Elemen Pemerintahan Jakarta Timur Tinjau Penerapan PSBB di Akhir Pekan

Berita Kawasan

Peninjauan Penerapan PSBB pada Akhir Pekan di Jakarta Timur

Akhir pekan lalu Ibu Kota sudah secara resmi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB dalam rangka semakin menekan penyebaran COVID-19 di wilayah Jakarta. Elemen pemerintahan di masing-masing kota administrasi DKI Jakarta pun berusaha memastikan bahwa PSBB ini benar-benar diterapkan dan tersosialisasikan kepada para warga. Pemandangan inilah yang sempat terlihat pada akhir pekan lalu di wilayah Jakarta Timur.

Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2020 tentang PSBB, salah satu yang mendapatkan sorotan adalah terkait transportasi. Di mana dalam Pergub ini dijelaskan mengenai pembatatasan jumlah penumpang dalam kendaraan serta kebijakan jaga jarak fisik. Pihak Kecamatan Ciracas pun berusaha memastikan implementasi kebijakan ini dengan langsung mendatangi area Terminal Kampung Rambutan.

Elemen Pemerintahan Jakarta Timur Tinjau Penerapan PSBB di Akhir Pekan

Pemilihan terminal sebagai lokasi yang ditinjau tak terlepas dari fakta bahwa lokasi ini merupakan tempat tujuan masyarakat yang ingin naik atau turun menggunakan transportasi umum. Camat Ciracas Mamad juga turut melakukan peninjauan yang digelar pada 12 April 2020 tersebut.

Menurut Mamad, diadakannya PSBB di sini sangatlah penting dan memang harus dipatuhi oleh semua pihak di Terminal Kampung Rambutan. “Hal ini untuk memutus mata rantai penularan Virus Corona tersebut kepada keluarga dan pada warga di lingkungan tempat tinggalnya,” sebutnya, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (12/4/2020).

[Baca Juga: PSBB, Tiga Kelurahan Jakarta Utara Terima Puluhan Ribu Sembako]

Sehari sebelum peninjauan di Terminal Kampung Rambutan, hal yang serupa juga digelar di kawasan Kelurahan Pisangan Baru, Kecamatan Matraman. Dengan pihak kelurahan yang turut untuk melihat apakah masyarakat di area Pasar Jangkrik benar-benar menerapkan PSBB. Dalam peninjauan itu, Lurah Pisangan Baru Tuti Sugiastuti langsung turun ke lapangan bersama perwakilan tiga pilar di wilayah ini.

“Hari ini selain meninjau pelaksanaan PSBB berjalan baik juga mensosialisasikan terus dengan imbauan agar terus menjaga jarak aman, tidak berkerumun, dan gunakan masker guna pencegahan penularan COVID-19,” ujar Tuti (11/4/2020).

Pihaknya berkeliling sembari melihat masker yang digunakan oleh para warga dan pedagang di Pasar Jangkrik apakah sesuai dengan apa yang ditetapkan pemerintah. Di mana masker kain yang digunakan haruslah terdiri dari kain dua lapis demi antisipasi Virus Corona penyebab penyakit COVID-19. Ia menambahkan, jika masih ada warganya yang tak mengikuti kebijakan ini maka harus siap bila diberikan sanksi yang sesuai dengan aturan.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.