Pengusaha Event di Medan Sambut Baik Kampanye CHSE

Kesehatan

Pengusaha Event di Medan Sambut Baik Kampanye CHSE

Pengusaha dan pekerja event organizer di Sumatera Utara khususnya Kota Medan menyambut baik sosialisasi protokol kesehatan bagi pelaku event oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif baru baru ini di Medan.

Seperti diketahui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) belum lama berselang mensosialisasikan kampanye Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE) untuk penyelenggaraan acara, yang menargetkan enam kota di Indonesia: Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Lombok.

Kampanye tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat pelaku event di Indonesia untuk tetap berkreasi di tengah pandemi. Di Medan, sosialisasi dihadiri Eddy Waluyo dari Kemenperaf.

Diharapkan melalui inisiatif ini, industri pariwisata khususnya destinasi event dan ekonomi kreatif tetap berinovasi dan berkarya.

[Baca Juga: Disbudpar Bandung Ajak Pengusaha Pariwisata Tersertifikasi CHSE]

Dihubungi terpisah, N. Qade pemilik NQ Mediacomm, yang selama ini bergerak di bidang media event di Medan berpendapat, meski bukan hal baru terkait protokol kesehatan tetapi sosialisasi tetap perlu agar pelaku event tetap berada di garis yang ada.

Qade menambahkan, para penyelenggara event di Medan sendiri sebenarnya jelang akhir tahun 2020 lalu telah melakukan sosialisasi dengan menggelar simulasi proses event sesuai protokol kesehatan yang diatur pemerintah dengan melibatkan asosiasi EO, WO, Katering, MC, artis band, dan juga sekuriti. Kegiatan itu digelar di MICC Ring Road Medan.

“Kawan kawan EO saat ini sebenarnya berharap Kementerian lebih agresif mendorong kepolisian untuk memberikan kemudahan EO dan promotor menggelar event seperti konser musik dimana penonton nya, panitia, kru, talent, semua yang terlibat, sudah harus divaksin penuh dan tetap dicek kondisi kesehatannya di Gate pertunjukan, mulai dari suhu tubuh, pemeriksaan rapid antigen, juga wajib bermasker dan mencuci tangan, ” tutur Kade, (21/11/2021).

Puluhan Hotel di Kota Medan Tutup Terdampak COVID-19

Begitu pun, kata Kade, pihak EO di Medan bersyukur, saat ini dengan semakin menurunnya korban COVID-19 dan PPKM2, event hybrid sudah menggeliat lagi di Medan kendati dengan batasan.

“Harapan kami sebagai EO, semakin banyak orang divaksin, dan kesadaran untuk vaksin meningkat agar pandemi ini berlalu dan bisnis event kembali semarak seperti dulu," tutupnya.

Sementara itu, langkah sebelumnya sempat dilaksanakan oleh Asosiasi Perusahaan Penyelenggara dan Pelaksana Acara (APPARA) Indonesia. Untuk membantu pemerintah dalam memerangi COVID-19, APPARA telah melaksanakan vaksinasi tahap 1 pada 28 Oktober 2021 lalu.

Dan kini, APPARA akan melanjutkan kegiatan Vaksinasi Dosis II. Keterangan yang diperoleh dari panitia, Vaksinasi Dosis II akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 25 November 2021 di Garuda Plaza Hotel Medan.

[Baca Juga: 5 Hotel Bersertifikat CHSE Kota Semarang Ini Punya Promo Libur Lebaran]

APPARA juga menggandeng Sampoerna untuk Indonesia dan asosiasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) BPD Sumatera Utara dalam kegiatan ini.

Ketua Umum APPARA Indonesia, Teuku Nur Azan mengingatkan kepada peserta vaksin dosis I agar hadir kembali di tempat yang sama pada tanggal 25 November 2021 nanti.

Humas APPARA Indonesia, M. Aulia menjelaskan, vaksinasi dosis II akan diikuti oleh 312 peserta vaksinasi, terdiri kalangan pekerja event, pekerja hotel dan restoran serta masyarakat umum.

Pelaksanaan vaksinasi dibagi dua periode. Periode pertama pukul 8.00 sampai 12.00 dan periode ke II pukul 13.00 sampai 15.00 WIB."Ini bertujuan untuk menghindari penumpukan dan keramaian peserta,” ujar Aulia.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.