Penjual Gudeg Legendaris Jogja Meninggal dalam Usia 100 Tahun

Kuliner

Penjual Gudeg Legendaris Jogja Meninggal Dunia dalam Usia 100 Tahun

Dunia kuliner Indonesia berduka. Penjual gudeg legendaris di Yogyakarta, Biyem Setyo Utomo atau lebih dikenal sebagai Mbah Lindu meninggal dunia. Begitu legendaris dan terkenalnya Gudeg Mbah Lindu, Netflix mendokumentasikannya pada 2019 dalam serial Street Food: Asia.

Mbah Lindu meninggal dunia pada Minggu 12 Juli 2020 pukul 17.52 WIB di usianya yang ke-100 tahun. Berdasarkan pengumuman kedukaan atau lelayu Paguyuban Pemuda-Pemudi RW 02, Klebengan, Sleman, Yogyakarta jenazah Mbah Lindu dikebumikan pada Senin 13 Juli 2020 pukul 11.00 di Makam Klebengan, Caturnunggal, Depok, Sleman.

Penjual Gudeg Legendaris Jogja Meninggal dalam Usia 100 Tahun

Almarhum meninggalkan lima orang anak yakni Walidjo, Lahono, Ratiyah, Musiyem, dan Jumiyem. "Akan dikebumikan di makam Klebengan jam 11," kata anak ketiganya Ratiyah seperti diberitakan tirto.id (13/7/2020). Sebelum meninggal kata Ratiyah, ibunya berpesan agar nanti ketika meninggal ia digotong sendiri oleh anak dan cucunya menuju peristirahatan terakhirnya.

Mbah Lindu disebut-sebut sebagai penjual gudeg tertua di Yogyakarta. Dia sudah berjualan gudeg di tempat yang sama sejak dirinya belum menikah, saat masa kolonial Belanda.

[Baca Juga: Gudeg Paling Populer dan Jadi Favorit yang Wajib Coba]

Mbah Lindu berjualan gudeg di Jalan Sosrowijayan, tepatnya di pos depan Hotel Grage Ramayana. Jaraknya tak jauh dari Jalan Malioboro, kira-kira 300 meter saja. Lapak jualannya mulai dibuka pukul 05.00 WIB dan ditutup pukul 10.00 WIB. Namun, tak jarang sebelum pukul 10.00 WIB dagangannya ludes terjual. Karena tak sedikit pembeli yang sudah menunggu sebelum lapaknya dibuka pada pukul 05.00 WIB.

Selain gudeg, Mbah Lindu juga menyediakan sejumlah lauk pendamping, antara lain paha dan dada ayam kampung, uritan, telur bacem, petai dan sambal goreng krecek yang semuanya dimasak secara tradisional menggunakan tungku kayu bakar di rumahnya.

Gudeg dan lauk pendamping yang didiamkan semalaman agar bumbunya lebih meresap dan tanak itu bisa disantap bersama dengan nasi atau bubur.

[Baca Juga: Berkat Acara National Geographic Ini, Gordon Ramsay Promosikan Rendang]

Dalam sebuah film dokumenter besutan Michelle Riswandi berjudul Gudeg Mbah Lindu. Wiliam Wongso seorang pakar kuliner menyebut Mbah Lindu sebagai seorang yang konsisten puluhan tahun memasak dan menjual gudeg.

Dalam film dokumenter yang diproduksi pada 2017 itu Mbah Lindu bilang ia sudah berjualan gudeg sejak umur 13 tahun. Jika ditotal hingga kini maka sudah 87 tahun sudah berjualan gudeg, meskipun beberapa tahun terakhir tatkala ia mulai sakit-sakitan anaknya mulai menggantikannya berjualan.

Mbah Lindu mengatakan yang membuatnya bisa puluhan tahun bertahan berjualan gudeg resepnya hanya bersikap nerimo atau dalam menerima apa adanya. Hidup seadanya, sederhana dengan apa yang dimiliki kata dia jadi hal yang utama.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 6 months lalu
    anisa

    QQHarian Situs Best Online Betting Terbaik,Terpercaya & Terlengkap Diindonesia. Di Dukung beberapa Provider Ternama,Selain Menyediakan Berbagai Game online seruuu, Menyediakan Berbagai PROMO HOT yang hingga Puluhan Jutaan Rupiah juga. guys. Info lebih lanjut bisa hub. CS kami dengan meng - <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Game Online Seru" rel="nofollow">CLICK DISINI</a> ya guys.