Cegah Kekerasan Seksual yang Sering Terjadi Pada Remaja

Pendidikan

Peningkatan Literasi Digital Cegah Eksploitasi Seksual Anak di Media Sosial

Kasus eksploitasi seksual yang menjerat anak-anak nampaknya masih menjadi persoalan serius di negeri ini. Adapun modus terbarunya, yakni dengan melalui info lowongan kerja di media sosial. Dilansir dari Detik.com (18/2/2020), Kasubdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Piter Yanottama mengatakan tren saat ini yakni pelaku mengunggah informasi lowongan kerja di media sosial dengan iming-iming gaji yang fantastis.

Hal itu dilakukan agar anak-anak yang hidup dalam keterbatasan ekonomi tergiur sehingga mendaftar lowongan kerja palsu tersebut. Terkait adanya kasus tersebut, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga berharap agar masyarakat lebih paham dalam menggunakan teknologi media sosial.

Kecanduan Media Sosial Nggak Enak, Ini Keuntungan Puasa Media Sosial

Dalam rilis yang diterima PingPoint.co.id (17/2/2020), Bintang mengatakan perlu adanya peningkatan literasi digital kepada masyarakat, utamanya kepada orang tua dan anak-anak. Tujuannya agar mereka terhindar dari ancaman eksploitasi seksual yang mengintai anak-anak melalui media sosial.

“Saya harap semua pihak dapat berkontribusi dan bersinergi. Karena melindungi anak-anak adalah tugas semua orang, tugas kita semua. Sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang,” katanya.

[Baca Juga: Harapan Komnas Perempuan dalam Menekan Angka Kekerasan]

Menurutnya, maraknya kasus-kasus eksploitasi seksual terhadap anak yang terjadi dalam kurun waktu Januari sampai Februari 2020 ini menjadi pengingat bagi semua pihak. Hal ini sebagaimana dalam UU No.35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Sejauh ini langkah yang telah dilakukan pemerintah untuk menekan angka kasus kekerasan terhadap anak di antaranya seperti: menyusun Rancangan Peraturan Presiden (RPerpres) tentang peningkatan fungsi KPPPA dalam memberikan pelayanan rujukan akhir tingkat Nasional.

[Baca Juga: Terkait Kekerasan, Komnas Perempuan: KDRT Masih yang Tertinggi]

Tak hanya itu, KPPPA juga memiliki program pendampingan dan penanganan kepada anak-anak yang menjadi korban. Seperti memberikan terapi intensif psikologis, psikososial serta realitas kognitif dan edukatif dari Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak atau P2TP2A yang ada di daerah.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Asyifa 2 years, 7 months lalu
    asyifa

    QQHarian,info merupakan situs betting online yang aman dan terpercaya. Menyediakan Promo Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain. Buruan bergabung dan Buktikan sekarang juga serta Menangkan JackPot 100%. Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Minimal DP/WD hanya 20k/50k saja. Proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah. Anda Menang, Kami Bayar. Anda Kalah, Kami Ganti.!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +63 9954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE