 2020.

Pantau Pengunjung, APPBI Penuhi Permintaan Sistem Kode QR Gubernur Anies4.jpg

Akan tetapi pusat perbelanjaan atau mal, rencananya akan diizinkan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk beroperasi pada Senin (15/6/2020) mendatang, tentunya wajib menaati protokol kesehatan dan aturan terkait lainnya.

Karena itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan dirinya akan mengawasi secara ketat jumlah pengunjung mal. Anies pun meminta seluruh pengelola mal untuk memberlakukan sistem kode matriks, barcode dua dimensi atau yang lebih dikenal dengan sebutan quick response code (kode QR). Fungsinya, agar memudahkan dalam menghitung jumlah pengunjung.

[Baca Juga: Mal di Kota Bandung Siap Kembali Dibuka. Apa Syaratnya?]

Menanggapi itu, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat, mengungkapkan bahwa sejatinya, selama ini para pengelola mal sudah memiliki peralatan head-count yang biasa digunakan untuk memantau jumlah pengunjung setiap harinya.

Pantau Pengunjung, APPBI Penuhi Permintaan Sistem Kode QR Gubernur Anies3.jpg

Meski pun demikian, guna mendukung Pemprov, dia menilai para pengelola mal tidak akan merasa keberatan sekaligus sanggup memenuhi permintaan Anies. “Umumnya mal sudah punya peralatan head-count. Tetapi sebagian mal meningkatkan peralatannya dengan sistem QR Code. Jadi silakan saja," ujar Ellen, dikutip okezone.com, Jumat (12/6/2020).

Soal skema operasional mal, dia menjelaskan, berbeda dengan pusat pertokoan grosir. Menurut dia, sesuai arahan Pemprov, nantinya mal akan beroperasi tanpa diharuskan menerapkan sistem ganjil-genap terhadap setiap tenant atau toko ritelnya.

[Baca Juga: Satlantas Polres Malang Berikan Edukasi Protokol Kesehatan dengan Cara Kekinian]

Sejurus itu dia memberikan jaminan kepada Pemprov, bahwa nantinya saat mal mulai beroperasi, akan dipastikan taat dan senantiasa menegakkan protokol kesehatan. Ellen menegaskan, apa bila didapati pelanggaran, maka pengelola mal siap diberikan sanksi sesuai dengan prosedur yang berlaku. "Dan terkait sanksi apabila mal melanggar protokol kesehatan tentu yang pertama diberikan peringatan, pemberitahuan, perbaikan dan apabila tidak dilakukan perbaikan sanksi akan diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta," ungkap dia.

Pantau Pengunjung, APPBI Penuhi Permintaan Sistem Kode QR Gubernur Anies2.jpg

Seperti diberitakan katadata.co.id, Kamis (11/6/2020) lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, para pengelola mal di Jakarta secara umum telah siap membuka kembali bisnisnya. Hal-hal terkait mengantisipasi potensi kerumunan massa pun telah disiapkan pengelola.

"Pada saat mulai beroperasi pengelola mal harus bisa memberikan rasa aman kepada yang berkunjung dan juga kepada yang bekerja di tempat ini. Maka, protokol kesehatan harus dipatuhi secara displin. Pintu masuk harus dilengkapi QR code, di mana pengunjung harus scan untuk dihitung jumlahnya," kata Anies usai melakukan inspeksi di Emporium Pluit Mall, Jakarta Utara.

[Baca Juga: Jelang New Normal, GoWork Pastikan Terapkan Hal Ini]

Ada pun, jumlah kapasitas pengunjung setiap harinya akan dibatasi maksimal 27.500 orang dari daya tampung maksimal sebanyak 55.000 orang. Lalu, setiap orang dengan kondisi kesehatan yang buruk dan suhu badan di atas 37,5 derajat celcius dilarang untuk memasuki gedung.

Anies mengingatkan, jika nantinya terdapat jumlah lonjakan kasus positif COVID-19 yang signifikan, Pemprov DKI Jakarta akan kembali menutup seluruh aktivitas tersebut. Sebagaimana diamanatkan oleh kebijakan rem darurat atau emergency break policy yang telah disusun pemerintah. “Bila sampai ambang batas, akan diingatkan. Bila diingatkan dua kali tetap melanggar akan ditutup sementara sampai nanti detailnya diatur supaya ada pengendalian yang baik," tukas Anies.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 7 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88

  • Emma 2 years, 7 months lalu
    emma

    izin share ya admin :) segera bergabung bersama kami, Di Agen Togel Online Terbaik dan jangan lupa raih berbagai macam promonya, buruan langsung saja daftar Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>