Pengusaha Ikan Hias Jakarta Diajak Incar Pasar Internasional

Bisnis

Pengusaha Ikan Hias Jakarta Diajak Incar Pasar Internasional

Saat ini geliat bisnis ikan hias di Jakarta dipandang dapat berkembang lebih pesat lagi jika target pasarnya bukan hanya untuk melayani dalam negeri saja. Pasalnya, pasar di luar negeri seperti di Amerika Serikat disebut juga memiliki minat yang besar untuk ikan hias air tawar. Bahkan harganya pun bisa berkali-kali lipat lebih tinggi dibandingkan dijual di dalam negeri. Oleh karena itulah, pengusaha ikan hias pun diajak untuk mengincar pasar tersebut.

Ajakan ini disampaikan di seminar Temu Usaha Ikan Hias: Upaya Memperluas Pasar Ikan Hias yang digelar pada 1 Agustus 2019. Salah satu pembicara yang diundang ke seminar ini adalah eksportir ikan hias ke luar negeri yakni Joty Atmadjaja dengan usahanya yang bernama JBG Transhipping Service.

Pengusaha Ikan Hias Jakarta Diajak Incar Pasar Internasional

Ia mengatakan, usahanya berpusat untuk membantu para pengusaha ikan untuk mengirimkan produk mereka ke pembelinya di negara lain. Selain itu usaha transhiping-nya juga memudahkan para pengusaha agar tidak mengalami kesulitan menghadapi regulasi yang diterapkan di negara tujuan .

“Kekayaan ikan hias kita itu luar biasa, sayangnya yang saat ini yang memanfaatkan negara Singapura. Kita pada tahun 2017 masih berada di posisi kelima (peringkat lima besar dunia ekspor ikan hias) lalu tadi dikatakan saat ini berada di posisi ketiga. Tahun 2021 Ibu Susi (Pudjiastuti) targetkan nomor satu di dunia dan ini saya yakin kita bisa, tinggal cari market-nya,” ujar Joty di Swiss Bell Residence Kalibata, Jalan Raya Kalibata No.22, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan (1/8/2019).

[Baca Juga: Mengintip Pasar Ikan Hias Radio Dalam]

Joty menjelaskan, sebenarnya market atau menemukan pasarnya saat ini terbilang mudah. Mengingat komunikasi antara pengusaha ikan hias dengan calon konsumen di luar negeri saat ini sudah semakin mudah dengan keberadaan internet. Sehingga tidak lagi ada alasan para pengusaha ikan hias di Ibu Kota kesulitan untuk mencari potential buyer di negara lain.

Proses memperkenalkan produk ikan hias para pengusaha menurutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan sosial media hingga eBay. Sedangkan dari segi batasan bahasa, pengusaha ikan hias bisa menggunakan Google Translate untuk mempermudah proses komunikasinya. Pemilik usaha JBG Transhipping Service itu juga menegaskan, pengusaha ikan hias di Ibu Kota jangan khawatir dengan besarnya usaha mereka saat ingin mencoba menargetkan pasar di luar negeri.

[Baca Juga: Ikan Cupang Banyak Dilirik Pasar Amerika Serikat]

“Jaringan eksportir dan importir di sana (negara lain) sudah berkembang sedemikian rupa sehingga satu orang atau peternak kecil, usaha kecil dan menengah bisa melakukan itu tinggal nanti bekerjasama,” tutur Joty. Ia menyebut, kerjasama yang dimaksud di sini adalah dengan pengusaha ikan hias lain di Indonesia yang memiliki instalasi karantina agar bisa mengeluarkan surat karantina yang menjadi salah satu syarat ekspor ikan ke luar negeri.

Ajakan untuk para pengusaha ikan hias di Ibu Kota untuk menargetkan pasar luar negeri juga disampaikan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta. “Temu usaha ini penting sekali, karena pelaku usaha seperti pembudidaya bisa langsung bertemu eksportir, kemudian nanti ada karantina. Ini tentunya bisa lebih menggairahkan kembali untuk berkembangnya usaha ikan hias di Jakarta,” ucap Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan Wachyuni kepada PingPoint.co.id.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.