Pengusaha Ikan Hias Sambut Hangat Pameran di Plaza Kalibata

Bisnis

Pengusaha Ikan Hias Sambut Hangat Pameran di Plaza Kalibata

Sejak 31 Juli 2019, area parkir di Plaza Kalibata disulap menjadi lokasi digelarnya festival Pameran dan Kontes Ikan Hias 2019. Acara yang digelar Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta itu disebut diadakan untuk membangkitkan gairah usaha ikan hias di Ibu Kota. Para pengusaha ikan hias yang ikut dalam kegiatan ini pun merespons positif dan dipandang sebagai langkah untuk mengenalkan usaha mereka ke khalayak umum.

Pameran dan Kontes Ikan Hias 2019 yang digelar hingga 4 Agustus 2019 itu diikuti beragam pengusaha ikan hias dengan setiap booth memperlihatkan spesialisasinya masing-masing. Saat PingPoint.co.id mengunjungi pameran ini, mayoritas booth diisi para breeder ikan cupang. Mereka ingin menunjukkan jenis ikan cupang andalan yang mereka kembangkan kepada pengunjung sekaligus menjualnya.

Pengusaha Ikan Hias Sambut Hangat Pameran di Plaza Kalibata

Salah satunya peserta pameran ini adalah Cupang Katar Semanan Community yang sekretariatnya berada di Sentra Flora Semanan, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Menariknya, komunitas yang dibina KPKP tersebut memiliki tujuan utama dalam mengikuti acara Pameran dan Kontes Ikan Hias 2019, mereka ingin mengedukasi masyarakat mengenai ikan cupang serit.

[Baca Juga: Plaza Kalibata Hadirkan Pameran dan Kontes Ikan Hias]

“Dalam rangka mensosialisasikan ikan cupang serit sebagai ikon Kota Jakarta Barat yang selama ini masyarakat kurang kenal. Dengan mengedepankan usaha ikan cupang ini agar ikon Jakarta Barat itu semakin dikenal,” tutur perwakilan Cupang Katar Semanan Community Ahmad Zaini kepada PingPoint.co.id di Mal Plaza Kalibata, Jalan Raya Kalibata No.141, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan (1/8/2019).

Selain itu, ada juga booth dari Kelompok Ikan Hias Johar Baru yang tidak hanya membawa satu jenis ikan hias saja tapi ada bermacam-macam. “Kita basicnya di ikan koki, terus ada ikan lohan juga, ada manfish. Terus ada juga ikan predator kayak ikan aba-aba, cichlid Afrika, palmas. Terus sebagai pemanis ada aquascape juga,” ucap perwakilan Kelompok Ikan Hias Johar Baru Djaja Rakka Kurniawan.

Pengusaha Ikan Hias Sambut Hangat Pameran di Plaza Kalibata

Sesuai dengan jenisnya yang beragam, harga dari ikan-ikan hias yang dijual di booth ini juga bermacam-macam. Ikan yang paling terjangkau adalah ikan manfish yang dibanderol dengan harga Rp10.000 per ekornya dan yang paling mahal adalah ikan lohan besar yang memiliki harga Rp1.500.000. Djaja mengaku, harga ikan-ikan di booth Kelompok Ikan Hias Johar Baru sebenarnya sudah lebih dimurahkan dibandingkan di toko-toko pada umumnya.

Namun walau sudah ditekan harganya, penjualan disebut bukan menjadi tujuan utama kelompoknya mengikuti Pameran dan Kontes Ikan Hias 2019. “Untuk omzet lebih (besar) di toko tapi dampak kita keluar dari sini, kita lebih dikenal (masyarakat),” ujar Djaja.

[Baca Juga: Mengintip Pasar Ikan Hias Radio Dalam]

Peserta lainnya, JP Betta Jakarta, yang berasal dari Pasar Minggu juga menyambut hangat Pameran dan Kontes Ikan Hias 2019. Pasalnya, kelompok ini dapat mengenalkan kepada publik ikan cupang lokal dengan jenis multi-colour yang mereka kembangbiakkan sendiri dan disebut memiliki kualitas setara dengan ikan-ikan impor. Mereka pun menyisipkan harapan besar dalam pameran ini.

“Harapan jangka pendeknya agar banyak orang mengerti di Jakarta Selatan, khususnya di Pasar Minggu, ada breeder ikan cupang dan gupi. Untuk harapan yang lebih luas bahwa masyarakat tahu hasil breed lokal juga bagus-bagus yang tidak kalah saing dengan ikan-ikan impor,” pungkas perwakilan JP Betta Ari Wahyudi.

Read More

Artikel Lainnya

Pelepasan Perdana! UGM Gelar Peresmian Pengiriman Ribuan GeNose C19t.jpg

Pendidikan

Pelepasan Perdana! UGM Gelar Peresmian Pengiriman Ribuan GeNose C19

01 March 2021, 19:25

UGM secara resmi melepaskan ribuan GeNose C19 ke distributor untuk mulai dijual ke berbagai layanan kesehatan, institusi pendidikan hingga perusahaan.

Sebelum Terlalu Berharap, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin Mandiri

Kesehatan

Sebelum Terlalu Berharap, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin Mandiri

01 March 2021, 18:15

Pendanaan vaksinasi mandiri dibebankan kepada perusahaan sehingga semua penerima vaksinasi tidak dipungut biaya. Program ini diharapkan mempercepat terbentuknya kekebalan komunitas.

Wisata Kuliner Kota Malang Belum Lengkap Tanpa Sate Gebug 1920

Kuliner

Wisata Kuliner Kota Malang Belum Lengkap Tanpa Sate Gebug 1920

01 March 2021, 16:16

Saat memasuki warung sate legendaris ini, terdengar suara orang sedang menggebuk-gebuk sesuatu. Suara itu akan terdengar jelas saat Anda memasuki warung.

ASN, Pedagang Hingga Wartawan di Kota Bogor Siap Divaksin

Kesehatan

ASN, Pedagang Hingga Wartawan di Kota Bogor Siap Divaksin

01 March 2021, 15:17

Khusus untuk lansia kata Retno, masih diprioritaskan di ibu kota provinsi. Sementara, Kota Bogor belum mendapat alokasi vaksin.


Comments


Please Login to leave a comment.